Ternyata Bagian Bumbu Dapur Mempunyai Manfaat Tersendirinya Lho

Berkumur dengan air garam telah di lakukan sejak jaman dahulu kala dan di percaya dapat mengatasi hampir seluruh masalah mulut. Garam yang telah di campurkan ke dalam air tidak boleh terlalu banyak, karena menggunakan garam berlebih justru dapat membahayakan tubuh. Garam memiliki kualitas alami untuk menghisap kelembapan dengan proses osmosis, membunuh bakteri, serta mengurangi rasa sakit. Manfaat kesehatan dari air garam di dasari pada sifat-sifat tersebut. Untuk mengetahui apa saja manfaat berkumur dengan air garam, mari kita simak pembahasan berikut ini yukk..

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam

Garam alami yaitu garam yang mengandung natrium klorida, dapat membatasi jumlah pertumbuhan bakteri dan dalam banyak makanan sekaligus menjaganya, karena garam menyerap molekul air. Bakteri membutuhkan kelembapan untuk tumbuh subur, sehingga tanpa air yang cukup mereka tidak bisa tumbuh dengan baik. Air asin tidak di anggap sebagai antibiotik, karena dia tetap menyediakan bakteri dengan air dan tidak membunuh bakteri dengan melakukan kontak langsung.

Namun, menurut pembahasan yang di terbitkan dalam British Dental Journal, bilasan air asin bermanfaat, karena garam dapat membuat basa dan meningkatkan pH di dalam mulut yang menghalangi perkembangan bakteri, karena hampir seluruh bakteri lebih memilih lingkungan asam untuk hidup. Selanjutnya, air garam bersifat isotonik dan tidak mengiritasi selaput lendir, dan itulah mengapa banyak dokter gigi menggunakan air asin hangat setelah melakukan prosedur gigi.

1. Mengatasi Radang Tenggorokan

Pada radang tenggorokan atau faringitis, berkumur dengan air garam dapat membuat rasa tidak nyaman di mulut terobati, meskipun hanya untuk sementara waktu. Air garam bekerja menggunakan metode osmosis, yang terkonsentrasi pada jaringan yang meradang dengan menyerap semua kadar air dan membantu meredakan rasa sakit. Pertumbuhan bakteri juga akan berhenti karena kurangnya kelembapan, dan akhirnya mati. Setelah itu, Anda akan mengalami peradangan yang mereda dan rasa lega. Masalah laringitis, tonsilitis, dan masalah tenggorokan lainnya juga dapat di atasi dengan berkumur air garam.

2. Meringankan Masalah Hidung

Berkumur dengan air garam juga dapat mempengaruhi rongga hidung, yaitu dengan cara menguras semua lendir dan menghilangkan infeksi bakteri. Cara kerja air garam pada hidung di lakukan dengan masuknya cairan pada kapiler darah, yang memungkinkan kapiler melebar. Itu semua menyebabkan pelepasan penumpukan lendir sehingga lendir mengalir keluar. Selain itu, masalah bronkitis akan berkurang, serta infeksi sinus dan alergi juga menghilang.

3. Mengatasi Masalah Bau Mulut (Halitosis)

Halitosis adalah istilah medis untuk bau mulut. Ini adalah kondisi yang dapat membuat setiap orang merasa tidak nyaman. Di sisi lain, kebersihan mulut yang buruk juga merupakan penyebab utama dalam banyak kasus. Namun jika Anda telah terkena masalah bau mulut yang parah, berkumur beberapa kali mungkin masih tetap tidak bisa mengalahkan halitosis.

4. Meringankan Gingivitis

Gingivitis adalah suatu kondisi yang di tandai dengan pembengkakan, peradangan, dan perdarahan gusi yang di sebabkan karena pertumbuhan bakteri yang secara alami melapisi gigi. Perkembangan bakteri membentuk lapisan lengket dan keputihan, yang disebut plak. Berkumur dengan air garam setiap hari dapat membantu mengobati gusi meradang, dan menghilangkan bakteri di gusi.

5. Mengatasi Masalah Pada Lidah

Lapisan putih yang terbentuk pada lidah dapat di hilangkan dengan kumur air garam. Bahkan, berkumur dengan air garam hangat dapat menyembuhkan luka bakar di lidah. Ini karena air garam dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan, perawatan harus di lakukan untuk menjaga kadar garam minimal, agar dapat menghindari sensasi terbakar.

6. Memutihkan Gigi

Apabila anda sering berkumur menggunakan air garam maka kebiasaan tersebut memiliki manfaat untuk memutih gigi secara alami karena air garam dapat mengurangi asam yang dapat mencegah gigi menjadi kuning akibat makanan atau minuman.

7. Menguatkan Gusi dan Melindungi Email Gigi

Apabila Anda ingin memiliki gusi yang kuat maka Anda harus rajin berkumur menggunakan air garam. Air garam memiliki kandungan natrium klorida, sedangkan 1,5% kandungan natrium klorida sudah bisa membunuh kuman, bakteri dan virus yang di dapatkan dari sisa makanan. Selain itu air garam mengandung flour dan pospor yang berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi serta dapat melindungi email gigi. Air garam bisa membuat otot menjadi lentur dan mengurangi rasa sakit pada otot.

8. Mencegah Timbulnya Rasa Ngilu

Bagi Anda yang sering merasakan ngilu akibat gigi sensitif, Anda perlu mencoba berkumur menggunakan air garam. Air garam dapat membantu membersihkan gigi tanpa merusak email gigi.

Cara Menggunakan Air Garam Untuk Berkumur

Ada beberapa variasi resep air garam untuk berkumur. Namun, Anda dapat menggunakan satu resep paling mudah dan sesuai dengan selera pribadi yang akan di jelaskan di bawah ini. Dan ingatlah untuk tidak membuatnya terlalu asin.

  • Menggunakan setengah sampai tiga per empat sendok teh garam yang di campur dengan satu gelas air hangat.
  • Setelah garam larut, teguk sedikit air dan kumur di sekitar gusi dan mulut. Lakukan ini selama 30 detik dan kemudian muntahkan semuanya.
  • Lakukan lagi hal tersebut untuk kedua kalinya dan ulangi selama 30 detik. Ini akan mengangkat potongan makanan yang menempel di celah gigi dan membunuh bakteri yang menyebabkan plak berlebih.
  • Kemudian sikatlah gigi dan gunakan benang gigi.
  • Beberapa merekomendasikan untuk menambahkan baking soda ke setengah sendok air garam yang di campur dengan air hangat. Ini juga dapat membantu memutihkan gigi Anda. Larutan lainnya yang dapat di gunakan dalam kombinasi dengan garam adalah hidrogen peroksida, minyak kelapa, sari lidah buaya, wijen, atau minyak bunga matahari.

Bagi Anda yang pernah menggunakan garam untuk berkumur-kumur tidak ada masalahnya. Justru menggunakan air garam bisa meredakan peradangan dalam tenggorokan atau bagian daerah mulut. Terima kasih.