Ternyata Olahraga Renang Mempunyai Banyak Manfaat Untuk Kesehat Tubuh

Olahraga yang satu ini memang berhubungan dengan air. Berenang merupakan aktivitas yang sangat baik bagi kesehatan. Berenang memberikan berbagai dampak yang baik bagi kesehatan remaja. Remaja sangat di anjurkan untuk berenang secara rutin agar pertumbuhannya lebih sempurna. Siapa sih yang nggak suka berenang? Mungkin ada sebagian orang yang pernah trauma dengan berenang karena pernah di masa lalunya di ceburkan ke dalam kolam renang tersebut. Tapi ketahuilah, ternyata berenang mempunyai manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Ada Beberapa Manfaat Renang Bagi Kesehatan

Berenang Melatih Cardio dan Kekuatan Tubuh

Iya, berenang melatih cardio karena Anda tidak berhenti bergerak! Menurut pelatih triatlon dan pemilik Tailwind Endurance Earl Walton, otot tubuh Anda juga akan bekerja dengan lebih keras karena air 800 kali lebih padat dari udara.

Berenang Adalah Olahraga Low-impact

Tipe olahraga yang berintensitas rendah ternyata cocok untuk segala usia karena kegiatan yang di lakukan tidak akan terasa berat pada sendi. So, untuk menghindari tekanan berlebihan yang akan mengakibatkan cedera persendian atau otot, sebaiknya memilih olahraga yang low-impact!

Berenang Membuat Aktivitas Berlari Semakin Mudah

Berenang dengan rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda secara drastis, lho. Dengan otot kaki dan core yang lebih kuat, ditambah lagi dengan kemampuan paru-paru Anda untuk menggunakan oksigen dengan baik – aktivitas berlari pun akan menjadi lebih mudah untuk Anda.

Kesehatan Pernafasan

Olahraga renang dapat melatih sistem pernafasan. Olahraga renang dapat menguatkan tubuh, terutama saat masih menyelam di waktu yang sangat lama. Sistem kerja pernafasan menjadi lebih panjang. Gerakan renang dapat menggerakkan otot anggota gerak tubuh sehingga dapat aliran darah ke jantung, memperlancar pembuluh darah dan paru-paru.

Menguatkan Otot dan Tulang

Anda dapat mengamati atlet renang yang memiliki kekuatan otot dan tulang. Otot akan terlihat lebih keras dan sangat ideal ketika memiliki hobi renang.

Meninggikan Badan

Renang dapat meninggikan badan. Saat berenang semua otot bergerak, terutama otot kaki sehingga sangat baik sebagai olahraga yang dapat membuat tinggi badan semakin naik.

Kesehatan Sehat Jantung

Berenang dapat dapat menyehatkan jantung dan meningkatkan pernafasan tubuh. Berenang merupakan jenis olahraga yang baik dan sehat bagi jantung.

Membentuk Tubuh Ideal

Berenang dapat membentuk tubuh menjadi lebih idea. Berenang akan menguatkan otot di bagian tangan dan kaki juga akan terbentuk secara alami.

Meredakan Stres

Berenang akan membuat banyaknya gerakan air yang dapat meningkatkan hormon endorfin otak sehingga lebih tenang dan nyaman. Bersentuhan dengan air dapat mengakibatkan tubuh sejuk dan pikiran menjadi lebih rileks.

Kebugaran Tubuh

Berenang membantu pembentukan postur tubuh yang bugar sepanjang hari. Olahraga renang dapat di lakukan minimal selama 20 menit dengan irama dan teknik sama dengan kecepatan konstan sehingga meningkatkan kebugaran.

Meredakan Radang Sendi

Postur tubuh, khususnya daerah punggung bisa di latih dengan dengan berenang. Latihan berenag dapat mengurangi cidera tulang belakang. Gerakan motorik saat renang konstan dapat memperkuat otot sehingga lebih kencang.

Penurunan Berat Badan

Berenang merupakan olahraga efektif yang dapat membakar kalori dan lemak tubuh, sehingga pada setiap remaja di harapkan dapat rutin berenang agar terjadi penurunan berat badan secara signifikan. Banyak orang sudah membuktikan manfaat dari renang untuk menurunkan berat badan yang hasilnya sangat efektif.

