Yuk, Bernostalgia Dengan Tamagotchi Dan Penjelasannya

Jika kamu lahir tahun 90-an, tentunya kamu tidak asing dengan mainan yang satu ini. Yap! Tamagotchi memang menjadi tren dimasanya. Nah, disini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai tamagotchi. Langsung saja liat dibawah ini agar tidak penasaran.

Pengertian

Tamagotchi(bahasa Jepang: Tamagotch) adalah konsol permainan yang mudah dibawa. Ini diluncurkan oleh perusahan permainan Jepang, Bandai, pada tanggal 23 November tahun 1996 di Jepang. Tamagotchi menjadi sangat terkenal sehingga menjadi kejadian alam masyarakat sekitar tahun 1997. Asal namanya “telur (bahasa Jepang: tamago)” dan “jam tangan(bahasa Inggris: watch)”.

1

Menurut Bandai, namanya adalah portmanteau yang menggabungkan kata Jepang tamago, yang berarti “telur“ dan kata bahasa Inggris “watch“. Akibatnya, namanya kadang-kadang diromanisasi sebagai “Tamagotch” tanpa “i” di Jepang. Sebagian besar nama karakter Tamagotchi diakhiri dengan tchi dalam bahasa Jepang, dengan sedikit pengecualian.

Sejarah

Kamu bisa langsung lihat sejarahnya melalui video dibawah ini:

Latar Belakang

Tamagotchi ditemukan oleh Aki Maita dimana dia memenangkan Hadiah Nobel Ekonomi 1997 untuk 1997. Tamagotchi adalah game simulasi hewan peliharaan berukuran gantungan kunci. Karakternya adalah mahluk yang penuh warna dan sederhana yang dirancang berdasarkan hewan, benda, atau orang.

Dimulai dengan Tamagotchi Plus/Connection 2004, gelombang kedua mainan Tamagotchi muncul, menampilkan desain grafis yang berbeda oleh JINCO dan gameplay yang dielaborasi pada generasi pertama. Namun, cerita di balik game tetap sama: Tamagotchis adalah spesies asing kecil yang menyimpan telur di Bumi untuk melihat seperti apa kehidupan itu, dan terserah kepada pemain untuk menaikkan telur menjadi makhluk dewasa.

2

Makhluk itu melewati beberapa tahap pertumbuhan dan akan berkembang secara berbeda tergantung pada perawatan yang diberikan pemain, dengan perawatan yang lebih baik sehingga menghasilkan makhluk dewasa yang lebih cerdas, lebih bahagia, dan membutuhkan lebih sedikit perhatian. Gameplay dapat sangat bervariasi antar model, dan beberapa model, seperti TamagoChu, memerlukan sedikit perhatian dari pemain. Selama 2 dekade ini, Tamagotchi telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia.

Gameplay

Setelah mengaktifkan mainan, telur muncul di layar. Setelah mengatur jam unit Tamagotchi, telur akan bergoyang selama beberapa menit, lalu menetas menjadi hewan kecil. Di versi selanjutnya, memasukkan nama pemain dan ulang tahun juga diperlukan saat menyetel jam, dan saat lahir, pemain dapat memberi nama hewan piaraan dan belajar dari kelompok keluarga dan/atau jenis kelaminnya.

Pemain dapat merawat hewan peliharaan sebanyak atau sesedikit yang mereka pilih, dan hasilnya tergantung pada tindakan pemain. Tamagotchis pertama hanya bisa dihentikan sementara dengan mengatur jam, secara efektif menghentikan berlalunya waktu dalam permainan, namun pada saat kemudian model fungsi jeda disertakan.

3

Hewan peliharaan memiliki Hunger meter, Happy meter, Bracelet meter dan Discipline meter untuk mengetahui seberapa sehat dan berperilaku baik hewan peliharaan tersebut. Ada juga fungsi pemeriksaan umur dan berat badan untuk usia dan berat hewan peliharaan saat ini. Mengisi meter Kelaparan bisa diraih dengan memberi makan pet makan (biasanya roti roti) atau camilan (biasanya sepotong permen).

Mengisi Happy Meter bisa dicapai dengan bermain game mini dengan hewan peliharaan atau dengan memberi makanan ringan (tidak ada batasan untuk ini, tapi ada batasan berapa banyak makanan yang bisa diberikan).

Permainan mini bervariasi antara versi, tapi terutama melibatkan menebak ke arah mana hewan peliharaan akan berbalik (kiri atau kanan) dalam 5 kali mencoba. Discipline meter dapat diisi dengan menekan opsi “memarahi” saat hewan peliharaan meminta perhatian namun menolak bermain atau diberi makan.

