Cara Menghindari Tingkah laku Yang Dapat Membunuh Kepercayaan Diri

Kita semua tahu apa keuntungan untuk menjadi percaya diri dan bagaimana memiliki kepercayaan diri dapat membuat perbedaan besar dalam hidup Anda pribadi, sosial dan profesional. Sebagian besar dari kita telah mendengar tentang beberapa praktek yang mudah untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri, tapi itu sama pentingnya untuk memastikan Anda tidak sadar melakukan hal-hal yang merusak kepercayaan diri Anda.

Berikut adalah perilaku yang bisa membunuh kepercayaan diri Anda dan bagaimana Anda bisa Hindari.

1. Mencari Dukungan

Mereka memahami bahwa tidak semua orang akan setuju dengan mereka, dan tidak apa-apa. Sebaliknya, mereka fokus lebih pada membangun kualitas hubungan dengan orang-orang yang mereka hormati dan nilai, dari pada berfokus pada menang atas setiap orang.

Jangan biarkan pendapat mendefinisikan siapa Anda atau apa yang Anda bisa dan tidak bisa lakukan dalam hidup. Mungkin kemarahan beberapa orang di sekitar Anda, tetapi dengan melepaskan kebutuhan untuk mengesankan orang, Anda akan mulai untuk benar-benar mengesankan mereka yang benar-benar peduli untuk masa depan Anda. Ketika orang-orang penting dalam hidup Anda benar-benar memiliki punggung Anda, Anda akan merasa jauh lebih percaya diri yang dapat diandalkan.

2. Fokus Pada Masalah

Hidup ini penuh dengan rintangan, dengan segala sesuatu dari belajar naik sepeda untuk membangun perusahaan pertama Anda. Setiap hambatan adalah kesempatan untuk tumbuh . Pertumbuhan pribadi secara konsisten adalah apa yang menghasilkan jenis keyakinan yang berlangsung.  Sebagai contoh, ketika hubungan yang menantang, beberapa orang akan sering segera berasumsi bahwa pasangan mereka kehilangan minat . Sayangnya, hal ini sering menjadi ramalan.

Anda memiliki pilihan. Anda dapat memilih untuk fokus semua perhatian pada masalah, yang membuat Anda  dapat memilih untuk mengakui masalah dan kemudian dengan cepat bergerak untuk mencari solusi.

 

3. Belajar Dari Kegagalan

Satu hal pasti: orang-orang yang sukses dan berhasil berbeda dalam cara bahwa mereka melihat kegagalan.

Orang-orang sukses memahami bahwa kegagalan hanya bagian dari proses pembelajaran. Setiap kali mereka mencari tahu cara yang salah untuk melakukan sesuatu, mereka mendapatkan satu langkah lebih dekat untuk menemukan cara yang tepat untuk melakukannya. Ini adalah masalah persepsi. Di sisi lain, orang-orang yang gagal cenderung mengambil kegagalan pribadi. Mereka melihat kegagalan sebagai refleksi dari nilai mereka. Selain itu, mereka berpikir bahwa ketika mereka gagal itu juga membuktikan bahwa mereka adalah “kegagalan” dalam hidup.