Penjelasan Tentang Game Online, Jenis, Serta Bahayanya

Setiap orang bisa mempunyai kecanduan terhadap sesuatu hal. Entah itu kecanduan dalam hal bekerja, kecanduan alkohol, rokok, judi, hingga kecanduan narkoba. Macam-macam kecanduan ini tentu sudah Anda sering dengar. Namun, taukah Anda kalau ada orang-orang di luar sana yang bisa kecanduan olahraga, atau bahkan kecanduan dengan game online? Kenapa seseorang bisa kecanduan dengan hal tersebut? Simak yuk pembahasannya di dalam artikel ini..

Pengertian Game Online

game-online-anak-paling-seru-768x334

Permainan Daring (Online Games) adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya di gunakan adalah jaringan internet dan yang sejenisnya serta selalu menggunakan teknologi yang ada saat ini, seperti modem dan koneksi kabel.

Biasanya permainan daring di sediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat di akses langsung melalui sistem yang di sediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. Sebuah game online bisa di mainkan secara bersamaan dengan menggunakan computer yang terhubung ke dalam sebuah jaringan tertentu.

Apa Saja Jenis-jenis Game Online?

Dari sekian banyaknya game online yang menjamur. Sudah pasti memiliki jenis yang berbeda-beda.

FPS (First Person Shooter)

download-10

FPS adalah game yang tembak menembak, yang memiliki ciri utamanya adalah penggunaan sudut pandang orang pertama yang membuat kita di belakang senjata. Contoh game FPS adalah (Call of Duty, Counter Strike, Far Cry 3, Point Blank).

RPG (Role Playing Game)

download-1-2

RPG adalah salah satu game yang mengandung unsur experience atau leveling dalam game playnya. Biasanya dalam game ini kita memiliki kebebasan untuk menjelajah dunia game tersebut, dan kadang kala dalam beberapa game, kita dapat menentukan ending dari game tersebut. RPG terbagi 2, yaitu: Action RPG dan Turn Based RPG (Menunggu giliran kita untuk berjalan seperti Monopoly).

Sports

sports-article-768x384

Sports Adalah genre bertema permainan olahraga. Sistem permainan akan berbeda-beda tergantung jenis olahraga yang menjadi tema game tersebut.

Strategy

strategy-600x351

STRATEGY adalah genre game yang memiliki game play untuk mengatur suatu unit atau pasukan untuk menyerang.

Third Person Shooter

airborne2-768x576

TPS adalah game yang mirip dengan FPS yaitu memiliki game play tembak menembak. Sudut pandang yang di gunakan dalam game ini adalah orang ketiga.

Fighting Game

th-41

Fighting adalah genre game bertarung. Seperti dalam arcade, pemain dapat mengeluarkan jurus-jurus ampuh dalam pertarungannya.

Racing

th-1-12

Racing Game adalah game sejenis racing yang memungkinkan kita untuk mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan.

Apa Saja Tanda Seseorang Kecanduan Game Online?

Sebenarnya, game online memang tidak seburuk anggapan sebagian besar orang. Bila di pergunakan dengan bijaksana, bermain permainan di gadget, dapat menurunkan tingkat stres yang sedang di alami. Tapi, apa jadinya jika malah terlalu sering dan akhirnya kecanduan bermain game online?

Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa kecanduan game, termasuk game online justru dapat meningkatkan rasa stres dan depresi pada seseorang, menjadi lebih apatis, bahkan hingga menimbulkan kekerasan. Bisa jadi, Anda tidak menyadari bahwa Anda sedang kecanduan game online. Untuk itu, berikut adalah tanda-tandanya:

  1. Setiap bermain selalu menghabiskan waktu yang lama, bahkan meningkat durasinya dari hari ke hari.
  2. Merasa mudah marah dan tersinggung saat di larang atau di minta berhenti bermain game.
  3. Selalu berpikir tentang game online ketika mengerjakan aktivitas lainnya.

Kenapa Seseorang Bisa Kecanduan Terhadap Game Online?

800-768x512

Kecanduan berbeda dengan rutinitas atau kebiasaan yang di lakukan berulang kali. Ketika Anda terbiasa melakukan sesuatu, misalnya mandi dua kali dalam sehari, Anda bisa menghentikannya kapan saja sesuai dengan situasi dan kondisi saat itu, karena mengikuti keinginan pribadi baik secara sadar maupun tidak, rasa malas, kedinginan, terjebak kesibukan lain, dan seterusnya.