Menghindarkan Risiko Diabetes

Berenang sangat efektif untuk menghindari penyakit diabetes, olahraga berenang sangat bak untuk program penuruanan dan pembakaran kalori, lemak, gula dalam darah sehingga terhindr dari penyakit diabetes.

Memperpanjang Usia

Berenang diklaim sebagai olahraga yang dapat memperpanjang usia seseorang karena dapat menyehatkan seluruh tubuh dengan gerakan-gerakan yang ada.

Mengurangi Dengkur Pada Anak Kecil

Berenang, atau olahraga dalam air lainnya, secara umum dapat membantu mencegah serangan asma, tapi juga meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Menurut penelitian, anak-anak yang latihan berenang selama 6 minggu menunjukkan bahwa kemampuan bernafas lewat mulut mereka meningkat dan hal ini mengurangi dengkuran yang di alami saat tidur secara signifikan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Menurut penelitian, orang yang melakukan olahraga keras, semacam berenang, justru mendapat waktu tidur 2 kali lebih banyak dari biasanya dan mengurangi masalah tidur seperti insomnia, bangun tidur yang terlalu cepat, susah tidur, dan sebagainya.

Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Tidak seperti mesin latihan di pusat kebugaran yang cenderung mengisolasi satu bagian tubuh, renang menempatkan tubuh melalui berbagai gerakan yang membantu sendi dan ligamen tetap longgar dan fleksibel. Lengan bergerak, pinggul terlibat sebagai penompang kaki dalam air dan kepala dan tulang belakang bergerak dari sisi ke sisi. Hal ini membantu memberikan peregangan yang baik dari kepala sampai kaki.

Mengurangi Gejala Asma

Dengan berenang tidak hanya menghindari serangan asma, pada beberapa studi telah menunjukan bahwa berenang dapat menyembuhkan berbagai masalah pernapasan seperti mendengkur, engos-engosan (mulut-bernapas) dan sebagainya.

Menurunkan Kolesterol

Berenang bisa meningkatkan keseimbangan yang tepat seperti latihan aerobik, yang telah terbukti untuk meningkatkan kadar HDL (Kadar kolesterol baik).

Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobik seperti berenang juga dapat menjaga endothelium Anda dalam kondisi baik. Anda mungkin bertanya-tanya Apa endotelium? Ini adalah lapisan tipis sel-sel yang melapisi arteri Anda. Dalam salah satu penelitian terhadap orang-orang dalam enam puluhan yang berpartisipasi dalam latihan aerobik, bagaimanapun, fungsi endothelium ditemukan untuk menjadikan mereka 30 sampai 40 tahun lebih muda. Teorinya adalah bahwa karena latihan aerobik membuat mereka fit.

Membuka Akses Pengalaman Baru

Anda mau coba snorkeling di laut bersama teman-teman atau melompat dari air terjun? Sayang sekalikan, bila Anda harus melewatkan berbagai pengalaman seru karena Anda tidak bisa berenang.

Mencegah Obesitas

Berenang bermanfaat untuk mengurangi berat badan, sehingga mencegah obesitas atau kegemukan. Berenang membuat kalori dalam tubuh terbakar dengan baik, hal karena olahraga renang melibatkan lebih banyak bagian anggota tubuh. Banyak orang yang berenang agar tubuhnya tetap fit dan juga ramping.

Membuat Cerdas

Berenang ternyata juga dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Sebuah penelitian yang di lakukan di negara Australia menunjukkan hasil bahwa anak-anak yang berenang secara rutin mampu menguasai perkembangan bahasa, motorik tubuh yang lebih bagus, lebih percaya diri, dan pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan anak-anak yang tidak berenang.

Siapa sekarang yang masih takut untuk berenang? Nah, bagi kalian yang ingin mempunyai tubuh yang ideal dan tinggi seperti idola kamu, coba deh berolahraga dengan air atau bisa disebut dengan berenang. Terima kasih.