Sering Main Tamiya? Yuk, Pahami Mini 4WD Ini Lebih Dalam

Ketika kecil dulu, kamu pasti sering main Tamiya. Namun, tahukah kamu sejarah perkembangannya? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tamiya dan sejarahnya. Penasara? Langsung saja liat dibawah ini. Siapa tahu habis baca artikel ini jadi teringat masa kecil. hehe…

Pengertian

Sebenarnya, Tamiya adalah sebuah merk perusahaan mainan asal Jepang yang didirikan oleh pria bernama Yoshio Tamiya. Karena terus berkembang, Tamiya pun akhirnya dikenal sebagai “First in Quality Around the World”. Perlombaan Tamiya pun sering diadakan sampai hari ini. Meski tak sesering dulu. Hanya karena pertama kali dan masuk di Indonesia adalah merk Tamiya, maka sampai sekarang mainan ini disebut Tamiya.

1

Meski demikian, Tamiya Mini 4WD merupakan jenis mainan yang sangat susah dan penuh tantangan. Karena usaha yang dilakukan untuk menjadikannya mobil yang berlari kencang diperlukan banyak perhatian dari segala aspek.

Seperti misalnya diameter ban, jenis ban yang digunakan, ukuran gear yang pantas untuk kondisi sirkuit, model dan jenis bearing, kapasitas, merk baterai, dan segala spare part lainnya. Kenapa 4WD? Soalnya dalam konsep aslinya, Tamiya itu memang dirancang semua rodanya bergerak.

Mini 4WD (4-Wheel-Drive) adalah sejenis model miniatur mobil balap rakitan yang terbuat dari plastik berskala 1/20 (1:20) hingga 1/48 (1:48), bermesin dinamo dengan sumber tenaga sepasang baterai AA dan dikendalikan tanpa remote control

Sejarah

Pada tahun 1980, sebuah mini 4WD serangkaian kendaraan yang disebut Stomper 4×4, ditemukan oleh Adolph Goldfarb dan diproduksi oleh Schaper. Banyak replika yang diproduksi oleh perusahaan lain menyebabkan tuntutan hukum yang panjang dan akhirnya perusahaan menjual produknya ke Tyco, setelah itu, penjualan menurun.

2

Pada tahun 1982, 4WD Mini Racer diproduksi oleh perusahaan Jepang Tamiya sebagai varian bertenaga dari model mobil plastik mereka. Sejak saat itu balap dan menyetel mobil mini 4WD telah menjadi hobi bagi orang-orang di seluruh dunia.

Dimulai pada tahun 1982, mini kit Tamiya mini 4WD dijual oleh Model Rectifier Corp (MRC), Distributor eksklusif A.S. dari Tamiya. Kit diproduksi di Jepang sementara kotaknya dicetak di Kanada. Bagian kit kemudian dikemas ke dalam kotak di Edison, New Jersey, AS. MRC terus menjual kit Mini 4WD sampai setidaknya tahun 1990, yang mungkin merupakan tahun lisensi Tamiya mereka kadaluarsa.

Pada tahun 1989, Tamiya menugaskan Shogakukan, perusahaan penerbitan Jepang, untuk memproduksi dua serial televisi anime berdasarkan mobil Mini 4WD: Dash! Yonkuro oleh Zaurus Tokuda, Bakusō Kyōdai Let’s & Go!!, Bakusou Kyoudai Let’s & Go WGP pada tahun 1996, Bakusou Kyoudai Mari & Go MAX dan akhirnya Bakusō Kyōdai Let’s & Go!! WGP: Bousou Mini 4WD Daitsuiseki.

3

Juga pada tahun 1989, Tamiya America didirikan di Amerika Serikat dan menggantikan MRC sebagai distributor resmi untuk Tamiya, di negara tersebut. Berkantor pusat di Irvine, California, Tamiya di Amerika Serikat menyelenggarakan Kejuaraan Mini 4WD Amerika Serikat di Marukai Corporation A.S di Gardena, California.

Pada tahun 1999, Tamiya Jepang untuk sementara menangguhkan kejuaraan dunia Piala Dunia Jepang untuk pembalap Mini 4WD.