Berbanding terbalik dengan kecanduan, kecanduan biasanya di picu oleh suatu hal yang terjadi dalam waktu lama dan berkelanjutan. Kecanduan di sebabkan oleh gangguan fungsi otak yang meningkatkan produksi hormon dopamin di luar batas wajar. Dopamin adalah hormon pembuat bahagia yang di lepaskan otak dalam jumlah banyak saat Anda menemukan atau mengalami suatu hal yang membuat Anda puas, entah itu makanan enak, seks, baju baru, hingga obat-obatan zat yang menimbulkan efek ketergantungan seperti alkohol dan rokok.

Di dalam otak, objek pemicu candu (misalnya, menang judi) menghambat kerja hipotalamus, bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengatur emosi dan suasana hati si pemilik tubuh. Sensasi membahagiakan dari banyaknya uang yang bersifat bisa memabukkan sehingga membuat Anda merasa sangat bahagia, bersemangat, percaya diri, hingga “teler”. Ini adalah akibat dari jumlah dopamin yang di lepaskan otak melewati batas toleransi tubuh.

Efek membahagiakan ini akan membuat tubuh secara otomatis mengidam, sehingga Anda merasa butuh untuk mengulangi hal tersebut dalam intensitas yang lebih tinggi agar hasrat tersebut bisa terpuaskan. Jika ngidam ini tidak terpenuhi, Anda dapat mengalami gejala sakau.

Itu sebabnya kecanduan membuat Anda benar-benar kehilangan kontrol diri sehingga susah dan atau tidak mampu untuk menghentikan perilaku tersebut, terlepas dari segala upaya yang di lakukan untuk menghentikannya. Hilangnya kendali diri ini membuat seorang pecandu cenderung melakukan berbagai cara untuk dapat menuntaskan hasrat akan candunya, tidak peduli akan konsekuensi dan risikonya.

 Apa Saja Bahaya Dari Game Online?

  • Frontal Lobe

Ini adalah bagian otak yang akan bekerja pada waktu Anda bermain game strategi. Frontal Lobe ini akan mendekteksi apakah perbuatan yang Anda lakukan baik atau tidak. Bagian otak inilah yang mencegah perilaku anti sosial. Jika Anda sudah mengalami kecanduan dalam game online maka secara tidak sadar, tingkat sosial Anda menurun drastis. Dan jika ini terjadi pada anak-anak maka akan lebih parah lagi. Di sarankan bagi Anda orang tua, agar mensosialisasikan bahaya game online bagi otak kepada anak-anak agar mereka tau bahaya tersebut sejak dini.

  • Parietal Lobe

Parietal lobe adalah bagian mengumpulkan berbagai informasi yang berada di semua bagian otak Anda. Kemudian menggabungkannya sehingga Anda dapat memperhitungkan jarak serta menggunakan suatu objek. Jika bagian ini sudah di serang maka Anda bersiap menjadi pribadi yang beraktivitas di luar nalar manusia normal. Bahaya ini sama dengan bahaya benturan di kepala.

  • Temporal Lobe

Fungsi utama temporal lobe adalah untuk berbicara yang mungkin tidak akan banyak berperan saat Anda bermain game. Namun bagian ini merupakan kunci yang berfungsi sebagai memori jangka panjang. Maka tidak heran, Anda akan mengingat cara kerja game online yang Anda mainkan meskipun sudah lama tidak memainkannya. Jika ini terus bekerja, maka memori lain dalam otak Anda akan terhapus dengan sendirinya. Maka dari itu hal ini akan meningkatkan resiko gejala Alzheimer.

  • Occipital Lobe

Bagian ini adalah pusat tempat proses visualisasi dan visuospatial bekerja. Occipital Loba juga berperan untuk membedakan warna dan persepsi gerak. Di sarankan agar Anda segera menghindari kebiasaan bermain game online. Bukan berarti melarang atau mencegah bermain, namun mengurangi atau tidak berlebihan dalam memainkan game online.

  • Gangguan Motorik

Tubuh yang jarang di gerakkan karena hanya duduk untuk bermain online, terutama bagi anak-anak yang beresiko mengurangi kesempatan untuk melatih kemampuan motoriknya. Jika ini terjadi maka akan berakibat fatal. Anak-anak akan tumbuh dengan kemampuan motorik yang terbatas. Bahkan dalam fase pertumbuhan ini juga akan menyebabkan pertumbuhan fisik dan mental terhambat atau terlambat dari fase normal masa pertumbuhan anak-anak.

