Penyebab Terjadinya Kegemukan

Apa kalian tahu beberapa faktor yang menyebabkan kegemukan?!

Kegemukan terjadi karena jumlah kalori yang dikonsumsi lebih besar daripada yang digunakan, kegemukan timbul akibat kalori yang tidak digunakan, ditimbun dalam tubuh sebagai lemak. Kegemukan yang terjadi waktu kecil disebabkan oleh jumlah sel lemak yang bertambah banyak. Jumlah sel lemak yang bertambah banyak sewaktu kecil tidak berubah walau sudah dewasa, sehingga orang yang mengalami kegemukan dari kecil berpeluang besar mengalami kegemukan ketika dewasa, sedangkan kegemukan yang terjadi ketika dewasa disebabkan oleh sel lemak yang bertambah besar.

Penyebab kalori tinggi yaitu dengan makan-makanan seperti cokelat, es krim, permen, pizza, minuman berkarbonat (bersoda), ayam goreng, hamburger, kentang goreng dan cemilan kemasan setelah memakan kalori yang banyak dan tidak melakukan olahraga yang membuat lemak tertimbun di dalam tubuh kita.

Ada Beberapa Faktor Penyebab Kegemukan :

1. Keturunan

gemuk karena keturunan atau gaya hidup

Kegemukan genetika adalah kegemukan yang didapat sejak lahir. Kemampuan menyerap lemak lebih cepat dibanding orang lain, sedikit saja lalai, mudah sekali menjadi gemuk. Jika kedua orang tua mengalami kegemukan kemungkinan anaknya mengalami kegemukan 80%. Tapi, kalau hanya Ibu atau ayah yang mengalami hal itu, kemungkinan anaknya mengalami kegemukan sebesar 50%. Kebanyakan orang yang sudah gemuk dari kecil dan jika mereka tidak menjaga pola makan dan olahraga secukupnya setelah dewasapun mereka akan terus gemuk.

2. Porsi dan Jenis Makanan

makangila (1)

Kegemukan terjadi bila kita mengonsumsi kalori lebih dari yang diperlukan atau bila memakan-makanan manis dan berminyak.

3. Kebiasaan Buruk

Kegemukan yang diperolah tidak terlihat tapi muncul stress, kurang olahraga dan kebiasaan hidup yang salah. Jika lebih merawat tubuh, bisa lebih mudah menurunkan berat badan daripada kegemukan genetika. Untuk menghindarinya cukup dengan menghindari snack dan berolahraga secara teratur. Kebiasaan menunda makan atau makan dengan tidak teratur, serta duduk lama di depan TV atau komputer dapat menimbulkan kegemukan.

4. Masalah Emosi

Stress

Jika sedang stres, kebanyakan orang melampiaskannya dengan banyak makan, sehingga membuat tubuh menjadi gemuk. Banyak orang yang gemuk menjadi hilang percaya diri dan sering menyendiri. Jika ini selalu terjadi, lambat laun stres menumpuk dan orang tersebut mulai mengemil dan jarang bergerak. Jika terus terusan seperti itu, maka akan menambah berat badannya.

Jika stres, lebih baik berceritalah dengan teman atau olahragalah untuk menghilangkan stres tersebut, meminum obat anti depresi menjadi salah satu penyebab pertambahan berat badan karena penderitanya lebih memilih untuk tidak aktif dan berdiam diri di rumah. Namun sayangnya, obat-obatan untuk menangani depresi dapat menyebabkan berat tubuh meningkat juga. Tapi ada juga sebagian penderita yang nafsu makannya kembali karena suasana hatinya telah lebih baik dan bukan karena efek samping antidepresan.

5. Penyakit Sistem Saraf Pusat

Jika kita memiliki penyakit yang berhubungan dengan pikiran atau hormon. Kita dapat mengalami kegemukan seperti :

  • Hipotiroidisme: adalah kondisi saat tubuh tidak memproduksi hormon tiroid secara mencukupi. Kondisi ini menyebabkan pertambahan berat badan akibat melambatnya metabolisme tubuh.
  • Sindrom Cushing: terjadi ketika kelenjar adrenal memproduksi terlalu banyak hormon stres, seperti kortisol atau pada orang yang mengkonsumsi steroid untuk pengobatan penyakit lupus, artritis atau asma. Pertambahan berat badan terutama dapat terlihat pada wajah, punggung bagian atas, leher dan pinggang.
  • Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK): wanita pengidap sindrom ini umumnya memiliki banyak kista kecil dalam organ reproduksinya. Wanita dalam kondisi ini memiliki resistensi terhadap hormon yang berperan mengontrol kadar gula darah (insulin) sehingga menyebabkan pertambahan berat badan yang umumnya berpusat di bagian perut.

6. Melakukan Diet yang Ekstrim

Diet yang ekstrim dengan tujuan menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu yang singkat merupakan cara yang tidak efektif. Cara ini tidak melatih tubuh untuk membakar kalori berjumlah banyak dalam jangka panjang. Akibatnya, makanan yang Anda konsumsi tidak akan terbakar sepenuhnya dan dampaknya berat tubuh justru kembali naik dengan cepat

7. Kurang Tidur

beautiful legs in spa

Ada beberapa hal yang membuat kurangnya waktu tidur berhubungan erat dengan pertambahan berat badan, yaitu:

  • Saat Anda kurang tidur, terjadi peningkatan kadar hormon dalam tubuh yang bisa meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan.
  • Tidur larut malam membuat Anda berpeluang lebih besar untuk mengkonsumsi makanan ringan di malam hari sehingga menambah timbunan kalori di dalam tubuh.
  • Kurang tidur membuat Anda cenderung memilih sembarang makanan seperti goreng-gorengan daripada cemilan sehat seperti buah.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan kegemukan yang mungkin kalian termasuk kedalam salah satu faktor di atas.