Kisah Perjuangan Indonesia 17 Agustus 1945 Hingga 1950

Sebelum Bendera Merah Putih Berkibar, Butuh waktu 5 tahun untuk meraih Kemerdekaan Indonesia. Perjuangan ini sangat Menderita Karena harus berjuang dengan Membunuh Dan Dibunuh.

Pada 17 Agustus 1945, dalam upacara singkat, Sukarno menyatakan kepada dunia bahwa penjajahan Hindia Belanda telah berakhir. 

17 Agustus 1945

Sukarno-Hatta menandatangani proklamasi kemerdekaan Indonesia: Sewaktu Jepang menjajah Indonesia, Banyak korban yang berjatuhan selama perang. Pada tahun 1945, Jepang Menyerah atas kekuatan Indonesia dan 2 hari kemudian, Soekarno menyatakan kemerdekaan Indonesia.

18 Agustus 1945

Setelah Kemerdekaan Indonesia, Pembentukan Rancangan dasar negara 25mei-1juni 1945 dan rancangan UUD 10juli-17juli 1945 yang mulai diberlakukan pada tanggal 18 Agustus 1945 dan Menetapkan Soekarno-Hatta menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Akhir September 1945

Angkatan Britania Raya mengamankan Indonesia atas kemenangan penjajah jepang dan belanda kembali dengan kekuatan Militer yang ingin menjajah Indonesia. Banyak dari Warga Indonesia berjuang dengan alat seadanya seperti Bambu Runcing dan Senapan Jepang yang dicuri oleh Pejuang Indonesia.

Oktober 1945

Indonesia melawan Inggris, dan setelah beberapa insiden pertempuran Surabaya. Ini adalah pertempuran terbesar dalam revolusi dan menjadi simbol bagi nasionalisme Indonesia. Dan ditetapkan sebagai hari pahlawan.

Januari – Desember 1946

Pada Awal tahun dan akhir tahun 1946, Perang Saudara, Konflik Agama Dan Revolusi Sosial terjadi. Selama Periode ini, Banyak warga tewas karena pembantaian dan pembunuhan terhadap perjuangan mereka.

24 Maret 1946

Dalam perjuangan Republik Indonesia melawan Inggris Dibandung, Inggris meledakkan gudang amunisi dan membakar sebagian selatan kota bandung dan dikenal sebagai bandung Lautan Api.

21 Juli – 4 Agustus 1947

Pembantaian tanpa ampun yang dilakukan  oleh penjajah belanda Di rawagede yang menelan korban warga Indonesia sebanyak 431 jiwa karena Indonesia menolak untuk memberikan kekuasaan kepada belanda.

17 Januari 1948

Pada Desember tahun 1998, Soekarno Ditangkap oleh belanda di Yokyakarta. Setelah 12 bulan,   Dengan tekanan internasional dari PBB, menadatangani perjanjian Renville dengan kesepakatan gencatan senjata, pasukan Indonesia terus melawan yang mengarah ke operasi Kraii oleh Belanda.

27 Desember 1949

Setahun kemudian, dengan terlalu banyak tekanan internasional, Belanda dipaksa untuk memberikan kekuasaan ke Indonesia, yang kemudian menjadi Republik Indonesia Serikat. Akhirnya mengakhiri konflik antara nasionalis dan Belanda.

17 Agustus 1950

Setelah 5 tahun, Akhirnya Republik Indonesia Menerima Proklamasi dari Soekarno dan menyatakan perlu adanya semangat Proklamasi utuk membentuk dan membangun negara dari ketiadaan.

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>