Hewan peliharaan akan meninggalkan kotoran di sekitar layar dari waktu ke waktu, dan bisa menjadi sakit jika tidak dibersihkan. Sebelum hewan peliharaan pergi ke kamar mandi, itu akan membuat garis wajah dan busuk akan muncul disekitarnya.

Jika pemain mengaktifkan ikon toilet selama animasi ini, tapi sebelum hewan peliharaan itu pergi ke kamar mandi, hewan peliharaan tersebut akan menggunakan toilet sebagai gantinya. Bila dilakukan berulang kali, hewan peliharaan bisa dilatih toilet.

Jika hewan peliharaan itu sakit, sebuah ikon tengkorak muncul di sebelah hewan peliharaan saat ia masih berada di bagian bawah layar, dengan ekspresi tidak bahagia. Binatang peliharaan bisa menjadi sakit karena sejumlah alasan seperti terlalu banyak memberi makanan ringan atau gagal membersihkan kotoran. Hewan peliharaan bisa mati jika penyakit tidak dicek. Hewan peliharaan bisa disembuhkan dengan menekan pilihan “Obat“. Biasanya hewan peliharaan tidak akan bermain atau diberi makan saat sakit.

Hewan piaraan sering tertidur di malam hari. Awalnya pemain memiliki pilihan untuk mematikan lampu secara manual saat hewan peliharaan tersebut tertidur (lampu itu akan menyala dengan sendirinya saat terbangun). Guna menumbuhkan hewan peliharaan yang sehat, pemain pun didorong tapi tidak diharuskan mematikan lampu saat hewan piaraan tertidur.

Dalam versi terbaru, hewan peliharaan mematikan cahaya sendiri saat tertidur. Versi terbaru juga memungkinkan terbangunnya hewan peliharaan untuk waktu yang singkat begitu telah tertidur. V5 menyuruh ketiga anak itu melihat ke luar jendela saat mereka bangun di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

Lingkaran Kehidupan

Hewan peliharaan melewati beberapa tahap perkembangan yang berbeda sepanjang siklus hidupnya. Setiap tahap berlangsung dalam jumlah waktu tertentu, tergantung pada model mainannya, dan saat mencapai tahap baru, mainan itu memainkan jingle, dan penampilan hewan piaraan itu berubah.

Hewan peliharaan bisa “mati” karena perawatan yang buruk, usia tua, sakit, dan dalam beberapa versi, predator. Tahap siklus hidup hewan peliharaan adalah Bayi, Anak, Remaja, dan Dewasa. Kemudian model Tamagotchi telah menambahkan model Senior. Biasanya usia hewan peliharaan akan meningkat setelah terbangun dari waktu tidurnya.

4

Perhatian yang buruk dapat menyebabkan hewan peliharaan mati, tapi juga bisa meninggal karena usia tua. Jika seekor hewan peliharaan tua meninggal tanpa menghasilkan keturunan, garis keluarga telah berakhir. Mainan Tamagotchi Jepang biasanya menampilkan hantu dan nisan saat hewan peliharaan tersebut meninggal dunia, namun versi bahasa Inggris telah diubah untuk menunjukkan malaikat saat meninggal, atau hanya UFO terapung untuk menunjukkan kembalinya ke planet asalnya.

Sering kali akan menunjukkan grafik transisi, setelah itu akan menunjukkan hewan peliharaan itu tampak sakit, tapi dengan tengkorak berkedip, bip saat berkedip. Kemudian akan menunjukkan versi bahagia hewan peliharaan berkedip dengan bunyi bip yang lebih panjang, dengan telur di sisi kanan layar, setelah itu akan menunjukkan hewan peliharaan itu sebagai malaikat (seperti yang ditunjukkan di atas).

Menekan tombol tengah menunjukkan usia di mana hewan peliharaan tersebut meninggal. Setelah pet meninggal, seseorang dapat memulai kembali dari awal dengan menekan A dan C.

Mekanika Baru

Dalam model terbaru, pemain mendapatkan mata uang yang disebut Gotchi Points saat bermain game dan dapat menggunakan mata uang di toko dalam game untuk membeli berbagai makanan, mainan, aksesoris, atau bahkan hiasan ruang untuk hewan peliharaan.