Pada tahun 2000an, setidaknya dua puluh delapan (28) perusahaan lain telah memasuki pasar Mini 4WD dan terkenal termasuk Tokyo Marui, Kyosho, Academy, Auldey Animation and Toys, Circuit no Ōkami, Aoshima Bunka Kyozai, Matchbox (merek), Revell, Hot Wheels, Tonka, Hasbro, dan Bandai. Banyak dari mereka memperkenalkan mobil mini mereka sendiri, sementara beberapa menghasilkan replika tiruan mobil Tamiya.

Dimulai lagi di tahun 2006, Jepang menyelenggarakan Kejuaraan Mini 4WD Nasional di musim semi, musim panas dan musim gugur setiap tahunnya dan pada tahun 2012 Mini 4WD populer di lebih banyak negara termasuk Thailand, Singapura, Korea Selatan, Kanada, Jerman, Italia, Rusia, India dan Cina.

Guinness Book of World Records sekarang menunjukkan lagu terpanjang mini 4wd di dunia yang ditetapkan di Jepang pada bulan Oktober 2010 di 523,61 meter yang catatannya dipecahkan dengan cepat di Thailand pada bulan Maret 2011 di 1.074,5 meter di Central World Mall yang disponsori oleh Panasonic. Tiga tahun kemudian, pada tanggal 1 Februari 2014, sebuah rekor baru dibuat pada 1.188,67 m (3.899 kaki 10.03 in), di Sekolah Dasar Omiya di Hitachioomiya, Ibaraki, Jepang.

Generasi I (Schaper)

4

Stomper 4x4s adalah mini 4wd resmi pertama, dibuat pada tanggal 14 Februari 1980 oleh Adolph Eddy Goldfarb dan dijual oleh Schaper Toys. Mainan ini adalah kendaraan bertenaga baterai yang dilengkapi baterai AA tunggal dan dilengkapi penggerak empat roda. Mereka digerakkan oleh satu motor yang memutar kedua as roda. Dari kendaraan pertama adalah Ford Truck dan Chevrolet Truck.

Generasi II (Tamiya)

5

Pada tahun 1982, Mini 4WD diproduksi oleh Tamiya. Mainan ini adalah kendaraan bertenaga baterai yang menggunakan sepasang baterai AA dan menampilkan four-wheel drive. Mereka digerakkan oleh satu motor yang memutar kedua as roda. Dari kendaraan pertama adalah Ford Truck dan Chevrolet Truck.

Generasi III (Tamiya)

6

Pada tahun 1983, Tamiya memproduksi seri Racing Mini 4WD yang diawali dengan jepretan Hotshot Jr dan tipe-1. Semua kit chassis tipe-1 dipasok dengan roda kemudi tebal dan besar dan ban spike yang sangat apik.

Pada tahun 1984, Kaisar dan tipe-2 chassis diperkenalkan. Seperti kit chassis Tipe-1, semua kit chassis Tipe-2 juga memiliki ban berduri tipe super licin.

7

Pada tahun 1985, Vanquish Jr dan tipe-3 chassis dengan ban berdiameter besar standar dan roda tipe sirip diperkenalkan saat Dash Tipe-2! Mobil Yonkuro juga kembali dirilis pada Tipe-3 dengan roda balap besar yang sama dan ban super licin mulus.

Pada tahun 1989, Crimson Glory dilepaskan dengan chassis FM, sasis unik ini memiliki motor yang diletakkan di bagian depan sasis yang diyakini memberi mobil itu keseimbangan yang suram dan menurun. Dan pada tahun 1990, Manta Ray Jr dan chass Zero diproduksi.

Generasi IV (Tamiya)

8

Pada tahun 1993, Tamiya memproduksi seri Super Mini 4WD yang dimulai dengan Liberty Emperor dan chassis Super-1 dan merupakan seri pertama yang hanya menggunakan roda berdiameter besar dan ban standar. Pada tahun 1994, Strato Vector dan chassis Super FM diproduksi. Dan pada tahun 1995, Black Stalker dan chassis Super TZ diproduksi.

