Apa Penyebab Wanita Sering Mengalami Sakit Pada Bagian Panggul? Berikut Penjelasannya

Penyakit kista merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan kesehatan yang berbentuk seperti kantung yang biasanya terdapat berbagai bentuk cairan, lendir ataupun gas yang ada di dalamnya. Penyakit ini tidak hanya kepada wanita dewasa, akan tetapi gangguan ini juga dapat terjadi pada remaja.

Faktor penyebab terjadinya kista pada remaja disebabkan beberpa faktor diantaranya yaitu kantung telur atau yang disebut dengan folikel mengalami kegagalan, faktor genetik atau keturunan, pola hidup yang tidak sehat, kurang mengkonsumsi makanan berserat dan jarang melakukan aktivitas olahraga. Bagaimana bisa munculnya kista? Apa saja tanda dan gejalanya? Yuk mari kita simak..

Bagaimana Bisa Munculnya Kista?

Di dalam ruang panggul seorang wanita terdapat rahim yang diapit oleh dua ovarium. Ovarium adalah organ pembuat sel telur. Di dalam ovarium ada folikel, di dalam folikel inilah sel telur disimpan. Folikel ovarium juga mengeluarkan hormon yang memengaruhi tahapan siklus ovarium.

Setiap bulan, ada satu sel telur yang matang dan keluar dari ovarium menuju tuba falopi (saluran telur). Semua proses ini terjadi atas bantuan berbagai hormon, antara lain adalah  estrogen dan progesteron wanita.

Menurut Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan, kandungan, dan reproduksi di Yale University School of Medicine, jika folikel tidak melepas sel telur, folikel akan membesar dan berkembang menjadi kista folikel atau kista ovarium.

 Apa Saja Jenis, Tanda-tanda dan Gejala Kista?

2

Pada kasus organ internal, kista mungkin tidak menghasilkan gejala apapun jika berukuran kecil. Apabila kista membesar dan menggantikan atau menekan organ lain atau membatasi aliran cairan pada jaringan seperti hati, pankreas atau organ lain, maka gejala yang terkait dapat muncul.

Kista Payudara

  • Kista dapat di temukan pada salah satu atau kedua payudara.
  • Benjolan yang lembut, mudah di gerakkan, berbentuk bulat atau oval dengan tepi yang jelas.
  • Puting susu dapat terlihat bening, kuning atau cokelat tua.
  • Nyeri pada area benjolan.
  • Bertambahnya ukuran benjolan dan nyeri sebelum periode menstruasi.
  • Penurunan ukuran benjolan dan resolusi gejala lain setelah periode menstruasi.

Kista Kulit

  • Benjolan kecil dan bulat di bawah kulit, biasanya pada wajah, tubuh atau leher.
  • Komedo yang menyumbat pembukaan kista.
  • Zat kental, kuning, berbau busuk yang kadang keluar dari kista.
  • Kemerahan, pembengkakan dan nyeri pada area, jika meradang atau terinfeksi.

Kista Indung Telur

  • Nyeri ringan yang menyebar ke punggung bawah dan paha. Nyeri sebelum periode menstruasi mulai, sebelum berakhir atau saat berhubungan intim (dyspareunia).
  • Nyeri saat buang air besar atau tekanan pada usus.
  • Mual, muntah atau nyeri pada payudara yang terasa selama kehamilan.
  • Terasa penuh atau berat pada perut.
  • Tekanan pada kemih yang membuat Anda sering buang air kecil atau kesulitan mengosongkan kemih secara sempurna.

Ciri-ciri Terjadinya Kista Pada Remaja

Mentruasi Tidak Lancar

Setiap wanita tentunya memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Pada umumnya siklus wanita setiap bulan 28 sampai 30 hari. Akan tetapi memang ada wanita yang terkadang mengalami siklus haid pendek kurang dari 28 hari dan mengalami siklus panjang lebih dari 30 hari. Apabila Anda sering mengalami haid yang tidak lancar maka sesekali Anda perlu memeriksakannya ke dokter untuk memastikan kondisi Anda. Jika Anda tidak memiliki waktu, maka mulailah gaya hidup sehat. Menstruasi yang tidak lancar salah satu ciri-ciri terjadinya kista pada remaja.

Sakit Saat Menstruasi dan Setelahnya

Pada saat haid (menstruasi) maka terjadinya peluruhan sel telur yang tidak di buahi oleh sperma hal ini di pengaruhi oleh hormon estrogen dan hormon progesteron. Proses meluruhnya darah haid di bantu oleh kontraksi alami di dalam tubuh sehingga kontraksi tersebut dan perubahan hormon terkadang membuat Anda terasa sakit pada saat haid hal ini wajar dan disebut dengan dismenore. Akan tetapi apabila anda mengalami dismenore pada saat haid yang membuat anda tidak bisa melakukan aktivitas bahkan sampai menimbulkan pingsan hal ini harus anda waspadai bisa jadi ini merupakan ciri terjadinya kista. Segera pergi ke dokter untuk memastikan keadaanya.

Nyeri Pada Tulang Panggul

Apabila Anda mengalami rasa sakit atau nyeri di daerah panggul perlu anda waspadai bisa jadi itu suatu ciri-ciri atau tanda gejala tejadinya kista. Akan tetapi anda jangan gegabah mulailah gaya hidup sehat. Jika hal ini tidak bisa di atasi lakukan pemeriksaan oleh dokter untuk memastikan keluhan yang Anda rasakan.

Sering BAK (Buang Air Kecil)

Jika anda merasa ingin kencing dan berulang kali bisa jadi itu adalah suatu tanda gejala atau ciri-ciri terjadinya kista. Alesannya karena pertumbuhan kista mengurangi volume kandung kemih dan akan menekan kandung kemih sehingga anda akan cepat merasa ingin BAK.

Merasa Cepat Kenyang

Apabila Anda makan sedikit akan tetapi cepat merasa kenyang hal ini bisa jadi salah satu ciri-ciri terjadinya kista pada remaja. pertumbuhan kista yang semakin besar akan menyebabkan usus menjadi terdesak. Lakukan pemeriksaan dokter jika hal ini sering dan selalu anda alami.

Limbung dan Pusing

Ketidaknyamanan ini menjadi salah satu tanda adanya kista. Apabila Anda mengalami beberapa ciri-ciri di atas yang di sertai dengan limbung atau pusing hal ini menandakan bahwa pertumbuhan kista semakin besar.

Bagi Anda yang suka setiap makan langsung golek-golek atau langsung tidur, maka hati-hatilah akan resiko yang terjadi nanti.