Konektivitas

Dengan menggunakan komunikasi inframerah, dua pemain dapat menghubungkan mainan mereka dan hewan peliharaan dapat membentuk pertemanan, bermain game, bertukar hadiah, dan bahkan menikahi. Koneksi inframerah diperkenalkan dengan Plus/Connection, namun Chou Jinsei Enjoy Tamagotchi dari Jepang adalah model pertama yang berinteraksi dengan komputer.

Sejak saat itu, banyak model berikutnya juga telah mampu berinteraksi dengan situs web E-Tamago atau Tamatowndengan menggunakan kode alfanumerik yang dihasilkan oleh mainan tersebut untuk masuk ke game Flash situs web.

5

Setelah menghasilkan kode, mainan tetap berhenti sampai pemain memasukkan kode keluar atau pembatalan. Pemain mungkin bermain minigames di kota untuk mendapatkan Gotchi Points, atau menggunakan Gotchi Points untuk membeli barang di toko-toko kota. Untuk mentransfer poin dan item kembali ke mainan, pemain keluar dari permainan Flash dan diberi kode untuk dimasukkan kembali ke mainan.

Model yang lebih baru, seperti Tamagotchi 4U dan Tamagotchi 4U + dapat terhubung ke unit Tamagotchi 4U lainnya, serta smartphone dan tablet, menggunakan komunikasi lapangan dekat. Tidak seperti model sebelumnya, Tamagotchi 4U tidak memiliki inframerah, yang akibatnya menyebabkannya laku agak buruk.

Pernikahan dan Keluarga

The Mesutchi dan Osutchi Tamagotchis adalah orang pertama yang memperkenalkan perkawinan dan keturunan dan fitur tersebut kembali di Plus/Connection dan model selanjutnya. Dua pemain dengan hewan peliharaan laki-laki dan perempuan dapat menghubungkan mainan mereka dan membiarkan hewan peliharaan mengembangkan persahabatan dan jatuh cinta. Begitu hewan peliharaan telah menaikkan meter hubungan mereka secukupnya, hewan peliharaan mungkin akan menikah.

6

Pemain juga dapat memilih untuk memiliki hewan peliharaan mereka menikahi hewan peliharaan acak yang dibawa oleh “Pencipta Pertandingan”. Setelah menikah, betina akhirnya akan menghasilkan dua butir telur, menyimpannya dan menyisakan satu dengan jantan. Karena orang tua akan secara otomatis memandu kehidupan bayi, satu-satunya perawatan yang dibutuhkan dari pemain adalah obat dalam kasus penyakit. Setelah beberapa hari orang tua akan pergi, dan pemain dibiarkan merawat generasi baru. Ini bisa berlanjut selama pemain berhasil merawat hewan peliharaan.

Chou Jinsei Enjoy Tamagotchi juga memperkenalkan gagasan karakter “keluarga” atau “kelompok”. “Keluarga” ini adalah semacam klasifikasi karakter yang dapat diperoleh dalam permainan, yang dikelompokkan terutama oleh penampilan, meskipun juga terkait dengan keterampilan tertentu.

Karakter satu kelompok tidak dapat tumbuh menjadi orang dewasa dari kelompok yang berbeda, dan jika dua hewan peliharaan dari kelompok yang berbeda menikahi dan memiliki telur, bayi itu akan menjadi kelompok perempuan. Tamagotchi M! X, rilis Jepang terbaru, memiliki perubahan penting pada fitur ini. Dalam rilis ini, keturunan Tamagotchi telah menggabungkan sifat dari kedua orang tua mereka.

Lainnya

Dengan banyaknya versi mainan yang berbeda, ada beberapa mekanika lain yang kurang umum yang mempengaruhi pertumbuhan hewan peliharaan, termasuk namun tidak terbatas pada persahabatan dengan pemain, berbagai jenis keterampilan, dan karir.

7

Chou Jinsei Enjoy Tamagotchi juga memperkenalkan Skill, yang dapat dibangun dengan bermain game tertentu dengan hewan peliharaan tersebut, atau menggunakan mainan atau makanan tertentu yang dibeli dari toko E-Tamago atau di dalam game. Memiliki kemampuan tertentu bisa membantu pet mendapatkan karir, dan jika dibangun cukup tinggi, bisa membuka karakter spesial.

Rilis

Pada tahun 2009, telah ada lebih dari 44 versi Tamagotchi yang dirilis sejak pembuatannya pada tahun 1996, beberapa di antaranya hanya dirilis di Jepang. Seiring dengan Tamagotchi yang asli, gelombang pertama mainan Tamagotchi termasuk versi bertema Natal, malaikat, dan laut. Versi yang lebih baru dimulai pada tahun 2004 dengan Tamagotchi Plus, dan versi terbaru adalah Tamagotchi Jepang M! X.

