Bahaya Berenang Di Kolam Renang Umum

Kita semua merasa sangat senang saat membayangkan pergi ke kolam renang terdekat dan mencelupkan diri dalam air yang dingin. Disertai dengan anak-anak yang suka pergi ke kolam renang di setiap harinya, itu menjadi lebih penting untuk menjaga kebersihan air di kolam renang agar terawat dengan baik.

berenang 2

Kolam renang dapat mengakibatkan Anda sakit seperti kolam renang umum dan rekreasi air itu merupakan habitat utama bagi mahluk kecil mikroorganisme untuk berkembang dan tumbuh, sehingga mempengaruhi pengguna akhir. Sementara kegiatan pemeliharaan secara rutin dilakukan dalam rangka untuk mengurangi perkembangbiakan bakteri

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya menambahkan klorin atau penyaringan air tidak benar-benar cukup untuk membunuh bakteri dan virus di dalam air tersebut. Kuman kali ini kebal terhadap klorin. Bahkan, hanya satu tegukan air yang terkontaminasi ini dapat membuat Anda sakit.

CDC juga melakukan penelitian yang membuktikan kalau sebanyak 161 kolam renang di Atlanta mengandung bakteri E. Coli – bakteri yang berkaitan dengan feses. Untuk meminimalisir kontaminasi bakteri tersebut, CDC menyarankan agar pengunjung kolam mandi dengan sabun terlebih dahulu sebelum berenang. Banyak orang-orang yang jatuh sakit akibat tertelan air kolam yang terkontaminasi

Terlepas dari infeksi saluran pencernaan, infeksi luka dan infeksi kulit, telinga, saluran pernapasan, mata dan otak, ada beberapa penyakit menular yang menjadi perhatian yang sering terkait dengan berenang di tempat umum, disini akan kita bahas beberapa penyakit, kuman dan virus yang terdapat di pemandian umum.

Shigellosis : adalah infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri dari keluarga Shigella. Nama lain shigellosis adalah Shigella gastroenteritis, infeksi Shigella, Shigella enteritis dan disentri basiler. Gejala umum shigellosis antara lain; diare yang mungkin mengandung darah, lendir atau nanah, kram perut, mual dan muntah. Anak-anak sangat rentan terhadap shigellosis. Pengobatan shigellosis adalah antibiotik dan minum banyak cairan.

kuman1

Bakteri Shigella masuk ke tubuh melalui mulut, baik secara langsung melalui kontak fisik dengan orang yang sudah terinfeksi, atau secara tidak langsung akibat makanan dan air yang sudah terkontaminasi. Setelah masa inkubasi bakteri Shigella selama 1-3 hari di dalam tubuh, infeksi kemudian menimbulkan gejala yang khas. Dan gejala ini berlangsung antara 4-7 hari.

E. coli: Bakteri Escherichia coli (E.coli) adalah bakteri yang biasanya hidup di dalam usus manusia dan hewan. Walau kebanyakan jenis E.coli hanya menyebabkan diare ringan, beberapa jenis tertentu seperti E.coli O157:H7 dapat menyebabkan infeksi usus serius yang mengakibatkan diare, sakit perut, dan demam.

Cryptosporidiosis: Juga dikenal sebagai crypto, adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Cryptosporidium, yang merupakan protozoa parasit dalam divisi Apicomplexa. Ia akan mempengaruhi usus mamalia dan biasanya berupa infeksi akut jangka pendek. Hal ini menyebar melalui rute fecal-oral (kotoran-mulut), sering juga dari air yang terkontaminasi.

Hepatitis A: Penyakit ini umumnya terkait dengan air di kolam renang dan lingkungan kolam berenang umum, Hepatitis A merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus.

virus

Gejala awal yang dapat muncul meliputi demam, mual, muntah, nyeri pada sendi dan otot, serta diare. Ketika organ hati sudah mulai terserang, ada beberapa gejala lain yang akan muncul, yaitu urine berwarna gelap, tinja berwarna pucat, sakit kuning dan gatal-gatal. Selain itu, daerah perut bagian kanan atas juga akan terasa sakit terutama jika ditekan.

Pseudomonas: Infeksi Pseudomonas adalah infeksi yang disebabkan bakteri Pseudomonas, terutama Pseudomonas aeruginosa. tetapi manifestasi paling umum terjadi di “telinga perenang” dan berbagai infeksi kulit. Bakteri ini tumbuh dengan baik di lingkungan air hangat seperti bak air panas dan spa dan bisa diobati dengan tetes telinga antibiotik

Nah.. ,itu beberapa penyakit yang didapati oleh Virus dan bakeri yang ada di dalam air kolam renang, masih mau berenang di kolam renang umum? jika iya pastikan setelah mandi bersihkan badan anda dengan bersih yaa..

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>