21 Manfaat Dari Yoghurt Yang Sering Diminum Setiap Hari

Yoghurt adalah susu yang di buat dengan cara di fermentasikan melalui bakteri. Bakteri yang di gunakan dalam pembuatan yoghurt yaitu bakteri Lactobacillus Bulgariccus (BL) dan Streptococcus Thermophillus (ST) yang keduanya berbanding 1:1. Yoghurt merupakan salah satu jenis minuman yang di gunakan banyak orang sebagai alternatif dalam melakukan gaya hidup sehat.

Yoghurt memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk menyehatkan sistem metabolisme untuk membantu pembentukan tulang dan gigi. Kandungan bakteri BL dan ST yang terdapat di dalam yoghurt dapat mengatasi masalah diare, konstipasi atau obstipasi, dan kanker usus. Selain itu yoghurt berfungsi untuk kesehatan kulit, berbagai masalah rambut, osteoporosis, mencegah hipertensi, dan bisa berfungsi untuk kecantikan karena di dalam yoghurt terdapat banyak jenis vitamin. Yoghurt sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Yogurt jugs dapat di buat dari susu kambing atau susu domba, maupun yang paling populer adalah menggunakan susu sapi. Selain itu, yogurt merupakan produk susu fermentasi yang paling banyak di konsumsi di Amerika Serikat saat ini, dengan kefir sebagai pilihan kedua. Di Indonesia sendiri, yoghurt yang cukup terkenal yaitu yogurt cimory.

Beberapa Jenis Yoghurt

1. Greek yoghurt

Jenis yoghurt ini memiliki tekstur yang kental di bandingkan dengan yoghurt lainnya. Greek yoghurt pada saat proses pembuatan mengalami tiga kali penyaringan sehingga yoghurt ini bertekstur lebih kental. Greek yoghurt memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah karbohidrat, selain itu yoghurt ini juga mengandung laktosa. Sehingga jenis yoghurt ini sangat cocok di gunakan bagi mereka yang sedang menjalani diet. Selain itu jenis yoghurt ini baik bagi kesehatan karena kandungan proteinnya yang tinggi.

2. Yoghurt Plain

 

Yoghurt plain merupakan jenis yoghurt baik untuk di konsumsi oleh penderita diabetes karena jenis yoghurt ini merupakan yoghurt tanpa adanya gula. Biasanya jenis yoghurt tersebut di gunakan untuk masakan contohnya di gunakan untuk membuat kue, kare dan lain sebagainya. Karena tidak memiliki rasa dan tanpa tambahan gula sehingga yoghurt ini menjadi suatu pilihan masyarakat.

3. Yoghurt Fruit

Sesuai dengan jenis namanya yogurt ini di buat dengan tambahan aneka buah-buahan sehingga yoghurt ini mengandung gula alami yang terdapat di dalam buah-buahan. Kandungan buah-buahan yang terdapat dalam yoghurt ini bermanfaat untuk kecantikan karena bisa di gunakan sebagai masker wajah.

4. Frozen Yoghurt

Frozen yoghurt di kenal dengan sebutan froyo. Froyo merupakan suatu jenis yoghurt yang memiliki kandungan gizi yang lebih baik. Pada saat d proses yoghurt ini memiliki kandungan rendah lemak. Selain itu froya memiliki kandungan laktosa yang lebih mudah di cerna di bandingan dengan laktosa yang terdapat pada susu.

5. Dadiah

Dadiah merupakan jenis yoghurt yang berasal dari Sumatra Barat yang di proses dengan cara di fermentasikan dalam tabung bambu. Yoghurt ini terbuat dari susu kerbau yang memiliki kandungan gizi yang seseuai dengan jenis susu.

6. Yogurt Labneh atau Lebanon

Yoghurt labneh merupakan jenis yoghurt yang di proses dengan cara fermentasi beberapa minggu dalam minyak olive dan di padatkan, karena yoghurt ini biasa di gunakan untuk sandwich. Yoghurt ini biasanya di tambahkan dengan campuran minyak olive, potongan mentimun, olive dan berbagai jenis herbal hijau. (KMY)

Manfaat Yoghurt

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Yoghurt juga bermanfaat untuk menjalankan diet. Bakteri baik yang dapat di temukan dalam yoghurt dapat membantu memperlancar pencernaan dan dapat membantu metabolisme menjadi lebih cepat yang berarti bahwa hal tersebut dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan.