Generation V (Tamiya)

9

Pada tahun 1994, Tamiya memproduksi seri Fully Cowled Mini 4WD yang dimulai dengan Magnum Sabre di chassis Super-1 dan ini adalah mobil pertama yang dilengkapi dengan roda sempit berdiameter kecil dan ban.

Pada tahun 1995, Topan Magnum dilepaskan dengan sasis Super TZ dan roda dan ban benang lebar.

Generasi VI (Tamiya)

10

Pada tahun 1998, Tamiya memproduksi seri Aero Mini 4WD yang dimulai dengan Max Breaker dan chassis Super X. Pada tahun yang sama, sebuah seri Mini 4WD Mighty di produksi yang di mulai dengan Dyna Hawk. Juga pada tahun 1998, Lightning Magnum dan chassis VS diperkenalkan.

Generasi VII (Tamiya)

11

Pada tahun 2003, Tamiya memproduksi seri R/C Mini 4WD yang dimulai dengan Subaru Impreza WRC 2002 dan chassis TR-1, sebuah chassis yang berjalan dengan unit penerima dan satu tombol radio controller.

Sebagai alternatif termurah untuk mobil R/C aktual dan mobil slot, unit penerima dilepas agar mobil bebas berjalan di jalur hanya dengan motor dan baterai, ada juga komponen mobil dan bagian tune-up unik yang diproduksi. Namun, popularitas mobil R/C Mini 4WD tidak meluas setelah diperkenalkan dan Tamiya terus membuat Mini 4WD yang bebas berjalan.

Generasi VIII (Tamiya)

12

Pada tahun 2005, Tamiya memproduksi seri Mini 4WD PRO yang dimulai dengan jack Nitro Thunder dan MS, sebuah chassis yang dijalankan oleh motor dual-axle dan dapat dipisahkan menjadi tiga bagian: unit depan N, unit belakang T dan unit midship. berisi motor dan baterai.

Pada tahun 2013, Tamiya menciptakan rangkaian chassis MA sebagai subseries ke seri PRO yang dimulai dengan Blast Arrow. Sasis MA menggabungkan estetika aerodinamika dan monocoque dari sasis AR dan aspek struktur dalam chassis MS.

Generasi IX (Tamiya)

13

Pada tahun 2010, Tamiya memproduksi chassis Super-II sebagai penerus sasis Super-1 dengan kompatibilitas lebih dengan suku cadang opsional yang ditujukan untuk chassis lain dan karena itu awalnya dijual sebagai versi premium dari rekan-rekan asli mereka. Kemudian di tahun 2011, Tamiya mulai memproduksi Mini 4WD baru di chassis ini mulai dengan Astute RS.

Pada tahun 2012, Tamiya memproduksi seri Mini 4WD REV yang dimulai dengan Aero Avante dan chassis AR, sasis baru ini telah meningkatkan aerodinamika, penggantian motor dan baterai yang mudah tanpa melepaskan bagian bodi dan desain monocoque.

Model mini 4WD Special/Limited Edition (Tamiya)

14

Di akhir tahun 90an saat  Let’s & Go!! MAX ditayangkan di televisi di Jepang, Tamiya memproduksi serangkaian model display kit yang dikenal dengan seri Mechanical Mini 4WD (bertipe Mini 4WD Mechanical). Mobil-mobil dalam seri ini adalah replika statis mobil mekanis yang diperlihatkan di anime itu sendiri dan karena itu mereka tidak dapat dengan bebas bergerak tidak seperti Mini 4WD sebenarnya.

Perangkat lunak tertentu, perusahaan produksi anime dan beberapa wilayah di Jepang juga berkolaborasi dengan Tamiya untuk merchandise karakter utama dan atau sekunder dari anime, maskot perangkat lunak atau bahkan ikon pariwisata untuk kit Mini 4WD edisi terbatas melalui lisensi karena perusahaan-perusahaan ini percaya bahwa Mini 4WD adalah lebih murah bagi mereka untuk berinvestasi dalam jumlah besar dibandingkan dengan mobil R/C yang empat sampai enam kali harga per kit dalam jumlah besar.

