Fakta Yang Harus Diketahui Tentang Hemangioma

Hemangioma adalah tanda lahir yang muncul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah lebih atau tidak normal yang berbentuk benjolan elastis dan berwarna merah cerah. Penyakit ini termasuk jenis tumor pembuluh darah. Terkadang hemangioma juga bisa membuat kulit terlihat biru atau ungu jika muncul di lapisan kulit yang lebih dalam.
Hemangioma adalah salah satu penyebab utama tumor jinak antara bayi dengan efek 5-10% bayi di seluruh dunia setiap tahunnya

huuuuu

Hemangioma biasanya muncul ketika bayi berada dalam kandungan, karena itu bawaan dari dalam kandungan sang ibu. Hemangioma tumbuh di tahun pertama sesudah bayi lahir dan berkurang selama periode waktu. Jika itu diamati pada saat lahir, itu biasanya memudar pergi di sekitar usia sepuluh. Hemangioma muncul pada setiap bagian tubuh tetapi biasanya dapat diamati pada wajah, kulit kepala, dada dan punggung. Kadang-kadang mereka berkembangkan pada organ-organ internal juga, biasanya hati. Ini adalah pertumbuhan yang terserang terstruktur karena pengumpulan abnormal pembuluh darah ke benjolan tunggal.

Empat jenis utama hemangioma adalah Hemangioma kapiler, Cavernous Hemangioma, senyawa Hemangioma dan Lobular kapiler Hemangioma.

Penyebab Hemangioma :

Sejumlah besar pembuluh darah ekstra yang tidak normal akan berkumpul dan membentuk hemangioma, namun penyebab pasti berkumpulnya pembuluh darah hingga kini masih belum diketahui. Ada beberapa kemungkinan meningkatnya faktor risiko seperti di bawah ini:

  • Genetika atau faktor keturunan
  • Bayi yang terlahir prematur
  • Berjenis kelamin perempuan

Kita masih perlu melakukan berbagai tes dan penelitian untuk mengetahui penyebab sebenarnya hemangioma bagi bayi.

Gejala Hemangioma :

Kelainan ini dapat terlihat pada saat lahir, tetapi lebih sering muncul selama beberapa bulan pertama kehidupan. Ini dimulai sebagai tanda merah datar di mana saja pada tubuh, paling sering pada wajah, kulit kepala, dada atau punggung. Biasanya anak hanya memiliki satu tanda. Beberapa anak mungkin memiliki lebih dari satu Biasanya bayi prematur dengan berat kurang dari tiga pon, perempuan dan bayi kembar juga dapat terpengaruh

Selama tahun pertama, tanda merah tumbuh pesat dan menjadi massa yang menonjol dari kulit. hemangioma kemudian memasuki fase istirahat dan, akhirnya, ia mulai perlahan-lahan menghilang. Beberapa gejala yang dapat ditelusuri adalah mual, muntah, dijelaskan berat badan, ketidaknyamanan perut, kehilangan nafsu makan, antara lain.

Pengobatan hemangioma :

Ketika hemangioma terdapat pada kulit, tidak memerlukan Pengobatan apapun. Pengobatan ini tidak diperlukan jika hemangioma tidak menyebabkan masalah difisik. Itu tentu saja akan berkurang atau akan hilang selama beberapa tahun. Tetapi ada beberapa kasus yang memerlukan perawatan. Hal ini diperlukan jika mengganggu pernapasan.

  • Obat beta blocker. Dapat diterapkan untuk mengatasi kasus yang ringan, tersedia dalam bentuk gel yang dapat dioleskan langsung pada kulit yang terkena. Hemangioma berat dapat hilang jika diobati dengan larutan oral propanolol. Efek samping bisa termasuk gula darah tinggi, tekanan darah tinggi dan mengi.
  • Obat kortikosteroid. Untuk anak-anak yang tidak merespon terhadap pengobatan beta blocker atau tidak dapat menggunakannya, kortikosteroid dapat menjadi pilihan. Obat ini dapat disuntikkan ke nodul hemangioma, diberikan melalui mulut atau dioleskan pada kulit. Efek samping bisa termasuk pertumbuhan yang buruk.
  • Operasi laser. Kadang-kadang laser dapat digunakan untuk menghapus hemangioma atau mengobati luka yang menyakitkan pada hemangioma.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hemangioma, Anda dapat menghubungi beberapa dokter ahli bedah vaskuler di Kota anda.

Hemangioma hati :

Hemangioma pada hati akan terbentuk pada permukaan hati. Hemangioma ini disebut juga sensitif terhadap hormon estrogen. Pada saat menopause, banyak wanita yang disebutkan atau diberikan hormon pengganti estrogen untuk meminimalisir gejala yang disebabkan oleh penurunan kadar estrogen dalam tubuh. Kelebihan estrogen ini dapat menyebabkan perkembangan hemangioma lebih luas.

Wanita berada pada risiko yang lebih tinggi pada perkembangkan hemangioma hati daripada laki-laki. Biasanya, itu didiagnosis pada usia 30 tahun.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>