Hal Yang Bisa Terjadi Kalau Ibu Hamil Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Apakah kalian suka memakai sepatu hak tinggi? Bagi yang Anda suka memakai benda tersebut, maka berhati-hatilah ketika Anda sedang mengandung calon buah hati yang selama ini Anda tunggu-tunggu. Karena memakai hak tinggi selama kehamilan akan menyebabkan dampak yang tidak baik baut Anda dan calon anak Anda nantinya. Simak ulasan kali ini mengenai dampak bahaya memakai hak tinggi:

Menurut pendapat dr Nasrudin AM, SpOG mengatakan bahwa pemakaian heels pada masa kehamilan sebenarnya tidak berpengaruh kepada kesehatan janin akan tetapi akan berpengaruh terhadap kesehatan rahim tempat pertumbuhan dan perkembangan sang janin sebelum lahir. Pemakaian heels akan menimbulkan perubahan anatomi dan fisiologi otot dan rangsang saraf tungkai bawah dan kemudian akan berpengaruh kepada kesehatan rahim. Keluhan umum yang di rasakan oleh wanita hamil menggunakan heels yaitu kontraksi rahim dan merasakan nyeri tulang belakang yang berulang.

Dampak Memakai Sepatu Hak Tinggi Bagi Ibu Hamil

heels

Berikut ini beberapa dampak lain yang di sebabkan karena pemakaian heels pada wanita hamil :

  • Otot Tubuh Mengecil

Tubuh yang tidak seimbang yang di hasilkan dari penggunaan sepatu high heels dalam periode yang cukup lama, sehingga akan memicu masalah pada otot-otot tubuh Anda. Otot-otot akan mengecil bahkan penelitian menemukan penggunaan sepatu hak tinggi dalam kegiatan sehari-hari akan memperpendek otot kaki Anda. Hal ini bisa di sebabkan karena sepatu high heels mendorong anda untuk berjalan jinjit.

  • Kaki Bengkak

Pada saat anda memakai sepatu heels maka beban tubuh akan menumpuk pada satu titik saja yaitu menumpuk di bagian depan kaki, sehingga hal tersebut akan beresiko terjadinya bengkak di kaki dan memakai heels pada saat hamil sangat tidak baik bagi kesehatan karen kaki harus menopang tubuh ibu hamil yang semakin membesar.

  • Nyeri Punggung

Pada saat hamil Anda menopang berat badan sendiri dan berat janin sehingga beban Anda semakin besar untuk menopang. Apabila Anda saat hamil menggunakan heels akan mengakibatkan nyeri pada bagian punggung karena pada saat berdiri kaki dalam posisi tidak rata sehingga beban akan terpusat pada bagian depan kaki. Kelebihan beban pada kaki memicu rasa nyeri pada bagian sumsum tulang belakang dan bagian punggung.

  • Memicu Varises

varises

Memakai heels pada saat masa kehamilan akan memicu otot pada betis dan paha menjadi tegang, sehingga kondisi tersebut di khawatirkan bersifat permanen dan mempercepat munculnya varises pada kaki.

  • Penyebab Tumor Jinak

Pada dasarnya Anda harus menyesuaikan bentuk high heels dengan kaki Anda, sehingga bisa tampil nyaman. Selain kenyamanan, ternyata bentuk juga sangat mempengaruhi kesehatan. Usahakan untuk memilih high heels yang tidak akan menimbulkan peyempitan dan tidak terlalu tinggi. Penggunaan sepatu hak tinggi yang sering dengan ketinggian yang berlebih akan mengakibatkan penebalan jaringan saraf pada jari kaki ke tiga dan ke empat, sehingga menimbulkan rasa nyeri pada jari sehingga memicu tumor jinak.

  • Meregangnya Jaringan Ikat Sendi

Seorang wanita hamil biasanya logament atau jaringan pengikat sendi mengalami pelunakan sehingga apabila Anda memakai heels saat hamil akan beresiko terjadinya robekan ligament dan jaringan pengikat sendi menjadi renggang.

  • Mudah Keseleo

keseleo

Wanita pada saat hamil apabila menggunakan heels akan mengalami hilangnya keseimbangan karena penambahan berat badan yang di topang oleh tubuh. Hal ini akan beresiko dua kali besar terjadinya keseleo dan jatuh. Apabila wanita hamil mengalami jatuh akan berbahaya bagi kesehatan janin dan memicu terjadinya keguguran.

  • Perubahan Posisi Janin

Menggunakan heels pada saat masa kehamilan akan memiliki dampak pada janin yaitu berubahnya posisi janin. Sehingga hal tersebut di khawatirkan pada proses persalinan mengalami kesulitan.

  • Morton’s Neuroma

Morton’s neuroma yaitu suatu kondisi di mana pertengahan telapak kaki dan jari kaki mengalami cedera yang di sebabkan karena pemakaian heels yang kesempitan. Kondisi ini bila terjadi dalam waktu lama biasanya akan terasa tajam, panas, kesemutan dan mati rasa.

  • Bunions

bunion

Bunions adalah kondisi ketika terdapat benjolan abnormal tulang di pangkal jempol kaki. Menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons, kondisi ini sering kali terjadi pada wanita dan di sebabkan karena sepatu yang sempit dan berhak tinggi. Bunions menimbulkan rasa luar biasa sakit pada penderitanya dan biasanya hanya bisa di atasi melalui operasi.

  • Trauma Pada Kehamilan

Pemakaian heels akan beresiko mengalami keseleo dan jatuh dua kali lebih besar pada saat kehamilan. Selain memicu terjadinya keguguran apabila wanita hamil terjatuh juga akan beresiko mengalami trauma hamil.

  • Osteoarthritis

sendi

Pada saat berjalan, lutut bekerja lebih keras. Wanita yang memiliki berat badan berlebih bisa terkena osteoarthritis, yaitu munculnya tulang muda baru atau pengapuran. Tulang rawan pada persendian lutut rusak akibat terlalu sering bergesekan dan menopang beban yang berat.

  • Nyeri Pada Saraf Sciatica

Sciatica

Sepatu berhak tinggi tidak di anjurkan untuk di pakai oleh ibu hamil dengan kondisi kehamilan yang semakin membesar karena bisa menyebabkan nyeri pada bagian saraf sciatica. Rasa sakit adalah rasa nyeri yang menjalar dari punggung bawah sampai telapak kaki (termasuk paha, betis dan tumit). Dan paling rentan di rasakan bumil saat trimester akhir kehamilan, yaitu saat hamil makin besar dan menekan saraf sciatica. Kamu akan merasakan kram kaki atau telapak kakinya seperti di tusuk-tusuk. Rasa sakit yang menjalar di karenakan saraf terpanjang di tubuhmu ini memiliki peran penting sebagai pengantar sinyal dari otak ke otot-otot lainnya.

  • Keseimbangan Tubuh Terganggu

Seiring dengan usia kehamilan, perut ibu hamil akan semakin membesar. Adanya beban baru di perut membuat titik berat tubuhmu berubah. Nah, keseimbangan badanmu pun berubah dan kemampuan menyeimbangkan badan justru semakin berkurang. Memakai sepatu high heels di usia kehamilan trimester ketiga bisa beresiko membuat ibu hamil terjatuh. Nah, Bu, sebaiknya pilihlah sepatu yang nyaman dan aman untuk kamu dan bayi di dalam perut ya.

Kalau kamu sedang mengandung sang buah hati, di sarankan jangan memakai sepatu hak tinggi ya. Karena akan berdampak buruk pada sih janin dan ibunya. Terima kasih.