8

Secara internasional, pada tahun 2013, Tamagotchi Friends adalah model terbaru, yang menampilkan layar grayscale dan fitur NFC baru yang memungkinkan pemiliknya “menabrak” barang Tamagotchi mereka untuk berdagang. Upgrade, yang disebut Tamagotchi Friends: Dream Town Digital Friend, dirilis pada tahun 2015. Fitur ini memiliki fitur tambahan, namun hanya bisa dibeli di toko online karena kurangnya minat pengecer terhadap produk ini.

Pada awal 2013, Bandai merilis versi yang disempurnakan dari Tamagotchi 1996 yang asli sebagai aplikasi iOS dan Android gratis yang diberi nama “Tamagotchi L.i.f.e.”. Sekuel permainan, “Tamagotchi L.i.f.e. Angel”, dirilis pada tanggal 26 Februari 2014.

Video Game

9

Sejak debutnya, Tamagotchi telah berhasil mencapai beberapa platform game. Beberapa game awal menampilkan gameplay yang mirip dengan mainan aslinya. Beberapa permainan bergaya pesta muncul di konsol utama, bersamaan dengan rangkaian permainan simulasi Corner Shop dan beberapa permainan peran untuk Nintendo DS.

Game Konsol Genggam:

10

Game Mobile & PC:

11

Arcade

Karakter Mametchi membuat penampilan di Namco Bandai/Nintendo Mario Kart Arcade GP 2 sebagai karakter yang bisa dimainkan, bersama dengan hewan peliharaannya, Bagubagutchi, sebagai barang. Mametchi dan Yumemitchi juga tampil di game arcade Taiko no Tatsujin sebagai kostum unlockable.

12

Mesin arcade yang dikenal sebagai TamaStation tersedia di Jepang dimana pemain bisa memenangkan hadiah untuk mainan Tamagotchi mereka. Mesin ini memiliki beberapa sekuel, seperti TamaStation 2.

Di Media Lain

Film

Pada tanggal 5 Juni 2007, diumumkan oleh Reuters bahwa sebuah film animasi Tamagotchi akan dirilis pada bulan Desember 2007. Film ini, Tamagotchi: The Movie, berfokus pada Mametchi, bersama dengan teman-temannya Memetchi dan Kuchipatchi.

Diperkenalkan adalah Tanpopo, seorang gadis manusia yang secara tidak sengaja Mametchi mengangkut Tamagotchi Planet; dan Chamametchi, adik perempuan Mametchi yang lahir saat acara film tersebut. Tamagotchi: Film ini dirilis pada tanggal 15 Desember 2007, dan didistribusikan oleh Toho Co.

13

Film ini dibuka di nomor 3 di box office pada akhir pekan pembukaan. Pada tanggal 31 Mei 2008, distributor Bandai Entertainment dari Amerika Utara mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh hak atas film tersebut. Versi bahasa Inggris pertama dari film ini adalah versi langsung ke DVD, dirilis pada tanggal 3 Juni 2009 di Australia oleh Madman Entertainment. DVD UK dirilis pada 14 September 2009 melalui Manga Entertainment.

Pada tanggal 20 Desember 2008, sebuah film kedua, yang dikenal sebagai Tamagotchi: Happiest Story in the Universe! dilepaskan ke bioskop. Film ini, memperkenalkan Tamagotchi baru yang dikenal sebagai Hapihapitchi, kemudian dirilis di DVD, pada tanggal 26 Juni 2009.

Berbeda dengan film pertama, Happiest Story in the Universe belum pernah dijuluki dalam bahasa Inggris, namun sebuah pangkat Inggris yang sangat langka ada di Filipina. Madman Entertainment bermaksud untuk menjuluki Happiest Story in the Universe !, tapi dub dibatalkan karena alasan yang tidak diketahui.

Pada tanggal 1 November 2016, Bandai mengumumkan sebuah film pendek Tamagotchi baru berjudul Tamagotchi: Secret Delivery Operation. Film ini secara teatrikal dirilis bersamaan dengan film Kamisama Minarai: Himitsu no Cocotama pada tanggal 28 April 2017 dan akan disertakan dalam DVD yang akan dirilis pada tanggal 6 Desember 2017.

