Mencegah Stroke Dengan Beberapa Cara Yang Pastinya Baik

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak Anda terganggu, sebagai akibatnya, sel-sel otak kekurangan oksigen. Ini dapat terjadi karena penyumbatan atau pendarahan di sekitar otak.

Stroke adalah penyebab utama dari cacat serius, dan jangka panjang.Tapi, Apakah Anda tahu bahwa sampai 80% dari stroke dapat dicegah? Ini dapat dilakukan dengan mengendalikan faktor-faktor risiko, termasuk Rokok, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, penyakit jantung dan kegemukan.

Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk membantu mencegah stroke

1. Berhenti Merokok Dan Alkohol

Bila dibandingkan non-perokok, perokok 2 kali lebih mungkin untuk memiliki stroke iskemik yang disebabkan oleh penyempitan atau memblokir dari arteri ke otak.

Mencoba untuk berhenti merokok, dan mencari bantuan profesional jika diperlukan. Itu juga akan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengurangi risiko kondisi serius lainnya.

Juga, membatasi konsumsi alkohol Anda karena minuman alkohol meningkatkan risiko stroke.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor resiko utama stroke. Orang-orang sering tidak mengontrol tekanan darah tinggi karena tidak memiliki tanda-tanda lahiriah.

Mengambil obat tekanan darah Anda seperti yang diarahkan, mendapatkan pemeriksaan teratur dan membuat perubahan gaya hidup diperlukan seperti membatasi asupan garam untuk membantu mengatur tekanan darah Anda.

3. Pilihan Makanan Yang Sehat

Mengikuti diet sehat dalam berbagai buah-buahan, sayuran dan bijian seperti apel, pir, berry, ceri, delima, brokoli, kangkung, bayam, alpukat, almond, kenari, biji rami, benih chia dan lain-lain. Diet Anda harus tinggi serat dan antioksidan, dan rendah lemak jenuh, natrium kolesterol dan menambahkan gula.

Merekomendasikan makan sayuran berdaun hijau serta biji-bijian fortifikasi dan sereal untuk mendapatkan cukup asam folat dan vitamin B6 dan B12.

Nutrisi ini berhubungan dengan menurunkan kadar asam amino yang disebut homocysteine dalam darah. Tingkat tinggi asam amino ini yang berhubungan dengan masalah kardiovaskular, termasuk stroke.

4. Rajin Olahraga

Aktif secara fisik akan membantu Anda tetap fit dan sehat. Olahraga teratur juga membantu menurunkan kolesterol, mengatur tekanan darah tinggi, mengendalikan diabetes dan mencegah pembekuan berbahaya.

Aktivitas aerobik selama sekitar 20 menit setiap hari baik untuk kebanyakan orang. Anda dapat memilih aktivitas yang Anda nikmati seperti berjalan cepat, berenang, menari, berkebun, Bersepeda atau Tai chi.

Mintalah dokter Anda untuk membantu Anda mempersiapkan rencana latihan yang tepat dengan jenis dan jumlah aktivitas yang aman untuk Anda.