2. Kesehatan Tulang

Kalsium yang terkandung dalam yoghurt sangat penting dalam menjaga kondisi kesehatan tulang. Oleh karena itu, mengkonsumsi yoghurt dapat membantu dalam menjaga kekuatan tulang. Yogurt juga baik di konsumsi oleh penderita osteoporosis dan rematik bagi yang terkena penyakit ini.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi yoghurt, terutama yang mengandung probiotik, secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan Anda tertular penyakit. Probiotik telah terbukti dalam mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus sampai gangguan usus.

4. Kesehatan Sistem Pencernaan

Beberapa jenis probiotik yang terkandung dalam yoghurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, telah terbukti dapat mengurangi gejala ketidak nyamanan akibat sindrom iritasi usus. Sindrom iritasi usus merupakan gangguan umum yang mempengaruhi usus besar.

5. Kesehatan Jantung

Salah satu produk susu seperti yoghurt ini telah terbukti dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor utama terhadap risiko penyakit jantung. Terlepas dari kandungan lemaknya, yoghurt juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Dalam penelitian terbaru, asupan yoghurt probiotik secara langsung berhubungan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2. Yogurt mendukung pencernaan dan penyerapan nutrisi ke seluruh saluran pencernaan, dimana hal ini sangat penting untuk regulasi gula darah yang sehat.

7. Memperbaiki Mood atau Suasana Hati

Dalam sebuah studi yang di lakukan oleh UCLA’s Gail and Gerald Oppenheimer Family Center for Neurobiology of Stress, telah membandingkan kondisi otak sebelum dan sesudah penelitian di lakukan. Peneliti menemukan bahwa wanita sehat yang mengkonsumsi yoghurt secara teratur memiliki kontrol yang lebih baik akan kondisi suasana hatinya.

8. Mengatasi Aroma Mulut

Yoghurt dapat menjadi pengobatan alami dalam mengatasi aroma bau mulut dan dapat mengurangi halitosis (bau nafas yang tidak sedap) hingga 80% pada subjek penelitian. Bagi mereka yang mengkonsumsi yoghurt secara rutin juga memiliki tingkat plak dan gingivitis (suatu kelainan berupa peradangan pada gusi) yang lebih rendah.

9. Kesehatan Kulit dan Rambut

Yoghurt ketika di terapkan pada kulit dapat di gunakan untuk mengatasi jerawat dan ruam kulit, serta dapat membuat kulit lebih sehat bercahaya dengan mengurangi lingkaran hitam dan menutup pori-pori. Yogurt juga bermanfaat untuk rambut, dimana yogurt dapat membantu menyembuhkan kulit kepala yang gatal dan berketombe.

10. Menurunkan Risiko Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang tumbuh pada bagian usus besar. Dalam sebuah studi yang telah di lakukan dalam International Journal of Cancer yang melibatkan 45.000 individu, menunjukkan bahwa yoghurt dapat memberikan perlindungan terhadap kanker kolorektal. Hal ini di karenakan saluran pencernaan yang sehat, yang telah di sebabkan karena probiotik dan bakteri sehat yang terdapat dalam yoghurt.

11. Mengandung Berbagai Jenis Vitamin

Satu porsi yoghurt dapat memberikan berbagai nutrisi seperti kalium, fosfor, vitamin B5, seng, yodium dan riboflavin. Yoghurt juga kaya akan vitamin B12, yang di perlukan untuk menjaga sel-sel darah merah dan menjaga fungsi kerja sistem saraf.

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi yoghurt setiap hari dapat membantu menghasilkan kekebalan tubuh lebih tinggi. Probiotik yang ada juga membantu merangsang sel darah putih melawan infeksi dalam aliran darah.

13. Mengurangi Risiko Infeksi Jamur

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi dan kejadian infeksi akibat jamur dalam vagina.

14. Meningkatkan Kesehatan Usus

Kultur aktif yoghurt membantu meringankan kondisi pencernaan tertentu seperti intoleransi laktosa, konstipasi, diare, kanker usus besar dan penyakit usus.

