Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan

Semangka adalah buah yang lezat dan renyah yang ditemukan di setiap musim. Bagi mereka yang memiliki kesukaan untuk buah semangka, ada satu aspek buah yang anda tidak menyadarinya yaitu pada bijinya. Biji semangka ternyata memiliki khasiat penting yang menyehatkan untuk kesehatan tubuh. Jika Anda sering membuang biji ini setelah mengonsumsi daging buahnya, Anda perlu menghentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, banyak manfaat  kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari biji buah ini.

Biji semangka ukurannya kecil dan berwarna hitam. Bentuknya bulat lonjong dan juga pipih. Jumlah biji dalam satu buah semangka bisa cukup banyak di bagian daging buahnya. Biji semangka juga bisa membuat tubuh Anda lebih kuat karena manfaatnya mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit sehingga gangguan kesehatan dapat dicegah.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat biji semangka, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan biji ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Sistem Imunitas Dan Membantu Proses Pemulihan Tubuh Dengan Cepat

Sudah bukan rahasia lagi kalau biji semangka kaya akan kandungan magnesium yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Dalam 100 gram biji semangka sangatlah cukup memenuhi kebutuhan harian gizi kita agar proses metabolisme tubuh berjalan dengan baik untuk meningkatkan imunitas (sistem kekebalan tubuh), menormalkan tekanan darah yang berlebihan serta proses pemulihan tubuh setelah mengalami sakit dan yang tak kalah mengagumkan, biji semangka juga ampuh sebagai obat alami bagi penderita Amnesia Temporer yaitu kondisi dimana memori otak seseorang mengalami hilang ingatan serta informasi-informasi pengalaman dan kenyataan hidup yang pernah ia lewati.

2. Meningkatkan Kesuburan Pria Biar Cepat Punya Anak

Ini nih point paling penting, terutama bagi kamu yang sudah lama menikah namun sampai detik ini belum berhasil mendapatkan keturunan. Konon kata orang, kalau pria subur itu cuma bersin aja istrinya dijamin langsung tekdung alias hamil cuy, tanpa harus capek-capek bertempur semalam suntuk, yang ada pinggang malah jadi encok.

Biji semangka yang sarat akan kandungan lycopene dan arginin sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi oksida nitrat dalam tubuh manusia terutama buat laki-laki nih. Bukan hanya bisa menyembuhkan masalah disfungsi ereksi akut saja tapi juga dapat meningkatkan produksi sperma berkualitas dan lebih subur.Endingnya selain bisa punya senjata yang kuat dan tegang sekeras kayu tapi juga bisa cepat-cepat punya momongan cuy.

3. Menyehatkan Syaraf

Khasiat biji semangka mampu menyehatkan sistem syaraf. Kandungan alami dalam biji buah ini akan membantu syaraf Anda tidak tegang dan tetap sehat. Beberapa penyakit syaraf pun bisa Anda cegah sehingga kesehatan tubuh Anda tidak terganggua dan dapat beraktivitas setiap hari dengan lancar.

41

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Khasiat biji semangka akan membantu otak Anda untuk bekerja dengan lebih baik. Biji buah yang satu ini akan memberikan nutrisi yang baik untuk otak Anda. Hasilnya, pikiran Anda akan lebih jernih dan mampu berkonsentrasi dengan lebih baik. Penyakit pikun pun bisa Anda cegah sejak dini.

5. Menyembuhkan Penyakit Edema, Kulit Bengkak (sembab)

Jika buah semangka kaya akan kandungan vitamin B1 yang bisa mencegah penyakit berbahaya beri-beri, lain halnya dengan si biji alias biji semangka yang sangat bermanfaat untuk mencegah maupun menyembuhkan penyakit Edema yang dikenal juga dengan sindrom kulit bengkak atau sembab. Dimana volume cairan di luar sel (ekstraseluler) dan di luar pembuluh darah (ekstravaskular) disertai dengan penimbunan di jaringan serosa sehingga membuat jaringan kulit menjadi bengkak berair.

Penyebabnya bisa karena alergi, digigit serangga, penyumbatan pembuluh darah ataupun kegagalan pada organ tubuh. Cara menyembuhkan edema dengan ramuan biji semangka ini cukup simple yakni menyiapkan satu sendok makanan penuh dengan biji semangka kering. Kemudian masukkan ke dalam gelas berisi seperempat air hangat dan campurkan dengan satu sendok madu. Setelah diaduk sampai rata, langsung deh diminum. Cobalah untuk rutin meminumnya 2 atau 3 kali setiap hari dan rasakan perbedaaannya.

biji-semangka-ternyata-sehat-untuk-dikonsumsi

6. Mengontrol Kadar Gula

Pernah mencoba teh yang terbuat dari biji semangka? Minum teh biji semangka dapat membantu menurunkan kadar gula dan mengendalikan diabetes. Rebus segenggam biji semangka yang sudah dihancurkan ke dalam satu liter air selama lima belas menit. Dianjurkan untuk minum teh biji semangka ini selama tiga hari berturut-turut, kemudian beri jeda, lalu ulangi lagi. Coba cek kadar gula, pasti kita akan takjub dengan hasilnya.

7. Pertumbuhan Rambut, Kuku, Kulit

Dengan kandungan asam lemak tak jenuh serta protein tinggi, manfaat biji semangka lainnya dapat membantu pertumbuhan rambut, kuku dan kulit kita yang sehat maksimal. Cocok banget nih buat kamu yang sedang mengalami kuku pucat maupun kulit kusam dan kering agar tampak cerah dan berkilau sepanjang hari. Eits ada yang kelupaan, bagi kamu yang mengalami rambut cepat rontok dan pecah-pecah sangat dianjurkan juga untuk mengkonsumsi biji semangka agar rambut kamu semakin kuat dan sehat, ini semua karena kandungan protein tinggi serta asam amino yang terdapat pada biji semangka. Keren banget ya cuy.

Itulah manfaat biji semangka yang jarang diungkap. Setelah membaca artikel ini, apakah anda tetap membuangnya? Atau lebih memilih semangka tanpa biji?

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>