Kisah G30 SPKI Di Indonesia

 

Pada 30 September 1965, gerakan atau sering disingkat sebagai G 30 S PKI, adalah suatu peristiwa yang terjadi dalam upaya kudeta yang menewaskan beberapa orang Termasuk Angkatan militer. Pembantaian ini terjadi sampai 1 Oktober 1965 yang kemudian dinamakan sebagai Partai Komunis Indonesia.

Latar belakang PKI

1. PKI memperkuat Angkatan bersenjata untuk mengangkat para Jendral militer ke posisi penting.

Pada bulan Juli 1959 Parlemen dibubarkan dan Sukarno menetapkan Konstitusi dengan keputusan oleh prakarsa PKI. PKI memperkuat Angkatan bersenjata untuk mengangkat para Jendral militer ke posisi penting. Dengan sistem yang dipandu oleh Soekarno Menyambut hangat CPI untuk konsep antara Nasionalis dan komunis agama Yang disebut NASAKOM.

2. Pembentukan Angkatan Ke-5

Selama Sukarno mengambil langkah terhadap para pekerja dengan melarang Aksi Mogok bekerja. Pemimpin PKI tidak keberatan karena industri adalah milik pemerintah NASAKOM. Tidak lama, PKI melakukan persiapan  untuk pembentukan sebuah rezim militer, menyatakan untuk pembentukan “Angkatan kelima” di dalam angkatan bersenjata, yang terdiri dari para pekerja dan petani. Dari pada berkelahi untuk mobilisasi massa independen untuk melawan ancaman militer yang tumbuh, kepemimpinan PKI berusaha untuk membatasi kapasitas pergerakan massa. Kemudian  Jenderal militer, berusaha untuk menenangkan memperkuat negara.

3. Masalah Sakit Bung Karno

Sebelum G-30 SPKI bubar, Bung Karno memiliki masalah kesehatan.  Hal ini membuka kesempatan perebutan kekuasaan Bung Karno, Menurut Soebandrio, Penyakit yang diderita Bung Karno sangat ringan dan dapat sembuh dengan cepat. Tidak Ada alasan untuk PKI Merebut kekuasaan Bung Karno.

4. Faktor Malaysia

Konfrontasi Indonesia-Malaysia adalah salah satu penyebab kedekatan Presiden Sukarno Dengan PKI, menjelaskan motivasi tentara yang bergabung dengan gerakan G30S/Gestok (gerakan satu Oktober), dan akhirnya menyebabkan penculikan Partai Komunis dan Angkatan darat yang berpangkat tinggi.

5. Faktor-Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi adalah salah satu alasan kemarahan rakyat atas pembunuhan 6 kepala Jenderal, dan pembantaian yang dilakukan Oleh PKI pada Orang-Orang Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Tempat Lain.

 

Ingin Membaca lebih mengenai sejarah G30S PKI melalui buku karya John Roosa, berjudul ” Bukti pembunuhan massa. “Buku ini setebal 400 halaman.