Penjelasan Tentang Kertas Yang Wajib Diketahui

Selamat pagi, siang sore, malam (tergantung kamu membacanya). Hari ini kita akan membahas mengenai barang yang mempunyai ketebalan yang sangat tipis dan beragam jenis. Iya Kertas, yang merupakan bagian penting dari kehidupan kita. Mungkin tidak ada kertas kita tidak bisa mencatat berbagai hal yang ada dipikiran ini. Tidak perlu menunggu waktu yang lama lagi, yuk mari simak artikelnya disini.

Apa Itu Kertas?

Kertas merupakan olahan dari beberapa serat alami (batang kayu) dan melakukan beberapa proses pembuatan atau bisa disebut dengan proses pengepresan. Kertas memiliki bentuk yang sangat tipis dan rata sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Bahan serat yang biasa digunakan untuk memembuat kerta ialah serat mengandung Selulosa dan Hemiselulosa.

Kertas juga dikenal sebagai media utama untuk menulis, mencetak serta melukis dan banyak kegunaan lainnya yang dapat dilakukan dengan kertas. Adanya kertas saatt ini merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti yang sangat besar dalam peradaban dunia.

th-5

Sebelum ditemukan kertas, bangsa-bangsa dulu menggunakan tablet dari tanah lempung yang dibakar untuk mencatat (menulis) berbagai informasi. Hal ini bisa dijumpai dari peradaban bangsa Sumeria, Prasasti dari batu, kayu, bambu, kulit atau tulang binatang, sutra, bahkan daun lontar yang dirangkai naskah Nusantara beberapa abad yang lalu.

Pada zaman peradaban Mesir Kuno dulu, mereka telah menyumbangkan bahan yang menyerupai dengan kertas sebagai untuk media tulis menulis. Penggunaan bahan tersebut adalah sebagai media tulis menulis telah digunakan pada zaman peradaban Mesir Kunoyang kemudian menyebar keselurh Timur Tengah Sampai Romawi di Laut Tengah dan sampai pula menyebar luas sampai Seantero, Eropa.

Sejarah Perkembangan Kertas

Menurut dalam sejarah, kertas pertama kalinya ditemukan oleh orang yang berasal dari negara China pada tahun 101 Masehi, yang bernama Cai Lun (Ts’ai Lun) atau nama aslinya Cai Jungzhon. Tsai Lun adalah seorang kasim yang memegang jabatan Shang Fang Si, yang berarti bahwa dia seorang yang bertanggung jawab atas manufaktur intrumen dalam Imperial Court Kaisar Han Ho Ti. Cai Lun sendiri lahir didaerah Guiyang, namun sekarang nama wilayahnya adalah Provinsi Hunan pada tahun 50 Masehi.

Tsai Lun menggunakan empulur pohon murbei, serat bambu, dan kain untuk membuat kertas. Empulur dan serat dicampur dalam air dan dikeringkan dengan sehelai kain. Setelah kering, teciptalah permukaan untuk menulis yang ringan. Perlahan penggunaan kertas menyebar ke seluruh kerajaan.

Orang Cina sangat menjaga rahasia pembuatan kertas selama berabad-abad. Pada akhirnya, teknik pembuatan kertas menyebar luas ke negara Arab pada abad ke 8 dan negara Eropa pada akhir abad ke 14. Hal ini juga berkemudian mengubah secara drastis cara berkomunikasi dan menyimpan informasi.

Tapi sebelum dilakukannya teknik pembuatan kertas, adanya beberapa seni pembuatan kertas yang pertama kalinya dimulai oleh orang Mesir sekitar tahun 3.500 SM. Papyrus ini terbuat dari empulur tumbuhan papirus. Batang tanaman ini dipotong-potong menjadi tipis lalu direndam dalam air dengan sedikit kandungan gula. Setelah direndam kemudian dijadikan bubur, bubur ini dikeringkan sehingga menjadi lembaran papyrus. Jadi orang Mesir adalah orang pertama yang menemukan kertas.

Seiring dengan perkembangan zaman, pembuatan kertas terus mengalami penyempurnaan baik dalam hal penggunaan bahan mentah, proses pembuatan, maupun teknologi pembuatan. Setelah menyebar ke Negara Eropa pembuatan kertas tidak lagi dilakukan secara manual melainkan secara mekanis.

