Ternyata Sumsum Tulang Memiliki Nutrisi Yang Baik Buat Kesehatan

Selain teksturnya yang lebih kental dan cita rasa yang lebih gurih, kaldu tulang juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk Anda lewatkan. Apa saja? Penasaran? Yuk mari kita simak ulasan berikut ini..

Pengertian Dari Sumsum Tulang

Sumsum tulang adalah kelas jaringan khas yang mengisi inti tulang yang lebih besar pada manusia dan hewan lainnya. Berbeda dengan jaringan keras, atau kompak, yang membentuk kulit luar dari tulang, sumsum memiliki tekstur lunak seperti spons. Sumsum tulang melayani fungsi aktif dalam tubuh dengan memproduksi ketiga jenis sel darah, serta limfosit, yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

Transplantasi sering dilakukan pada pasien yang memiliki sumsum telah menjadi sakit. Selain itu, sumsum merupakan sumber utama dari sel induk, yang dapat di panen untuk perawatan medis tertentu. Kaya nutrisi, sumsum tulang bahkan menjadi sumber makanan yang sangat diinginkan untuk hewan serta manusia dalam berbagai budaya.

Jenis Sumsum Tulang

Ada dua kategori sumsum tulang, yaitu sumsum tulang kuning dan sumsum tulang merah. Jenis kuning sebagian besar mengandung lemak dan berfungsi untuk memberikan makanan dan memelihara lingkungan yang benar untuk tulang dapat berfungsi.

  • Sumsum tulang kuning cenderung berada di rongga paling tengah tulang panjang, dan umumnya di kelilingi oleh lapisan sumsum merah.
  • Sumsum merah terlibat langsung dalam produksi sel. Saat bertambahnya usia jumlah sumsum merah cenderung menyusut sementara jumlah sumsum kuning meningkat, tetapi cenderung memiliki konsentrasi terkuat di tulang pipih seperti tulang dada atau ilium.

Manfaat Kaldu Tulang Untuk Kesehatan Tubuh

Secara garis besar, kaldu tulang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Inilah sebabnya beberapa tahun belakangan muncul tren kaldu tulang sebagai minuman sehat di beberapa kota di Amerika. Memang apa saja manfaatnya?

1. Melindungi Usus dan Menyembuhkan Penyakit Usus

Mengonsumsi secangkir kaldu tulang setiap hari dapat membantu melindungi kesehatan usus dan bahkan di percaya mampu meredakan sakitnya radang usus buntu yang pecah.

Pasalnya, gelatin yang terkandung pada tulang dapat memperbaiki lapisan usus dan mengurangi peradangan. Selain itu, minum kaldu tulang juga dapat membantu meredakan diare kronis, sembelit, dan intoleransi makanan tertentu.

2. Melindungi Persendian

Mengonsumsi suplemen yang mengandung glukosamin telah lama di gunakan sebagai cara utama mengobati nyeri sendi. Namun ternyata, kaldu tulang juga mengandung glukosamin. Kondroitin sulfat yang di temukan pada tulang rawan dapat membantu melindungi persendian Anda. Salah satunya adalah membantu mencegah osteoarthritis.

3. Membuat Awet Muda

Kolagen adalah protein yang terdapat dalam tubuh yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda. Tanpa kolagen, kulit Anda secara bertahap akan kehilangan elastisitas dan cenderung kusam. Maka dengan kata lain, Anda akan terlihat lebih tua.

Kabar baiknya, kaldu tulang mengandung kolagen sehingga dapat meningkatkan elastisitas dan mengencangkan kulit Anda. Hal ini berarti kaldu tulang bisa menjadi obat untuk mencegah penuaan kulit.

