Bukan Isinya Saja Yang Bermanfaat Ternyata Kulitnya Juga Bermanfaat Lho

Kebanyakan orang, biasanya hanya mengolah telur cuma pada bagian putih dan kuning telur untuk di konsumsi. Cangkang telur pun berakhir di dalam tempat sampah. Namun apa mungkin, setelah membaca ulasan di bawah ini Anda akan mulai tertarik untuk mencoba ngemil kulit telur? Lho, memangnya cangkang telur bisa di makan? Tentu saja bisa! Jadi, jangan buang dulu kulit telur sisa masak makan siang Anda. Simak juga beragam manfaat kulit telur yang ternyata baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Yuk mari kita bahas di bawah ini..

Kandungan Apa Saja Yang Terdapat Pada Kulit Telur?

Tekstur yang terdapat pada cangkang telur memang keras, karena terbuat dari kalsium karbonat, bentuk kalsium yang paling umum. Kalsium itu sendiri merupakan salah satu mineral penting yang kita butuhkan agar tubuh selalu berfungsi dengan baik. Satu cangkang telur mengandung sekitar 40% kalsium. Setengah dari kulit telur ini saja sudah bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa, yaitu 1.000 mg per hari. Selain kalsium, kulit telur juga mengandung mineral lainnya termasuk strontium, fluorida, magnesium, selenium, hingga protein. Semua zat gizi tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan Dari Kulit Telur

1. Memenuhi Kebutuhan Kalsium Harian

Kandungan kalsium yang terdapat pada kulit telur lebih cepat di serap oleh tubuh dari pada suplemen kalsium yang ada di pasaran. Hal ini di buktikan oleh penelitian pada tikus dan babi. Selain untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, kalsium juga di butuhkan untuk membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan membuat detak jantung lebih teratur. Kalsium juga bertindak sebagai obat penenang alami yang bisa menenangkan sistem saraf untuk mengurangi rasa sakit, sekaligus menghentikan perdarahan ketika kita terluka.

2. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Osteoporosis adalah pengeroposan tulang, yang dapat meningkatkan pada risiko patah tulang. Osteoporosis umum tampak pada usia lanjut, namun awal perkembangannya bisa di mulai sejak usia muda. Pengeroposan tulang ini pada umumnya di akibatkan oleh kurangnya asupan kalsium dalam menu makanan sehari-hari. Seiring dengan bertambahnya usia, tingkat kalsium alami pun juga mulai menurun.

Sebuah studi yang telah di lakukan pada wanita pasca mengalami menopause, telah menemukan bahwa bubuk cangkang telur dapat memperkuat tulang yang mengalami osteoporosis. Dalam tubuh, cangkang telur bekerja mengikat vitamin D dan magnesium untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang. Studi yang sama juga melaporkan bahwa bubuk cangkang telur mungkin lebih efektif dalam mengurangi risiko osteoporosis dari pada suplemen kalsium.

3. Menjaga Kesehatan Persendian

Jika Anda intip bagian dalam cangkang telur, Anda akan menemukan selaput transparan tipis yang melapisi dindingnya. Anda juga dapat melihatnya lebih jelas saat mengupas telur rebus. Selaput ini biasanya menempel pada bagian dalam kulit telur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin yang mengandung membran cangkang telur dapat menjaga kesehatan persendian Anda. Pasalnya, selaput kulit telur terbuat dari kolagen, kondroitin sulfat (penyusun jaringan tulang rawan), glukosamin, dan nutrisi lainnya. Kolagen itu sendiri di laporkan bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis dan rematik. Akan tetapi, masih di perlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah suplemen kulit telur benar-benar efektif dalam hal ini.

4. Melembutkan Kulit Wajah

Anda juga bisa memakai bubuk cangkang telur menjadi masker. Efek dari cangkang telur akan membentuk lapisan yang lebih lembut pada kulit wajah. Caranya adalah :

  • Larutkan bubuk cangkang telur dengan sedikit putih telur yang masih segar
  • Gunakan pada bagian wajah hingga terasa ketat dan kering pada wajah
  • Bersihkan dengan handuk yang sudah di rendam dalam air hangat
  • Kulit akan tampak lebih lembut setelah melakukan perawatan aktif selama tiga kali dalam seminggu. Tapi cara ini sangat di larang untuk kulit wajah yang sedang berjerawat.

5. Membantu Mengecilkan Pori-pori

Rutin menggunakan masker cangkang telur bisa juga membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Kemunculan jerawat akan terhambat jika pori-pori mengecil. Kulit pun akan menjadi lebih sehat dan lembut. Cara untuk membuat masker ini hanya dengan menghaluskan cangkang telur dan mencampurnya dengan lemon dan madu. Oleskan masker ini pada wajah dan diamkan beberapa menit, lalu bilas wajah dengan air.

