Ternyata Sering Bermain Smartphone Akan Berdampak Buruk Pada Kesehatan Tubuh Anda

Pada zaman sekarang, anak-anak yang sering sekali menggunakan smarphone, bahkan di mainkan dengan jangka waktu yang lama sehingga anak menjadi malas untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Zaman modern ini memang baik untuk perubahan teknologi yang canggih, tetapi banyak sekali efek negatif yang di hasilkan terhadap anak-anak, dan teknologi yang di maksud adalah smartphone. Tetapi orang tua pada zaman sekarang meskipun sudah tahu dampak buruk dari smartphone tetap saja membelikan anaknya smartphone itu.

Pada era globalisasi yang terjadi pada saat ini tidak dapat kita pungkiri jika penyakit kanker sudah tidak asing bagi orang-orang yang awam pula. Dari seseorang yang berada sampai seseorang dengan keluarga yang tidak berada. Karena pada dasarnya kanker ini berawal dari pola hidup kita yang tidak baik. Lantas bagaimana dampak semarphone terhadap anak pada jaman sekarang?

Dampak Dari Smarthphone

  • Anak Akan Susah Tidur

Dampak buruk smartphone yaitu akan menimbulkan anak susah tidur karena hampir semua layar gadget mengeluarkan yang namanya blue light yang menyerupai cahaya pada siang hari. Cahaya tersebut dapat mengirimkan sinyal yang tidak baik untuk otak anak.

  • Anak Akan Kurang Bergerak

Sudah menjadi suatu kebiasaan anak untuk terus bergerak. Anak jaman dahulu selalu bermain dengan teman sebayanya, namun anak-anak zaman sekarang mereka teralu nyaman dengan gedgetnya dan mereka cenderung senang sekali bermain gadget duduk tanpa gerak sedikitpun fokus pada layar kaca gadget yang dia pegang. Dan akan memiliki dampak buruk bagi anak yang akan memperburuk pertumbuhan dan perkembangannya.

  • Anak Akan Mengalami Gangguan Pada Mata

Jika anak terlalu sering bermain gadget dan terus menerus akan menyebabkan mata menjadi buram, sering bahkan mejadi sering sakit kepala.

  • Anak Akan Mengalami Nyeri atau Sakit

Terlalu lama bermain gadget akan menyebabkan sakit pada beberapa bagian tubuh, seperti pada bahu, leher, punggung, tangan, dan bahkan jarinya. Sebagai orang tua yang baik ajarkan anak istirahat yang cukup dan jangan terlalu sering untuk mainnya gadget di rumah maupun luar rumah.

  • Konsentrasi Anak Menjadi Lemah

Akibat anak terlalu lama menggunakan gadget maka akan membuat seseorang sulit untuk berkonsentrasi dalam jangka waktu lama.

  • Kemampuan Anak Dalam Bersosialisasi Berkurang

Penggunaan gadget akan membuat anda tidak dapat bersosialisasi dengan teman atau lingkungan sekitar.

  • Memiliki Rasa Cemas yang Berlebihan

Apa bila anak sudah besar, Anda perlu mewaspadai akibat media sosial yang berada dalam gedgetnya tersebut karena dalam media sosial mempunyai pengetahuan yang luas dan mempunyai efek negatif dan efek positifnya.

  • Gangguan Mental Pada Anak

Rasanya memang tidak mungkin anak-anak yang masih sangat muda mengalami gangguan mental, tetapi berdasarkan study menyimpulkan bahwa penggunaan teknologi yang berlebihan akan berpotensi pada tingkap depresi anak.

  • Terkena Radiasi yang Berbahaya

Telfon seluler atau teknologi lainnya dapat mengeluarkan radiasi yang bisa berbahaya untuk kesehatan anak anda. Dan akan berdampak buruk bagi otak anak.

  • Tindakan Berkelanjutan Pada Anak

Anak-anak adalah masa depan kita. Tapi tidak ada masa depan anak anak dengan menggunakan teknologi yang canggih.

  • Kelainan Postur Tubuh

Biasanya gangguan arthritis serta penyakit degeneratif lainnya banyak di temui pada usia 40 sampai 50 tahun. Akan tetapi kini di temukan juga pada pengguna smartphone berusia muda akibat postur tubuh yang salah.

  • Mengganggu Pendengaran

Mendengarkan musik menggunakan headphone atau earphone memang asyik, apalagi kalo di tengah keramaian atau sambil mengendarai motor agar tidak bosan. Tapi ingat, mendengarkan musik dari smartphone menggunakan earphone dengan volume tinggi bisa mengakibatkan pendengaran terganggu.

  • Menghilangkan Memori

Apa yang pertama kali kamu lakukan saat bertemu teman? Foto. Saat akan makan? Foto. Dengan smartphone kamu jadi mudah mengabadikan berbagai momen berharga dalam sebuah bingkai foto, bahkan membagikannya ke Instagram, Facebook, Path, dan aplikasi media sosial lainnya pun bisa di lakukan dengan mudah. Namun telah di sadari atau tidak, kamu jadi bergantung dengan album yang kamu buat itu. Tanpa album foto tersebut, apakah kamu masih ingat bagaimana serunya melakukan hal tertentu bersama teman-teman?

  • Menyebabkan Kecanduan

Sudah bukan rahasia jika smartphone bisa menyebabkan kecanduan. Udah gitu kecanduan smartphone ini banyak banget dampak buruknya bagi diri pribadi dan lingkungan.

  • Menyebabkan Obesitas

Saking asyiknya chatting dan streaming YouTube atau main game, remaja sekarang sampe males berolahraga. Tidak harus yang mahal sampe pergi ke tempat fitness, olahraga bisa cukup dengan lari. Apalagi sekarang Spotify sudah ada di Indonesia, olahraga lari pun semakin seru dengan Spotify. Jadi ayo olahraga biar nggak kelebihan berat badan!

  • Penyakit Jantung dan Stroke Dini

Kata siapa penyakit jantung atau stroke hanya menyerang orang yang sudah berumur? Remaja yang sering memainkan smartphone sebelum tidur dan malas berolahraga pun berisiko terkena penyakit menyeramkan ini loh. Kurangnya istirahat karena terus-terusan menggunakan smartphone menyebabkan tekanan darah menjadi tidak stabil, di tambah dengan malas berolahraga akan semakin parah sehingga bisa mengakibatkan gagal jantung atau stroke.

  • Mengurangi Daya Tangkap Otak

Bukan hanya memengaruhi fisik, dampak buruk smartphone bagi remaja juga berakibat fatal pada otak. Meski belum ada bukti ilmiah tentang dampak radiasi smartphone terhadap otak manusia, namun smartphone bisa membuat daya nalar remaja menurun. Hal ini karena remaja yang sering menggunakan smartphone akan mengandalkan smartphone untuk melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan penalaran, yakni merekam percakapan, mencari apa-apa di Google, dan lainnya. Dampaknya otak tidak di latih untuk terbiasa mengingat sesuatu jika terus-menerus mengandalkan smartphone.

Bagi Anda yang memiliki hobi bermain gadget setiap hari, ketahuilah bahayanya. Jangan seenaknya saja main tapi tidak mengetahui dampaknya, itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Terima kasih.