  • Memicu Autisme

Bahaya game online bagi otak yang mengerikan adalah dapat memicumya autisme. Terutama pada anak-anak hal ini akan membentuk mereka menjadi pribadi yang berhasrat tinggi dan akan melakukan segala cara untuk mewujudkannya. Jika ini terjadi pada anak-anak sangat mengerikan. Maka di sarankan segera hindari game online dengan mengimbangi kegiatan positif lainnya yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif Anda.

Bagaimana Cara Mengatasi Kecanduan Game Online?

th-2-4 (1)

Bila Anda telah sadar bahwa Anda bisa kecanduan game online, namun belum mampu menghentikannya hingga saat ini, Bagaimana caranya? Yuk lakukan hal-hal berikut ini:

1. Hitung berapa lama Anda menghabiskan waktu di depan layar untuk memainkan game online

Untuk membuat Anda lebih tersadar, Anda bisa mencoba sendiri menghitung waktu atau durasi yang Anda gunakan ketika bermain game online. Kalau perlu minta bantuan orang terdekat Anda untuk membantu Anda dalam menghitungnya.

Atau Anda juga bisa membuat catatan sendiri agar Anda tau dengan pasti berapa lama waktu yang Anda habiskan hanya untuk game online. Bahkan kalau bisa buat catatan hingga satu minggu dan kemudian lihat total penggunaan waktu yang Anda habiskan. Bandingkan dengan kegiatan Anda sehari-hari, mungkin Anda telah menggunakan waktu penting Anda untuk bermain game online saja.

2. Kurangi perlahan-lahan, jangan sekaligus berhenti

Setelah tau bahwa Anda menghabiskan waktu 20 jam dalam satu minggu yang berarti Anda menggunakan waktu seharian penuh untuk bermain game online, maka sudah saatnya Anda menguranginya dengan perlahan.

Susah memang jika harus menghentikan atau tidak melihat layar permainan sama sekali, karena itu coba untuk mengurangi durasinya. Misal dari yang 20 jam, Anda targetkan hanya 18 jam. Cobalah untuk membuat target mengurangi waktu bermain hingga 10% setiap minggunya, sehingga pada akhirnya di bulan berikutnya Anda hanya menghabiskan waktu sekitar 5 jam saja.

3. Bulatkan tekad Anda untuk berhenti

Hal yang paling penting dalam mengatasi segala kecanduan adalah niat. Ini juga berlaku pada kasus Anda. Kuncinya di sini adalah bagaimana Anda dapat membuat prioritas dalam hidup Anda. Bila Anda menyadari bahwa banyak hal yang masih lebih penting ketimbang bermain game, maka Anda akan lebih mudah untuk membiasakan diri untuk tidak kecanduan game online.

4. Jangan ragu untuk menyetel pengaturan otomatis

Jika jam pengingat Anda tidak mempan untuk membuat Anda berhenti bermain, maka Anda bisa menggunakan fitur di dalam gadget Anda untuk mematikan otomatis. Hal ini perlu di lakukan untuk memaksa Anda berhenti melakukannya. Bila Anda sudah bisa mengendalikan diri dan dapat memberhentikan diri sendiri, maka Anda bisa menggunakan metode awal, hanya dengan jam pengingat saja.

5. Setiap Anda bisa menghindari game online, beri hadiah pada diri Anda sendiri

Bila Anda bisa mengendalikan diri Anda untuk berhenti pada waktu yang telah di tentukan, maka tidak ada salahnya jika Anda memberikan apresiasi pada diri. Misalnya, dengan melakukan hal-hal lain yang Anda sukai atau makan makanan yang Anda gemari. Tentu bukan kembali bermain game lagi ya, Anda juga bisa memberikan waktu Anda tersebut untuk pasangan, keluarga, dan teman-teman Anda yang mungkin telah Anda tinggalkan selama ini akibat game online.

Sebenarnya boleh saja untuk bermain game online, tetapi kita juga perlu untuk membatasinya. Karena itu bisa menyebabkan kerusakan pada mata dan bisa membuat kita kurang dalam beristirahat. Semoga bermanfaat yaa..