6. Membuat Kulit Bercahaya

Ingin kulit nampak bercahaya? Masker cangkang telur di anggap mampu membuat kulit bercahaya. Kandungan protein alami dan vitamin yang ada pada cangkang telur bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Ambil dua sendok makan bubuk cangkang telur dan campurkan dengan madu dan sedikit tepung terigu. Oleskan masker ini pada wajah yang telah di bersihkan, diamkan sekitar 15 menit dan bilas dengan air. Ulangi penggunaan masker ini dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang terlihat lebih muda.

7. Mengobati Kulit Kering

Masker cangkang telur juga bagus bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering. Untuk membuat wajah tidak cepat kering, gunakan masker cangkang telur yang terbuat dari bubuk cangkang telur yang di campur dengan madu. Aduk dan kemudian oleskan pada wajah terutama di bagian bawah mata. Pijat wajah dengan gerakan melingkar. Masker ini cocok di gunakan sebelum tidur karena dapat menjaga kelembaban kulit untuk waktu yang lama.

8. Mengobati Iritasi Kulit

Bagi mereka yang menderita iritasi kulit, masker cangkang telur bisa menjadi solusinya. Menggunakan masker cangkang telur secara rutin dapat membantu merawat kesehatan kulit sehingga mampu mencegah iritasi pada kulit. Tuang secangkir cuka apel dan tambahkan dengan sedikit bubuk cangkang telur. Oleskan masker ini pada wajah dan tunggu selama 10 menit. Kemudian bilas dan dapatkan hasil wajah yang tampak lebih muda dan bersinar.

9. Membersihkan Wajah Secara Menyeluruh

Jika kamu takut pembersih wajah kamu tidak mampu mengangkat semua kotoran yang ada di wajah secara menyeluruh maka kamu harus menggunakan masker cangkang telur. Masker ini di ketahui mampu mengangkat kotoran yang tidak bisa terangkat hanya dengan menggunakan pembersih wajah, termasuk kotoran yang biasanya menyumbat pori-pori.

10. Mencerahkan Wajah

Sifat pencerah dan pemutih yang ada pada cangkang telur membuat cangkang telur menjadi pemutih dan pencerah kulit alami. Bahan alami ini juga dapat memanjakan kulitmu secara menyeluruh. Ambil beberapa bubuk cangkang telur dan tambahkan dengan perasan jeruk lemon serta bubuk charcoal atau bubuk arang bambu. Oleskan masker ini pada wajah dan bersihkan wajah dengan air dingin setelah masker di diamkan selama 30 menit.

11. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Berdasarkan penelitian, wanita yang berusia diatas 30 tahun perlu menggunakan masker cangkang telur untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus pada wajah. Gunakan masker cangkang telur dengan mencampurkan bubuk cangkang telur dan yogurt. Tambahkan sedikit bubuk kunyit ke dalam adonan masker. Bilas wajah setelah 20 menit penggunaan masker.

12. Mengobati Gatal-Gatal

Gatal kulit karena iritasi sering menyebabkan ruam kemerahan pada kulit. Untuk menghilangkan iritasi caranya dengan:

  • Merendam cangkang telur yang sudah di bersihkan
  • Rendam dalam larutan yang bersifat asam selama beberapa jam
  • Setelah itu gunakan air rendaman itu untuk menyembuhkan gatal-gatal
  • Anda bisa mengoleskan atau mengompresnya

13. Membersihkan Tempat Memasak

Tempat memasak seperti panci sering menjadi kotor karena bekas memasak makanan yang sulit untuk di hilangkan. Untuk menghancurkan kerak dan lapisan bekas makanan maka Anda bisa menggunakan manfaat cangkang telur. Caranya :

  • Campur bubuk cangkang telur dengan sedikit air dan sabun pencuci
  • Gunakan campuran ini untuk menggosok bagian noda panci yang sulit untuk di hilangkan

14. Cangkang Telur Sebagai Pupuk Alami

Cangkang telur mengandung berbagai macam jenis mineral. Anda bisa menggunakan cangkang telur untuk menyuburkan tanah, caranya adalah:

  • Hancurkan cangkang telur hingga menjadi lebih lembut
  • Masukkan cangkang telur ke dalam pot-pot kemudian tutupi dengan tanah
  • Tanaman seperti buah, sayuran atau bunga bisa menjadi sangat subur

15. Mengendalikan Hama Tanaman

Cangkang telur mengandung kalsium yang bisa menjadi musuh utama tanaman seperti siput, hama putih dan beberapa jenis hama lain. Anda bisa menggunakan cangkang telur sebagai media untuk menumbuhkan tanaman, caranya :

  • Lubangi beberapa bagian cangkang telur kemudian masukkan dalam tanah
  • Setelah itu isi cangkang telur dengan tanah dan masukkan benih bunga, buah atau sayuran
  • Tanaman akan tumbuh subur tanpa di ganggu oleh hama tanaman. Hal ini karena hama biasanya tidak menyukai efek dan bau cangkang telur.

16. Cangkang Telur Bisa Untuk Makanan Unggas

Bubuk cangkang telur ternyata juga bisa menjadi alternatif sebagai makan unggas. Burung, ayam maupun bebek akan lebih sehat dengan pemberian pakan dari bubuk cangkang telur. Anda bisa mencampur bubuk cangkang telur dengan jenis pakan yang lain. Kalsium akan menjadi nutrisi yang baik untuk pertumbuhan unggas.

