Ternyata Jalan Kaki Merupakan Olahraga Paling Efektif

Olahraga yang paling baik dan efektif adalah jalan kaki. Dengan olahraga yang sangat sederhana ini kita bisa jauh dari penyakit, begitu banyaknya manfaat dari olahraga jalan kaki ini, dari orang yang ingin diet, untuk orang yang sudah lanjut usia dan sebagainya.

Bagi para lanjut usia, berdasarkan hasil penelitian mengenai olahraga yang paling baik yaitu jalan kaki, jalan kaki memiliki tingkat cedera yang kecil untuk para atlet khususnya, tapi orang berumur 10 sampai 40 tahun perlu olahraga yang agak keras. Walaupun olahraga jalan kaki lebih baik dari pada tidak olahraga sama sekali, tapi joging dan aerobik bisa mengurangi kadar kalori yang ada dalam tubuh, khususnya untuk memperbaiki cardiorespiratory endurance, cardiorespiratory endurance adalah kemampuan Jantung dan kapasitas paru-paru dalam melakukan aktifitas kerja dalam waktu yang lama tanpa mengalami gangguan yang berarti.

jalan kaki1

Otot kaki harus tahan dengan bobot berat tubuh kita, memperbaiki cardiorespiratory endurance dilakukan untuk menjaga jantung dan sistem pernapasan. Dengan berjalan kaki dapat menjaga konsidi jantung dan pernapasan saat berjalan kaki atau bisa mengontrol tekanan darah. Jika dibandingkan, jalan kaki selama 30 menit dapat membakar 100-130 kcal dan tredmil 30 menit sekitar 200-260 kcal. Jumlah kalori per menit yang dapat anda bakar dengan berjalan kaki ditentukan oleh berat badan dan kecepatan berjalan anda. Jika anda berjalan pada kecepatan 6 km per jam (kecepatan berjalan kaki pada umumnya) anda dapat membakar jumlah kalori per menit sebagai berikut: berat badan 60 kg = 4,7 kalori; berat badan 70 kg = 5,5 kalori; berat badan 80 kg = 6,3 kalori; berat badan 90 kg = 7,1 kalori; berat badan 100 kg = 7,8 kalori dan berat badan 110 kg = 8,6 kalori. Jika anda berencana untuk menurunkan berat badan sebanyak 10 kg hanya dengan berjalan kaki, cobalah untuk membakar setidaknya 250 kalori ekstra per hari selama anda berjalan kaki. Misalnya, jika berat badan anda 80 kg, anda harus berjalan kaki setidaknya 40 menit per hari dengan kecepatan 6 km per jam untuk menurunkan ¼ kg per minggu. Jika anda tidak yakin dengan kecepatan anda, cobalah berjalan di atas treadmill untuk memberikan ide yang lebih baik.

Banyak dokter yang menyarankan untuk lebih sering berjalan kaki kepada pasiennya jika tidak suka berolahraga atau tidak sempat untuk olahraga, jalan kaki secara rutin sudah cukup mewakili semua olahraga lain.

Ketika kita berjalan, semua anggota tubuh kita ikut bergerak secara teratur, mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala, aliran darah menjadi lancar, masing-masing anggota tubuh tidak bekerja sendirian, semua saling terhubung, saling memberi manfaat satu sama lain dan tidak ada anggota tubuh bekerja paling berat, semuanya seirama. ini menjadi alasan lainnya kenapa seseorang bisa awet muda dengan jalan kaki.

Jalan kaki dapat membakar lemak, karena kalori terbakar maka lemakpun ikut terkikis, oleh karena itulah orang bisa menjadi langsing, sehat, cantik dan awet muda dengan berjalan secara rutin. Jalan kaki dapat mengencangkan kulit, membuat kulit bersinar, menguatkan otot, sehingga mendapatkan kulit yang lebih kencang, membuat kulit menjadi lebih bersinar dan halus sehingga secara otomatis akan terlihat lebih awet muda.

Tetapi jika ada seseorang yang lebih menyukai treadmill, anda harus tau ada buruknya juga kalau anda menggunakan treadmill. Treadmill lebih cepat 3 kali daripada jalan kaki. Meningkatkan resiko mengalami cedera tetapi bisa menggurangi berat badan 3 kali lebih cepat dan akan membuat tubuh anda lebih kuat. Maka dari itu anda harus memilih olahraga yang sesuai dengan tingkat resiko yang kecil dan tidak merugikan kondisi fisik. Lalu, dengan bersepeda anda bisa menentukan tingkat kesulitan dan kecepatan saat menggunakannya.

Dan apakah kalian tau? Banyak manfaat jalan kaki selain untuk menurunkan berat badan seperti:

  • Mencegah osteoporosis
  • Menguatkan otot
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Mengontrol gula darah
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menyehatkan paru-paru
  • Mencegah Diabetes
  • Menurunkan Tekanan Darah
  • Menurunkan Kolesterol
  • Mencegah Stroke
  • Menjaga kebugaran dan kekebalan tubuh
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Membakar lemak dalam tubuh
  • Menghindari jerawat
  • Meningkatkan kekuatan konsentrasi
  • Mencegah pikun
  • Menjaga kualitas tidur yang baik

Jadi tunggu apalagi, mulailah hidup yang sehat dengan cara paling efektif seperti jalan kaki, dengan jalan kaki yang rutin kita bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.