Film pendek ini sekali lagi mengikuti Mametchi dan teman-temannya, ditugaskan untuk membuat pengiriman penting ke Raja Gotchi saat cakar mekanis raksasa yang dikendalikan oleh Spacy Brothers melakukan intervensi dengan pengiriman.

Anime

Sebuah serial anime Jepang yang disebut Anime TV de Hakken !! Tamagotchi (ア ニ メ TV で 発 見 !! た ま ご っ ち, menyala. “Ditemukan di TV Anime !! Tamagotchi”) ditayangkan mulai tanggal 7 Juli 1997 sampai 21 Maret 1998 di Fuji TV.

Pada bulan Desember 2007, Bandai Jepang mulai menayangkan Saa Ikō! Tamagotchi (さ ぁ コ コ ー! た ま ご っ ち) seminggu sebelum rilis film pertama. Pada bulan Desember 2008, Bandai America menjuluki serial ini, Let’s Go! Tamagotchi, dan mulai mengalirkannya di YouTube dalam bahasa Inggris dan Jepang, dengan teks untuk tujuh bahasa lainnya.

14

Pada tahun 2009, serial televisi anime lainnya diumumkan, yang disebut Tamagotchi! (た ま ご っ ち!). Ini dimulai pada bulan Oktober 2009 dan berakhir pada bulan Maret 2015. Sebuah jepret pendek berbahasa Inggris dari anime Tamagotchi yang disiarkan di Australia di saluran GO! dari 2010-2014; hanya 26 episode pertama yang dijuluki dan telah diulang sampai 2014, saat GO! mengambil anime dari saluran mereka. Anime telah dijuluki di Tagalog di Filipina. Ada juga dub di Taiwan yang ditayangkan di YoYo TV.

Dari tanggal 23 November 2013 sampai Desember 2014, Bandai America telah mengadaptasi anime Tamagotchi kedua, Tamagotchi! Yume Kira Dream, menjadi “webisodes” mempromosikan tambahan terbaru untuk franchise di luar Jepang, Tamagotchi Friends.

Video Animasi

Sebuah video animasi, Tamagotchi Video Adventures, diproduksi oleh 7th Level, Inc. yang bekerja sama dengan Bandai pada tahun 1997. Disutradarai oleh Dan Kuenster, diproduksi oleh Susan Deming dan ditulis oleh Kuenster, Deming dan David Lewman. Panjangnya sekitar 42 dan setengah menit.

15

Cosmotchi mengirim Tamagotchi ke Bumi untuk mengumpulkan benda yang paling mencontohkan planet ini untuk Museum Tamagotchi. Sebuah video musik animasi asli (“What’s a Tamagotchi?”) Dan sebuah fitur menarik Tamagotchi, yang dibintangi oleh sutradara Kuenster mengikuti film tersebut.

Musik

  • Album tahun 1997 Momus Ping Pong menampilkan lagu berjudul “Tamagotchi Press Officer”, yang mengolok-olok strategi periklanan Bandai.
  • Sebuah lagu berjudul “Tamagotchi” diproduksi oleh band musik Sqeezer pada tahun 1997.
  • Di Jepang, band Kigurumi, setelah mendapatkan anggota baru dan menjadi trio, merilis single mereka “Tamagotchi” pada tanggal 21 November 2007, yang juga merupakan tema musik untuk film tersebut. Itu dijuluki dalam bahasa Inggris bersama dengan pepatah Inggris film.
  • Lagu Eurodance Daze berjudul “Together Forever” menggunakan banyak referensi Tamagotchi.
  • Duo pop yang berbasis di Los Angeles, LOONER, merilis penghargaan untuk mainan tersebut pada bulan Mei 2009 dengan single “I Love My Tamagotchee!”.
  • Band asal Filipina Eraserheads membuat lagu berjudul “Tamagotchi Baby”.
  • Band Jerman “Die Ärzte” juga membuat lagu berjudul “Tamagotchi”.
  • Penyanyi asal Prancis Lorie membuat lagu berjudul “La TamaDance” pada tahun 2014 untuk mengikuti kontes TamaDance.
  • Tamagotchi !, anime yang berbasis pada Tamagotchi, juga menampilkan banyak lagu asli, seperti Every Lovely,
  • Miracle Kitchen, Happy Happy Harmony, Happy Heart, Smile for Tomorrow, Kira ☆ Kira Dreams, Rock-N-Heart, Beat setiap hari, Rainbow Melody , dan berbagai lagu tema dan lagu pujian.