Pohon murbei bukan lagi satu-satunya bahan mentah kertas, sebab digunakan pula bahan-bahan mentah lainnya seperti rumput esparto, jerami, dan kayu. Dalam kaitannya dengan inovasi dalam proses pembuatan kertas dengan menggunakan mesin, kiranya perlu dicatat nama-nama penemu dan pengembang mesin pembuat kertas, seperti Nicolas Louis Robert dan St. Leger Didot dari Prancis (1798) serta Henry dan Sealy Fourdriner dari Inggris.

Di tahun 1799, seorang Prancis bernama Nicholas Louis Robert menemukan proses untuk membuat lembaran-lembaran kertas dalam satu wire screen yang bergerak, dengan melalui perbaikan-perbaikan alat yang dikenal sebagai mesin Fourdrinier. Mesin Silinder ditemukan oleh John Dickinson pada tahun 1809, yang telah menyebabkan meningkatnya penggunaan pada Mesin Fourdrinier dalam pembuatan kertas-kertass.

Pada tahun 1826, Steam cylinder untuk pertama kalinya digunakan dalam pengeringan dan pada tahun 1927 Amerika Serikat mulai menggunakan mesin Fourdrinier. Peningkatan produksi oleh mesin Fourdrinier dan mesin silinder telah menyebabkan meningkatnya kebutuhan bahan baku kain bekas yang makin lama makin berkurang.

Tahun 1814, Friedrich Gottlob Keller menemukan proses mekanik pembuatan “Pulp “(hasil pemisahan serat dari bahan bakumelalui proses pembuatan) dari kayu, tapi kualitas kertas yang dihasilkan masih rendah.

Sekitar tahun 1853 sampai tahun 1854, Charles Watt dan Hugh Burgess mengembangkan pembuatan kertas dengan menggunakan proses soda.

Tahun 1857, seorang kimiawan dari Amerika bernama Benjamin Chew Tilghman mendapatkan British Patent untuk proses sulfit.
Pulp yang dihasilkan dari proses sulfit ini bagus dan siap diputihkan. Proses kraft dihasilkan dari eksperimen dasar oleh Carl Dahl pada tahun 1884 di Danzig. Proses ini biasa disebut sebagai Proses Sulfat, karena Na2SO4 yang digunakan sebagai rias dari bahan kimia untuk sisa larutan pemasak.

Jenis-jenis Kertas

Dari banyaknya buku-buku yang sudah ditulis dan pastinya dengan jenis kertas yang berbeda-beda. Nah berikut ini adalah beberapa jenis-jenis kertas yang sudah beradar dan sering digunakan.

  • Kertas Kalkir

d

Kertas Kalkir hampir sama dengan kertas HVS yang biasanya dipakai untuk media sablon, namun tidak putih alias lebih gelap dan terlihat transparan seperti kertas habis kena tumpahan minyak.

  • Kertas HVS

f

Jenis kertas ini memiliki tekstur yang halus. Umumnya, kertas ini bisa digunakan untuk kertas fotocopy (Printer Deskjet), Laporan kerja, tugas sekolah, makalah, serta digunakan juga untuk media kertas untuk pembuatan buku. Kertas jenis ini juga memiliki beberapa ukuran, yaitu A4, F4 atau Folio dan ada juga Kertas HVS A3 70 Gr dan memiliki ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm.

  • Kertas Duplex (Coated)

g

Bahan duplex mudah dibedakan dari bahan lain, yakni sisi depan berwarna putih dan sisi belakang abu-abu. Jadi, yang dicetak hanya bagian dari satu sisinya. Bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan box karena harganya yang relatif murah dibandingkan bahan lainnya. Gramasi yang umum digunakan 250gr , 270gr , 310gr, 350gr, 400gr.

  • Art/Matt Paper

h

Bahan kertas untuk brosur dengan permukaan yang licin (art) atau semi doff (matt). Selain licin, produk cetak yang dihasilkan juga berkualitas bagus karena raster kertas halus. Gramasi yang umum digunakan 100g, 120gr, 150gr.

  • Art Carton

j

Bahan kertas ini sama seperti art paper, tetapi gramasi lebih tebal. Banyak digunakan untuk produk cetak, seperti: kartu nama, katalog, co profile, brosur, dan produk cetak lain yang membutuhkan kertas yang sedikit tebal. Umumnya setelah dicetak bahan ini dilaminasi (optional), supaya hasilnya lebih memuaskan. Gramasi yang umum digunakan 190g, 210gr , 230gr , 260gr , 310gr , 360gr.

