7 Film Horror Ini Ternyata “Asli Kejadian” Bukan Cuma Rekayasa

Siapa disini yang suka dengan film horor? Tentunya banyak diantara kita yang menyukai film horor. Secara banyak kejutan-kejutan yang suka bikin heboh sendiri pas nonton. Jangankan cewek, cowok aja kadang teriak kalau liat penampakan tiba-tiba.

Film horor adalah film yang berusaha untuk memancing emosi berupa ketakutan dan rasa ngeri dari penontonnya. Alur cerita mereka sering melibatkan tema-tema kematian, supranatural atau penyakit mental. Banyak cerita film horor yang berpusat pada sebuah tokoh antagonis tertentu yang jahat.

Latar Belakang

Sebelum Perang Dunia II, film horor sebagian besar dibuat berdasarkan dari karya-karya sastra klasik bertema gotik/horor dari negara-negara Barat, seperti Drakula (1931), Frankenstein (1931), The Phantom of the Opera (1925), dan Dr Jekyll and Mr. Hyde (1941).

Dalam dunia perfilman yang lebih baru, film horor sering menarik inspirasi dari kegelisahan hidup yang timbul setelah Perang Dunia II, sehingga terciptalah tiga sub-ragam yang berbeda namun saling berhubungan di Amerika Serikat di mana industri film horor berkembang sangat pesat. Ketiga sub-ragam tersebut adalah horor-kepribadian seperti film Psycho (1960), horor-kiamat seperti film Invasion of The Body Snatchers (1956), dan horor-setan seperti film The Exorcist (1973). Dari sudut pandang industri film horor Amerika, sub-ragam yang terakhir dapat dilihat sebagai transisi modern dari film horor lama, di mana penekanan pada agen-agen supranatural yang membawa kengerian bagi dunia semakin diutamakan.

Film horor umumnya telah diasosiasikan dengan kekerasan, anggaran yang rendah (B film), dan eksploitasi. Namun nyatanya banyak sutradara film dari Amerika yang terkenal dan dihormati seperti Alfred Hitchcock, Roman Polanski, Stanley Kubrick, John Carpenter, William Friedkin, Richard Donner, dan Francis Ford Coppola telah menggarap setidaknya satu judul film dalam ragam yang unik ini. Para kritikus film horor kebanyakan menganalisa film ragam ini dari sudut pandang teori ragam dan teori auteur.

Beberapa film horor memasukkan unsur-unsur ragam lain seperti fiksi ilmiah, fantasi, mockumentary, komedi hitam, dan cerita getaran, yang menciptakan sebuah perpaduan atau sub-ragam yang baru.

Pada tahu nggak kalau film horror yang selama ini kamu tonton bisa jadi berdasarkan kisah nyata lho guys? Iya kisah nyata alias bener-bener kejadian. Berikut beberapa film horor yang diangkat dari kisah nyata.

1. A Nightmare on Elm Street

1-e1501796112794

Film ini terinspirasi dari kisah nyata yang dialami oleh pengungsi dari Asia Tenggara. Konon mereka kabur ke Amerika karena nggak tahan sama kekejaman yang dilakukan Pol Pot sang pemimpin Khmer Merah. Gara-gara ketakutan mereka mengalami mimpi buruk yang berulang setiap kali tidur sampai akhirnya mereka maksain buat nggak tidur. Namanya juga ngantuk nggak tertahan, pengungsi ketiduran dan tewas di dalam tidurnya. Asli nyeremin.

2. The Exorcism of Emily Rose

2-14-e1501796103747

Film ini menceritakan kisah nyata seorang gadis asal Jerman, Annalise Mitchelle yang kabarnya dihantui oleh 7 makhluk tak kasat mata selama 10 tahun. Gara-gara itu Annalise jadi sering kejang-kejang dan berhalusinasi. Diagnosa dokter sih Annalise ini menderita epilepsi dan gangguan jiwa. Di sisi lain seorang pendeta menganggap kalau Annalise itu diganggu hantu. Ritual pengusiran setan pun berlangsung selama 10 bulan sampe akhirnya Annalise meninggal.

3. The Haunting in Connecticut

3-9-e1501796092446

Cerita ini tentang keluarga yang pindah ke rumah baru biar deket sama Rumah Sakit. Maklum, anaknya lagi sakit keras. Mirisnya mereka nggak tahu kalau rumah yang baru dihuni itu ternyata berhantu karena dulunya bekas kuburan. Konon cerita ini pengalaman asli dari keluarga Snedeker yang pernah kerja sama dengan pasangan paranormal Ed Warren dan Lorraine.

4. The Conjuring

4-11-e1501796082689

The Conjuring masuk dalam daftar film horror tersukses yang pernah ada. Kisahnya tentang satu keluarga yang dihantui oleh makhluk halus. Setiap hari ada aja terror dan kejadian aneh. Karena nggak tahan lagi akhirnya Roger dan Carolyn minta tolong ke pasangan paranormal. Sedikit demi sedikit akhirnya kisah yang selama ini terpendam bisa terbongkar.

5. Annabelle

5-12-e1501796071777

Pernah dengar soal boneka hantu? Yap, Annabelle ini salah satu boneka hantu yang bisa bikin orang bergidik. Aslinya sih boneka biasa, tapi bisa jadi petaka karena dimasuki roh. Nah, aslinya boneka Annabelle itu namanya Raggedy Ann dan penampakannya beda sama Annabelle yang kamu tau. Yang jelas boneka itu bener-bener berbahaya karena pemiliknya ngaku keluarganya diserang sama Raggedy Ann. Makanya sampe sekarang boneka hantu itu dikunc di dalam lemari kaca.

6. The Possession

6-11-e1501796062202

Film ini bercerita tentang seorang gadis yang berubah sifatnya setelah membeli kotak kayu antik. Ternyata, kotak tersebut dihuni oleh setan yang bisa merasuki pemiliknya dan mengambil alih tubuhnya. Sang ayah akhirnya bersatu dengan mantan istrinya demi menyelamatkan putri mereka dari setan yang menghuni tubuh gadis itu.

“The Possession” merupakan film horor yang terinspirasi oleh laporan surat kabar tentang sebuah keluarga yang melawan iblis yang terkenal dengan sebutan “Dybbuk”. Dalam cerita rakyat bangsa Yahudi. Roh dalam kotak Dybbuk disebutkan mampu merasuki tubuh manusia dengan tujuan untuk melahap mereka.

7. The Amityville Horror

7-8-e1501796052937

Film ini diambil dari kejadian nyata tentang kasus pembunuhan keluarga yang tinggal di Amityville. Ronald DeFeo Jr membunuh ayah dan ibunya serta 4 saudaranya. Konon sampe sekarang kasus tersebut masih misteri. Bahkan rumah Amityville sekarang jadi tempat wisata dan masuk dalam daftar tempat seram di Amerika.

Nah, itu dia guys beberapa film horror yang diambil dari kisah nyata. Kebayang nggak sih gimana seremnya? Kalau filmnya aja ngeri apalagi yang ngalamin langsung.