15. Membantu Proses Pembakaran Lemak

Mengkonsusmi Yoghurt setiap hari juga akan mengurangi jumlah kalori di dalam tubuh. Penumpukkan lemak di bagian pinggang akan menghasilkan hormon kortisol sehingga akhirnya menambah berat badan anda. Saat anda mengkonsumsi Yoghurt, maka kalsium di dalamnya akan memberikan sinyal pada sel lemak agar memompa kortisol yang bisa di kurangi. Sedangkan kandungan asam amino akan membantu proses pembakaran lemak lebih cepat.

16. Menjaga Kesehatan Gigi

Kandungan tinggi kalsium serta vitamin D yang terdapat dalam Yoghurt tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Di saat makanan yang mengandung asam lainnya merusak kesehatan gigi, hal ini tidak terjadi jika anda mengkonsumsi Yoghurt yang juga memiliki kandungan asam. Mengkonsumsi produk ini setiap hari akan menjaga kesehatan tinggi sehingga tidak mudah berlubang dan keropos.

17. Memperkuat Rambut

Saat anda mengalami kerontokan rambut, maka mengkonsumsi Yoghurt Cimory menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan zink, seng dan mangan dalam produk ini akan menutrisi kulit kepala dari dalam sehingga rambut anda bisa menjadi lebih kuat serta tidak mudah rontok.

18. Mencegah Kanker Usus Besar

Yoghurt juga baik untuk menjaga agar usus bisa tetap sehat. Bakteri lactobacillus merupakan bakteri ramah usus yang ada dalam yogurt ini untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus sehingga kanker usus besar bisa di cegah. Bakteri baik ini akan membunuh berbagai mikroorganisme berbahaya dalam usus Anda sebelum menjadi karsinogenik. Sedangkan kandungan tinggi kalsium di dalamnya juga akan menurunkan resiko penyakit usus besar.

19. Menjaga Sel Darah Merah

Sel darah merah sama pentingnya dengan sel darah putih. Sel ini harus normal dan harus terjaga. Sel darah merah tidak boleh terlalu banyak atau pun terlalu sedikit. Dalam Yoghurt, terkandung bahan seperti vitamin, seng, yodium, kalsium, kalium, fosfor dan masih banyak lagi yang bisa menutrisi tubuh dan menjaga sel darah merah.

20. Menjaga Sistem Saraf

Ternyata yoghurt bisa membantu menjaga sistem saraf. Hal ini penting agar sistem saraf dalam tubuh terus bisa bekerja aktif dan merespon apapun yang dibutuhkan. Sistem saraf ini tidak boleh putus atau rusak, karena akan menyebabkan penyakit diantaranya adalah stroke dan juga gangguan saraf seperti kelainan jiwa. Untuk itu anda bisa mengonsumsi yoghurt yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin serta riboflavin. Konsumsi secara rutin setiap harinya.

21. Pencegahan Osteoporosis

”Gizi yang cukup memainkan peran utama dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, dan mikronutrien terbesar adalah kalsium dan vitamin D, ” kata Jeri Nieves, PhD, MS, direktur of bone density testing di Rumah Sakit Hayes Helen New York. Manfaat susu memang mengandung banyak kalsium, yang telah terbukti memiliki efek menguntungkan bagi kepadatan massa tulang di segala usia. meskipun hasilnya tidak selalu konsisten, kata Nieves, juga asisten profesor epidemiologi klinis di Columbia University. Asam laktat menyerap kalsium dan fosfor yang baik untuk kekuatan tulang. Vitamin K yang terdapat pada manfaat yoghurt juga membantu metabolisme tulang agar berjalan dengan baik.

Ada sebagian orang suka dengan yoghurt karna rasanya yang unik dan sedap, dan ada juga sebagian orang tidak suka dengan yoghurt karna tidak pernah meminumnya. Memang rasanya yang mani keasem-aseman membuat sebagian orang ketagihan untuk meminumnya sebab banyak manfaat yang terkandung di dalam yoghurt. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk yang sering meminum yoghurt yaa.. Untuk yang tidak suka dengan yoghurt bisa juga kok dengan mencicipinnya sedikit saja.. Terimakasih 🙂