  • Kertas Ivory

k

Bahan ivory ini hampir sama seperti art karton. Kedua sisinya sama putih, tetapi tidak seputih art karton. Yang membedakan, art karton dengan Ivory ialah art carton memiliki kedua sisi yang licin sementara ivory hanya satu sisi yang licin. Hampir sama dengan cwb, hanya cwb lebih halus. Bahan ini juga banyak digunakan untuk box cosmetic karena cukup tebal atau kokoh. Gramasi yang umum digunakan 210gr, 230gr, 250gr, 270gr, 300gr, dan 350gr.

  • CWb/Duplex Putih

l

Bahan sama seperti duplex, hanya bagian dalam berwarna putih sehingga kelihatan lebih bersih. Banyak digunakan untuk box makanan. Gramasi yang umum digunakan 230gr, 250gr, 300gr.

  • Karton BW

;

Kertas ini bertekstur halus, putih, dan memiliki ketebalan 220gr, 240gr, dan 250gr. Kertas ini biasa digunakan untuk Sertifikat, Kartu Iuran Bulanan, Map, Undangan dan lainnya . Kertas ini cocok untuk ditulis lewat pena seperti kertas HVS.

  • Samson Kraft

'

Kertas ini memiliki warna coklat muda, yang merupakan bahan hasil dari daur ulang, dan permukaannya kasar. Umumnya digunakan untuk kertas bungkus, namun karena memberi kesan klasik, bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan paperbag dan handtag (khususnya untuk distro jeans). Karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1 sampai 2 warna saja. Gramasi yang umum digunakan 150gr, 220gr (karton).

  • Corugated (Gelombang)

p

Sesuai namanya, Corugated merupakan karton yang bagian dalamnya berbentul bergelombang antara lain digunakan sebagai box mi instan. Jika dicetak, box ini umumnya ditempel lagi dengan menggunakan dupl. ex, kraft atau hvs. Jadi jika ingin dicetak full color, pencetakan dilakukan pada bahan lain kemudian ditempel. Ketebalan bahan ini dikategorikan menjadi B flute (gelombang besar ) dan E flute (gelombang kecil).

  • Jasmine

o

Bahan jasmine ini banyak digunakan untuk membuat undangan pernikahan dan kartu ucapan. Kertas ini bertekstur halus, licin, mengkilap, dan ada partikel emas dipermukaan kertas dan tersedia berbagai pilihan warna. Gramasinya umumnya cuma 2 ukuran tipis dan tebal.

  • Fancy Paper

i

Jenis kertas dengan beragam warna dan karakteristik. Umum digunakan untuk membuat undangan. Ada banyak jenisnya seperti millennium, jasmine, java emboss, Hawaii dan lain-lain. Gramaturnya juga cukup beragam mulai dari 80 gr, 100 gr, 220 gr, 300 gr.

  • Yellow Board

u

 

Jenis kertas ini cukup tebal, dan biasa digunakan untuk rangka dalam suatu undangan hard cover. Kertas ini tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapis dengan art paper atau dupleks. Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalannya, biasanya disebut YB 30 dan YB 40.

  • Book Paper

y

Kertas ini memiliki tekstur sedikit kasar cenderung halus, kekuningan, ringan dan tipis. Ketebalan kertas mulai 55 gsm, 70gsm, dan 90 gsm. Kertas ini kegunaannya khusus untuk buku yang sifat teks saja, karena untuk gambar kurang menghasilkan warna yang tajam karena warna kertasnya sendiri cenderung kekuningan. Kertas ini diciptakan agar membuat mata anda selalu nyaman berlama-lama dalam membaca buku.

  • Buffalo

t

Kertas ini halus, licin, dan memiliki tekstur seperti guratan kayu. Kertas ini biasa tebal digunakan untuk cover jilid, dan beberapa untuk map serta kartu iuran. Kertas ini juga memiliki banyak varian warna.

  • NCR

hh

Kertas ini bertekstur halus, tipis, dan memiliki partikel karbon. Kertas ini biasa digunakan pada Nota, Bon, Struk, Faktur, Surat Jalan dan lainnya. Kertas ini mudah ditulis dan bisa mengcopy pada kertas halaman kedua karena ada partikel karbonnya.