Kritik dan Kontroversi

Selama tahun 1990an, anak-anak sering membawa hewan peliharaan Tamagotchi ke sekolah karena dalam dua rilis pertama (Generasi 1 dan Generasi 2), karakter bisa meninggal dalam waktu kurang dari setengah hari jika tidak mendapat perawatan yang memadai. Kekhawatiran akan gangguan kelas serta gangguan umum dari tugas sekolah pada akhirnya mendorong banyak sekolah untuk melarang produk tersebut.

Hasil Usaha Penjualan

Sehingga mulai dijual pada tahun 1996 di Jepang, angka penjualan Tamagotchi mencapai 40 juta, dan Tamagotchi diekspor ke sebanyak 30 negara luar. Tamagotchi yang dikeluarkan di pasar pada tahun 2004 dijual lebih banyak dari 10 juta dan diekspor ke 44 negara luar.

Pada tahun 1997, datang pertama boom Tamagotchi. Boom ini menjadi keadaan masyarakat di Jepang. Lalu, Tamagotchi sangat terkenal tidak hanya di Jepang tetapi juga di Amerika Serikat dan negeri Asia. Tamagotchi muncul di dalam drama pun di Amerika Serikat.

Fakta Mengenai Game Tamagotchi

  • Tamagotchi merupakan permainan sederhana berupa binatang virtual yang pertama kali dirilis pada tahun 1996 silam.
  • Asal namanya adalah “telur” (bahasa Jepang: tamago) dan “jam tangan” (bahasa Inggris: watch).
  • Permainan yang digemari anak sekolahan ini terjual dengan angka yang fantastis yakni 79 juta unit di seluruh dunia hingga tahun 2010.
  • Bandai adalah nama produsen mainan Tamagotchi yang berasal dari Jepang.
  • Grafisnya sangat sederhana, bahkan untuk mainan di eranya.
  • Binatang virtual tersebut bisa berubah mood-nya tergantung bagaimana kamu memeliharanya.
  • Tamagotchi bisa dijadikan gantungan kunci atau kalung, sehingga kamu bisa membawanya kemana pun.
  • Kamu harus memberi makan, memandikan, merawat jika sakit, mengajak bermain supaya gembira.
  • Kalau kamu alpa merawatnya, ia bisa mati.
  • Pada versi awal, Tamagotchi nggak punya fitur pause, sehingga kamu harus mengeceknya tiap 30 menit sekali.
  • Popularitas Tamagotchi sempat merambah ke serial anime. Anime pertama Tamagotchi tayang tahun 1997–1998 dengan judul Anime TV de Hakken! Tamagotchi. Disusul anime keduanya berjudul Saiko! Tamagotchi yang dirilis tahun 2004.
  • Ada game Tamagotchi dalam bentuk aplikasi di smartphone. Tapi bagi kamu yang ingin bernostalgia pastinya kurang mengesankan.

Sekedar Info: Aliando Syarief juga memilih permainan Tamagotchi sebagai teman barunya disaat sepi

Semakin banyak saja fakta menarik yang terungkap dari seorang Aliando Syarief. Sebelumnya, ia menyatakan kesukaannya dengan Spongebob Squarepants, Teletubbies, dan game di ponselnya. Kali ini, ia menunjukkan “teman” baru yang ia sukai.

16

Melalui akun Instagramnya @aliandooo, pemain sinetron Ganteng Ganteng Serigala ini meng-upload foto “teman” barunya tersebut. Tenang saja, “teman” baru itu bukan merupakan makhluk hidup, apalagi gadis remaja.

17

Ternyata, “teman” baru Aliando Syarief adalah sebuah Tamagotchi. Apa kalian masih ingat dengan permainan asal Jepang yang satu ini? Tamagotchi berasal dari kata tamago dari bahasa Jepang yang berarti telur dan watch dari bahasa Inggris yang berarti jam tangan. Dulu, jika kita ingin memelihara hewan namun malas merawatnya, kemungkinan besar kita akan lebih memilih permainan ini.

Memelihara hewan virtual ini sangat mengasyikan karena kita bisa memainkan dan berinteraksi dengan peliharaan kita di manapun dan kapanpun. Kita juga bisa memberi makan, membersihkan kandang, bahkan mengajak hewan peliharaan tersebut bermain. Semuanya hampir sama dengan memelihara hewan peliharaan yang asli.

Nah, itulah penjelasan mengenai Tamagotchi. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya. Sekarang setelah membaca artikel ini, apakah kamu tidak ingin memainkan permainan Tamagotchi? Saya sendiri jadi ingin bernostalgia haha. Selamat membaca dan terima kasih.