Nutrisi Yang Dibutuhkan Ketika Mengalami Patah Tulang

Ketika mengalami patah tulang, kebanyakan orang langsung membawanya ke dokter ataupun ahli pijat. Proses pemulihan cedera lumayan cukup lama dan di butuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Namun, perlu Anda ketahui ada beberapa makanan yang juga dapat mempercepat penyembuhan dari kondisi patah tulang. Di bawah ini merupakan beberapa jenis makanan untuk mempercepat penyembuhan patah tulang, di antaranya:

Nutrisi Yang Diperlukan Dalam Penyembuhan Patah Tulang

patah tulang

1. Kalsium

Bukan rahasia lagi bahwa kalsium adalah salah satu nutrisi yang di butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Begitu juga ketika seseorang mengalami patah tulang. Mengonsumsi kalsium yang cukup adalah hal terpenting untuk menyembuhkan patah tulang. Dokter James Balch dan Mark Strengler, penulis Prescription for Natural Cures merekomendasikan pasien patah tulang untuk mengonsumsi suplemen kalsium hingga 500 sampai 600 miligram setiap hari.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti susu, kedelai, pisang, yogurt, tahu, tempe, dan lainnya juga bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium pasien. Beberapa sayuran seperti brokoli, kale, dan sayuran lobak juga kaya akan nutrisi dan bisa dikonsumsi untuk menambah asupan kalsium setiap hari.

2. Vitamin D

Vitamin D memiliki peran penting untuk menyerap kalsium ke dalam darah dan tulang. Tanpa vitamin D yang cukup, kalsium yang ada dalam makanan dan suplemen akan sulit masuk dan di serap tubuh, sehingga hanya akan berakhir sia-sia. Untuk itu, sangat penting memenuhi asupan vitamin D di barengi dengan kalsium.

Cara mudah mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi yang belum panas. Sinar matahari mengandung banyak vitamin D. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga bisa di dapatkan melalui kuning telur, minyak ikan, atau daging ikan seperti salmon, sarden, tuna, dan lainnya. Setidaknya seseorang harus mengonsumsi sekitar 400 sampai 800 unit vitamin D sehari.

3. Vitamin K

Dalam artikel yang di tulis pada tahun 2012, ahli tulang di Florida menjelaskan pentingnya vitamin K untuk kesehatan tulang. Vitamin K memberikan peran penting bagi penyembuhan patah tulang. Hal ini karena vitamin K bertugas untuk memperkuat osteocalcin, komponen protein pada tulang, tanpa meningkatkan jumlah mineral dalam tulang. Proses ini akan membantu penyembuhan patah tulang dengan lebih cepat dan menurunkan risiko tulang retak.

Vitamin K bisa di dapatkan melalui sayur-sayuran seperti brokoli, kembang kol, ikan, hati, daging, dan telur. Setidaknya sehari pria membutuhkan 120 mikrogram vitamin K dan wanita membutuhkan 90 mikrogram. Meski begitu, untuk pasien patah tulang peneliti menyarankan untuk mengonsumsi vitamin K 20 persen lebih banyak dari kebutuhan orang normal sehari-hari.

4. Nutrisi lainnya

Nutrisi lainnya yang di butuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan patah tulang adalah boron dan silica. Dua nutrisi ini akan meningkatkan penyerapan kalsium dalam darah dan tulang. Selain itu, ada juga nutrisi lain yang meningkatkan penyerapan kalsium seperti vitamin C dan magnesium. Vitamin C membantu produksi kolagen yang di butuhkan untuk proses penyembuhan tulang.

Makanan Mempercepat Proses Penyembuhan Patah Tulang

  • Susu

Berdasarkan penelitian, medis menyatakan bahwa susu merupakan jenis minuman yang banyak mengandung protein. Protein berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas dan membawa tubuh anda dalam proses penyembuhan diri. Selain itu susu memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit patah tulang dan juga memperkuat tulang. Sebaiknya Anda memilih susu yang tidak mengandung lemak. Apabila anda tidak menyukai susu murni anda bisa mencampurkan susu dengan berbagai jenis jus buah.

  • Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin K yang berfungsi untuk membantu membangun masa tulang. Selain itu, brokoli juga dapat di jadikan obat tradisional untuk menyembuhkan patah tulang, karena brokoli dapat meningkatkan proses mineralisasi pada tulang.

  • Jeruk

Rasa sakit yang Anda rasakan apabila mengalami patah tulang mungkin akan beresiko mengalami peradangan. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang dapat menyembuhkan patah tulang dan juga mencegah terjadinya peradangan. Selain itu vitamin C tersebut dapat di gunakan sebagai analgetik untuk mengurangi rasa nyeri.

  • Yogurt

Yogurt merupakan jenis minuman yang menyegarkan. Yogurt memiliki kandungan asam amino berupa lisin dan glutama, kedua kandungan tersebut berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium. Selain itu yogurt juga memiliki kandungan protein dan fosfor yang berfungsi untuk meningkatkan penyembuhan patah tulang.

  • Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen yang baik untuk kulit anda. Selain itu tomat juga dapat membangun kembali jaringan pada tulang. Sehingga tomat dapat di jadikan sebagai obat tradisional untuk mempercepat pemulihan penyakit patah tulang. Jenis sayuran tersebut mudah di dapat dan mudah untuk di olah. Sebaiknya campurkan tomat dengan menu makanan sehari-hari agar tulang dan gigi Anda menjadi kuat serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Telur

Telur memiliki kandungan vitamin D sekitar 6%. Selain itu telur juga memiliki kandungan protein. Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk membantu proses penyembuhan patah tulang.

  • Bayam

Bayam memiliki kandungan vitamin A, zat besi yang baik untuk kesehatan. Selain itu bayam mengandung zat kimia seng yang berfungsi untuk menyembuhkan patah tulang. Sekitar 25% kandungan kalsium dalam satu cangkir bayam yang Anda masak.

  • Biji Labu

Sama halnya dengan bayam, biji labu juga memiliki kandungan seng yang berguna dalam proses penyembuhan patah tulang.

  • Sawi Hijau

Sawi hijau kaya akan kandungan kalsium. Selain itu sawi hijau juga memiliki kandungan seng yang sama seperti halnya bayam

  • Ikan Salmon

Salmon di kenal akan kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu ikan salmon sekitar 3 ons sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin D 100%. Vitamin D dapat membantu dalam proses penyembuhan patah tulang.

  • Keju

Keju memiliki kandungan kalsium yang baik untuk pemulihan patah tulang. Keju rata-rata memiliki kandungan sedikit vitamin D namun hal ini tidak cukup untuk memenuhi kebutan kalsium.

  • Ikan Sarden

Selain itu jenis makanan yang baik untuk di konsumsi untuk menyembuhan patah tulang diantaranya ikan sarden, ikan tuna, ikan tongkol, dan sereal. Jenis makanan tersebut dapat anda gunakan untuk mendukung penyembuhan patah tulang yang di barengi dengan obat-obatan yang diberikan dokter.

Bagi kamu yang sedang mengalami patah tulang dibagian manapun, cobalah mulai dari sekarang mengkonsumsi makanan yang sehat. Semoga makanan yang diketahui bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan. Terima kasih.