17. Cangkang Telur Sebagai Hiasan

Manfaat cangkang telur untuk kerajinan bisa menjadi salah satu hiasan yang sangat unik. Cangkang telur yang sudah di bersihkan lalu bisa di keringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu cangkang telur bisa di beri cat pada bagian luarnya dan di jadikan sebagai tempat lilin atau kerajinan lain. Bahkan cangkang telur juga bisa menjadi salah satu bahan lukisan yang sangat unik.

18. Pemutih Pakaian

Masalah noda pakaian yang sering kali sulit untuk di atasi, dan dapat di atasi dengan menggunakan cangkang kulit telur. Caranya cukup mudah, yakni dengan meletakkan remukan cangkang telur pada baju yang terkena noda membandel, dan kemudian menunggunya selama 20 menit. Setelah itu, cuci pakain tersebut. Pakaian yang terkena noda membandel dapat bersih kembali.

19. Bahan Makanan Unggas

Kulit telur ayam yang sudah di haluskan menjadi bubuk juga dapat menjadi salah satu bahan makanan untuk unggas. Dengan mencampurkan serbuk kulit telur dengan bahan makanan unggas seperti ayam atau bebek dapat menambah nutrisi pada unggas tersebut. Selain itu, dapat mengurangi limbah telur dan memperkecil biaya untuk makanan ternak unggas ini.

20. Mengatasi Luka Luar

Apabila mengalami kecelakaan hingga ada bagian kulit yang terluka, biasanya akan akan di perban agar luka tersebut tidak terkontaminasi oleh kuman dan dapat mudah sembuh. Namun, ada cara lain selain dengan menggunakan perban, yakni dengan cangkang telur. Dengan bubuk cangkang telur ayam yang di tambahkan sedikit air, kemudian tempelkan pada bagian yang terluka. Tunggu hingga cangkang telur tersebut mengering dan terkelupas sendiri.

21. Mengatasi Masalah Saluran Air 

Saluran air yang mampet atau tersumbat pastinya akan menimbulkan masalah yang serius apabila tidak segera di atasi. Cara untuk mengatasi saluran air yang tersumbat biasanya dengan membuka saluran dan kemudian menusukkan benda seperti kayu atau besi yang panjang ke dalam saluran agar kotoran yang ada di dalamnya dapat hilang. Namun, selain dengancara tersebut, mengatasi saluran air yang tersumbat dapat di lakukan dengan menggunakan serbuk kulit telur.

Caranya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan cangkang kulit telur sehingga mendapatkan serbuknya, kemudian menuangkannya pada saluran yang mampet. Serbuk telur di dalam saluran air yang mampet ini perlu di biarkan bekerja sendiri dalam waktu semalam. Keesokan harinya, saluran air yang mampet sudah lancar kembali. Bagi yang belum pernah mencoba, mungkin lain waktu dapat mempraktikannya apabila mendapati saluran air di rumah yang mampet.

22. Dapat Digunakan Untuk Membasmi Hewan Kecil

Ketika memiliki masalah di dalam rumah karena banyak serangga atau hewan biasanya kita menyemprotnya dengan cairan anti serangga, sejenis kapur atau beberapa penghilang serangga lainnya. Namun apabila tidak ingin menggunakan obat anti serangga, mungkin dapat mencoba menghilangkan serangga atau binatang kecil dirumah dengan cangkang telur. Dengan menghaluskan kulit telur hingga menjadi serbuk kemudian menaburkannya pada binatang kecil atau serangga tersebut. Bubuk kulit telur ini dapat membunuh berbagai hama, serangga dan binatangkecil lainnya yang terkadang membuat penghuni rumah terganggu.

Bagaimana Cara Mengolahnya Untuk Dikonsumsi?

Jika Anda tertarik dengan manfaat kulit telur, Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah. Pertama-tama, cuci bersih cangkangnya dan rebus selama beberapa menit untuk mematikan bakteri dan zat asing yang menempel (termasuk timbal, aluminium, kadmium, dan merkuri).

Kemudian, tumbuk atau blender cangkang telur sampai menjadi serbuk. Pastikan untuk menggilingnya sampai benar-benar halus. Bagian pinggiran kulit telur yang cenderung tajam bisa melukai tenggorokan atau kerongkongan Anda bila ditelan utuh. Anda bisa menambahkan bubuk kulit telur ini pada makanan atau mencampurnya dengan minuman Anda.

Alternatifnya yang lebih aman, Anda bisa membeli suplemen kulit telur di toko kesehatan terdekat. Belakangan ini, serbuk cangkang telur banyak diolah sebagai suplemen kalsium alami.

Ingin membuang gitu aja? Nyesel nggak tidak mengetahui masalah ini? Ternyata kulit telur mempunyai manfaat yang lumayan banyak untuk lingkungan sekitar. Mari kita coba yukk.. Terimakasih..