Khasiat Lidah Buaya Untuk Tubuh

lidah-buaya

Lidah buaya(Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika serta sebagai bahan makanan dan minuman untuk kesehatan. Secara umum lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker dan penderita HIV/AIDS.

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti insulin beta dan substrat1, fosfatidil inositol 3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Di negara-negara Amerika, Australia dan Eropa, saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan. Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino.

Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Aloe vera juga mengandung asam folik yang melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh yang seringkali terefleksi pada kulit.Dengan beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, pemanfaatannya kurang optimal oleh masyarakat yang hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari lidah buaya untuk kesehatan kita:

1. Melakukan Detoksifikasi atau Pengeluaran Racun dalam Tubuh

Manfaat dari protein yang ada di dalam lidah buaya adalah untuk menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Racun-racun ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi lidah buaya sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun. Konsumsi lidah buaya dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

2. Membantu pencernaan

Lidah buaya sangat bermanfaat bagi manusia untuk setiap umur. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu proses pencernaan. Lidah buaya dapat membantu fungsi usus untuk menyerap protein dalam makanan dan meminimalisir kebiasaan sering mulas. Konsumsilah lidah buaya secara rutin sebagai obat pencernaan sehari-hari.

3. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Kandungan nutrisi dalam lidah buaya dapat membantu mencegah inflamasi dan juga menurunkan tekanan darah. Selain itu, ekstrak dari lidah buaya yang disuntikkan ke dalam darah dapat meningkatkan kemampuan sel darah merah untuk terdifusi dan mentransportasi oksigen. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengonsumsi lidah buaya sangatlah kecil. Dan kesehatan kardiovaskular pun dapat terjaga.

4. Mengurangi Berat Badan

Lidah buaya merupakan buah yang tinggi akan protein. Sehingga kandungan protein dalam lidah buaya membuat lidah buaya sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak serta karbohidratnya tidak akan mengganggu program diet Anda. Selain itu, kandungan serat pada lidah buaya pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan membuat Anda lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, konsumsilah lidah buaya sebagai bagian dari program diet. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus lidah buaya.

5. Baik dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, lidah buaya dapat memembantu mengatur kadar gula darah akibat kandungan 3 senyawa penting didalamnya. Tiga senyawa dalam lidah buaya yang mampu membantu penyakit diabetes adalah lektin, mannans dan anthraquinones. Oleh karena itu, lidah buaya sangatlah dianjurkan dikonsumsi dalam bentuk jus oleh penderita diabetes.

6. Menyembuhkan Luka

Lidah buaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja membangun jaringan baru di jaringan kulit yang mengalami luka. Anda cukup mengeluarkan gel lidah buaya dengan memotong lidah buaya menjadi dua bagian. Oleskan gel tersebut ke bagian kulit yang mengalami luka. Luka-luka yang dapat Anda obati dengan lidah buaya antara lain adalah luka bakar, luka gigitan serangga dan luka terpotong.

7. Mencegah Peradangan

Peradangan dapat terjadi di beberapa organ tubuh. Misalnya pada sel ataupun tulang. Kandungan vitamin, serat, mineral dan 12 zat lainnya pada lidah buaya dapat mencegah peradangan tersebut terjadi. Sehingga konsumsilah lidah buaya untuk menghadapi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

8. Melebatkan Rambut

Lidah buaya sudah diketahui oleh umum sebagai salah satu bahan dasar dalam berbagai jenis shampoo. Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut adalah meningkatkan pertumbuhannya sehingga rambut menjadi lebih lebat. Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang mampu membuang sel kulit mati yang menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu, alkalisasi dari lidah buaya juga dapat membuat kadar pH rambut menjadi lebih baik dan normal sehingga rambut pun dapat tumbuh lebih lebat.

9. Menjaga Kelembaban Kulit Tubuh

Gel lidah buaya yang ditempelkan pada seluruh permukaan kulit tubuh seperti lulur akan memberikan manfaat yang sangat baik. Penggunaan lulur lidah buaya secara rutin dapat menjaga kulit tetap lembab dan tidak kering. Kondisi kulit yang lembab akan mampu menangkal sinar matahari yang menyengat kulit. Oleh karena itu, salah satu manfaat lidah buaya adalah untuk menjaga kelembaban kulit.

10. Menjaga Kelembaban Wajah

Gel lidah buaya yang ditempelkan pada seluruh permukaan kulit wajah seperti masker akan memberikan manfaat yang sangat baik. Penggunaan masker lidah buaya secara rutin dapat menjaga kulit wajah tetap lembab dan kencang. Kondisi kulit wajah yang lembab akan mampu menjaga wajah semakin bersinar.

Demikianlah tadi kandungan nutrisi lidah buaya dan manfaat yang dapat dirasakan oleh manusia dari lidah buaya. Penggunaan lidah buaya untuk mengatasi masalah-masalah manusia sangatlah aman dan tidak menimbulkan resiko yang membahayakan. Semoga dapat bermanfaat dan membantu memenuhi kebutuhan Anda akan informasi.

Good Luck 🙂