Usia Bangunan Tertua Didunia

Ada beberapa bangunan tertua didunia yang masih ada sampai sekarang, Seperti Piramida Agung Giza. Selain itu, ada banyak lagi bangunan tertua lainnya yang layak menjadi perhatian.

Bangunan tertua didunia

1. Barnenez, Perancis– Barnenez adalah sebuah monumen Neolitik yang terletak Brittany (Perancis). Monumen ini dibagun sekitar 4800 SM. Monumen ini memiliki panjang sekitar 72 meter dan memiliki luas sekitar 25 meter dan tinggi sekitar 8 meter. Monumen ini dianggap salah satu Bangunan yang paling tua di Eropa, dan juga salah satu struktur buatan manusia tertua di dunia.

6057a1e84eae43eb9424ff77b95dcf7d

2. Tumulus Saint-Michel, Prancis. Tumulus St. Michel adalah gundukan makam megalitikum, terletak di Timur Carnac di Brittany, Prancis. Ini adalah gundukan makam terbesar di benua Eropa. Tumulus memiliki panjang sekitar 125 m , lebar sekitar  60 m lebar dan tinggi sekitar 10 m. Tumulus dibangun sekitar 4500SM Dan dieksplorasi pada tahun 1862, dan diklarifikasikan menjadi situs warisan nasional sejak tahun 1889.

Saint_Michel_tumulus_photo_5

 

3. Knap Howar, Skotlandia–  Ini adalah rumah batu tertua yang diawetkan di Eropa barat, terletak di Pulau Papa Westray, Skotlandia

Papa Westray adalah salah satu pulau Orkney yang kecil, hanya sekitar enam meter persegi. Pulau ini adalah rumah bagi Knap  Howar, masih dianggap sebagai rumah tertua di Eropa bagian Barat. Bangunan ini dibangun lebih dari 5000 tahun yang lalu. Dengan pintu yang utuh, batu partisi, dan bangku-bangku batu, bangunan terawat baik.
187bbe52f65b7a21bd35c62b4c42033e
4. Ġgantija, Malta– Candi Ġgantija adalah awal dari serangkaian kuil-kuil megalitik di Malta dan  lebih tua dari piramid Mesir.
Kuil-kuil Ġgantija di Xagħra, Gozo, adalah salah satu situs arkeologi paling penting di Kepulauan Malta dan tercantum pada daftar Warisan Dunia. Situs ini terdiri dari dua Kuil, yang dibangun sekitar 3700 SM. 

Hal ini terbukti karena dinding sempadan yang membungkus dua Kuil, dan yang dibangun dengan menggunakan batu kapur. Bangunan ini memiliki panjang sekitar 5 meter dan berat mencapai lebih dari 50 ton.

ggantija-temples

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>