4. Tidur Malam Lebih Nyenyak

Periset menemukan bahwa kandungan glisin pada tulang dapat memperbaiki pola tidur Anda. Glisin dapat membantu melebarkan pembuluh darah kecil di otak sehingga dapat memperbaiki sirkulasi darah dalam otak. Selain itu, glisin juga menimbulkan sensasi relaksasi dan penurunan stres serta kecemasan. Hal inilah yang menyebabkan tidur Anda menjadi lebih pulas.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tahukah Anda bahwa kaldu yang terdapat pada tulang termasuk salah satu makanan super yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda? Pasalnya, tulang mengandung kadar mineral tinggi yang berkaitan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Saat Anda merebus tulang, kandungan fosfor, magnesium, dan kalsium di dalamnya akan meresap ke dalam cairan kaldu. Zat-zat ini mudah di serap oleh tubuh dan memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda, termasuk meminimalisir risiko osteoporosis.

7. Sumber Kebugaran Tubuh

Kaldu tulang yang Anda minum dapat membantu memasok asam amino sebagai bentuk protein hewani yang terkandung dalam tulang. Asam amino ini penting untuk pemulihan dan meningkatkan energi pada otot. Dua hal inilah yang memegang peran penting untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

8. Mudah Dicerna oleh Penderita Masalah Pencernaan

Bukan sebuah rahasia jika daging yang berasal dari hewan pemakan rumput memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sayangnya, ada orang-orang yang memiliki masalah dalam mencerna daging merah yang kaya akan lemak sehingga sulit mengonsumsi daging merah. Terlebih, daging merah merupakan makanan yang paling lama tercerna dalam tubuh karena membutuhkan waktu hingga 12 jam.

Mengonsumsi kaldu dari tulang hewan pemakan rumput dapat menjadi alternatif bagi orang-orang yang memiliki masalah pencernaan tersebut. Selain lebih mudah dicerna, kaldu tulang juga masih menyimpan banyak kebaikan seperti daging hewan pemakan rumput. Kaldu tulang, misalnya, merupakan makanan yang sangat baik untuk membantu orang-orang yang kekurangan zat besi.

9. Menjaga Kesehatan Usus

Kaldu tulang mengandung asam amino L-Glutamine dan gelatin. Asam amino L-Glutamin memiliki fungsi untuk memperbaiki otot dan menyembuhkan jaringan usus. Oleh karena itu, Gut and Psychology Syndrome (GAPS) Diet yang di dirikan oleh Dr. Sidney Valentine Haas dan berfokus pada perbaikan usus juga memperkenalkan kaldu tulang sebagai menu diet untuk menyembuhkan masalah usus.

10. Pengganti Elektrolit

Untuk mengganti elektrolit yang hilang, banyak orang memilih minuman berenergi atau minuman dioralyte kemasan sebagai alternatif penambah elektrolit. Padahal, mengonsumsi kaldu tulang dapat menjadi alternatif mengganti elektrolit yang hilang dalam tubuh dengan lebih sehat di bandingkan minuman kemasan. Kaldu tulang memberi manfaat yang sama baiknya seperti air kelapa murni dalam mengganti elektrolit tubuh yang hilang.

Cara Membuat Kaldu Tulang 

Cara terbaik untuk membuat kaldu tulang adalah dengan mengambil bagian tulang yang paling tebal, seperti pada buku-buku jari, leher, ekor, dan persendian lainnya. Cara pembuatannya pun cukup mudah, yaitu dengan memasukkan tulang ke dalam panci, kemudian tambahkan sayur-sayuran dan rempah-rempah. Selanjutnya, tambahkan air secukupnya dan rebus selama 24 jam.

Lantas, Bagaimana Dengan Cara Untuk Mengonsumsinya?

Ada tiga alternatif yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Di minum langsung
  • Dibekukan untuk digunakan nanti. Tuangkan kaldu tulang ke dalam cetakan es batu dan bekukan. Panaskan saat Anda ingin menggunakannya.
  • Di buat sup

Bagi Anda yang menyukai kaldu dari tulang hewan apa lagi sudah di olah berbentuk makanan, pasti rasanya akan semakin sedap. Kaldu dari tulang apa pun sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda loh..