  • Stiker Cromo

kk

Kertas ini bertekstur lincin, halus, mengkilap, dan memiliki lapisan lem pada bagian permukaan belakang. Kertas ini biasa digunakan untuk media promosi yang ditempel pada tempat-tempat tertentu.

  • Stiker Vinyl

ii

Kertas ini hasil sintetis, dengan memiliki ciri-ciri yang licin, halus, mengkilap, lentur dan memiliki lapisan lem pada permukaan belakang. Kertas ini biasa digunakan pada bagian motor, mobil, helm, dan lainnya. Karena kertas ini biasa digunakan dalam otomotif karena tidak mudah sobek dan terkikis hujan dan panas seperti pada kertas umumnya.

Apa Saja Komponen Yang Terdapat Pada Pembuatan Kertas?

Pulp

Sebelum kita lebih lanjut dengan cara pembuatan kertas, berikut ada beberapa komponen yang terdapat pada pembuatan kertas antara lain sebagai berikut:

  • Bahan Baku

Bahan Baku adalah beberapa barang yang dapat dibuat menjadi sesuatu, atau barang yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu. Jadi, bahan baku dari kertas ialah Selulosa yang merupakan sebuah komponen utama pembuatan kertas. Bahan baku kertas juga banyak mengandung serat seperti: serat jerami padi, bamboo, tebu, rumput-rumputan, jute, manila, rosella, murbai, kapas, lena dan jenis tanaman-tanaman lainnya yang cukup banyak berada dialam.

Batang-batang kayupun bisa digunakan sebagai bahan baku. Namun, produk kertas yang terbuat dari bahan nonkayu saat ini masih dibuat, karena bahan jenis ini mempunyai keunggulan yakni lebih kuat dibandingkan dengan selulosa kayu. Kertas jenis ini dipergunakan sebagai kertas tulis, kertas penjilidan buku, kertas cetak biru, uang kertas, dan bahan lain ayng memerlukan kertas dengan ketahanan tinggi (Encyclopaedia Britanica, 1970).

  • Bahan Pembantu

Bahan pembantu adalah barang yang digunakan dalam proses produksi, tetapi bukan bagian dari bahan baku utama untuk pembuatan suatu produk tersebut. Ada empat jenis yang digunakan dalam pembuatan kertas. Bahan-bahan pembantu tersebut sebagai berikut:

  1. Air, diperlukan sebagi pelarut dan pencuci. Air sangat diperlukan dalam pembuatan kertas.
  2. Bahan pemutih, diperlukan untuk membuat kertas menjadi putih bersih sebab bahan baku kertas tidak berwarna. Bahan pemutih tersebut yaitu Hidrogen Peroksid, Natrium Peroksid, Natrium Bisufat dan Kalium Bisulfat.
  3. Bahan penghancur kayu, diperlukan untuk menghancurkan kayu tidak dengan cara mekanis tetapi bahan reaksi kimia. Bahan penghancur tersebut adalah Asam > Asam sulfat, Alkali > Sodium Hidroksid.
  4. Bahan pewarna, diperlukan apabila ingin membuat kertas-kertas berwarna.
  • Bahan Pelengkap

Bahan pelengkap (komplementer) merupakan bahan yang mempunyai nilai guna yaitu menambah nilai guna dari barang lain (melengkapi kegunaan barang lain). Ada dua macam bahan pelengkap yang dipergunakan dalam industri kertas. Bahan-bahan tersebut idalah:

1. Bahan Pengisi, bahan untuk menutup lubang-lubang halus pada permukaan kertas. Sehingga diperoleh kertas yang rata dan halus. Diantara bahan-bahan tersebut adalah:

  1. Kaolin
  2. Tanah Diatomea
  3. Gips
  4. Kapur Magnesit

2. Bahan perekat, bahan untuk mengikat serat atau selulosa kayu agar lebih kuat dan kokoh diantaranya:

  1. Perekat arpus
  2. Perekat hewani
  3. Perekat tepung kanji

“Yah, seperti itulah pembahasan mengenai Kertas yang setiap hari kita gunakan mulai dari dunia perkantoran, pendidikan dan sebaginya. Jadi, sekarang kamu sudah taukan apa saja bahan yang digunakan untuk membuat kertas? Dengan adanya artikel ini, mungkin bisa membantu kamu untuk lebih mengenal lagi apa itu kertas ya. Tunggu artikel selanjutnya okee???”