Desain Mini 4WD

Dalam desain 4WD standar, empat roda terpisah diperbolehkan berputar pada kecepatan yang berbeda melalui penggunaan perbedaan. Hal ini penting untuk menikung untuk menghilangkan ikatan.

Dalam Mini 4WD, ini bukan desain standar dan hanya bisa dicapai melalui set roda satu arah opsional. Dengan demikian, standar Mini 4WD memanfaatkan drive langsung ke semua 4 roda bahkan di sekitar tikungan.

Chassis dirancang untuk menampung motor dan baterai dalam pengaturan yang berbeda. Ada motor samping yang diposisikan di bagian belakang. Ada posisi motor samping di bagian depan. Ada motor in-line yang diposisikan di tengah.

Rear dan posisi depan desain motor  baterai berdampingan di bagian depan atau belakang penempatan motor. Desain motor posisi tengah memposisikan baterai yang mengangkangi kedua sisi motor.

Desain motor posisi depan menggunakan batang baling-baling yang memanjang dari roda gigi motor utama yang menggerakkan as roda depan dan belakang. Desain motorik posisi tengah memberi kekuatan pada roda depan dan belakang melalui kotak roda gigi terpisah yang menghilangkan kebutuhan batang baling-baling semacam itu.

Chassis dirancang dengan bumper depan, bemper sisi opsional dan belakang yang dirancang untuk menampung rol panduan yang berinteraksi dengan dinding setinggi 58mm pada lintasan.

Tubuhnya dirancang dari plastik keras atau polikarbonat transparan yang lembut, yang dikenal dengan nama merek dagang Lexan, untuk edisi khusus atau edisi terbatas, yang menempel dengan kunci tipe tangkapan di bagian belakang mobil, membedakan satu model dengan model lainnya.

Motor

Ada tiga spesifikasi yang mencirikan semua motor: RPM, torsi, dan konsumsi daya.  RPM adalah kecepatan yang diberikan motor dan torsi kekuatannya. Tinggi RPM berarti kecepatan maksimum yang lebih tinggi; Torsi yang lebih tinggi memberi percepatan lebih dan memungkinkan mobil untuk lebih tahan terhadap kesulitan mendaki lereng atau berlari melalui belokan.

Gears

16

Jenis roda gigi yang berbeda memiliki rasio putaran motor dan roda yang berbeda, dan ini termasuk “Kecepatan Super” (3,5: 1), “Kecepatan Tinggi” (4: 1), “Kecepatan” (4.2: 1), “Standar “(5: 1), dan” Khusus “(rasio bervariasi tapi biasanya 6,4: 1). Rasio yang lebih tinggi, lebih baik tingkat akselerasi dan torsi; menurunkan rasio, lebih baik kecepatan maksimum.

Ban dan Roda

17

Dianjurkan agar, di antara roda yang berbeda tersedia, yang kompatibel harus mempertahankan ukuran yang sama seperti pada paket perakitan. Diameter lebih kecil, lebih stabil, karena pusat gravitasi mobil diturunkan. Meskipun orang dapat dengan mudah berasumsi bahwa roda yang lebih besar lebih sesuai dengan mobil yang lebih cepat, ini sama sekali bukan kasusnya.

Roda besar untuk mobil dengan rasio gigi tinggi (yaitu “5: 1”) dan motor lemah; roda kecil untuk mobil dengan rasio gigi rendah dan motor kuat. Roda yang lebih lebar memungkinkan stabilitas lebih namun mengalami gesekan dan dengan demikian, kehilangan kecepatan; Roda tipis dimaksudkan untuk kecepatan, tapi mobil bisa rentan membolak-balik lintasan.

Ada empat jenis roda yang berbeda: plastik normal, satu arah, aluminium, dan kunci-mur. Roda plastik normal bagus, tapi tidak memadai untuk mobil yang benar-benar kencang. Mereka menjadi longgar setelah melepaskan mereka dari poros beberapa kali.

Selain itu, mereka menciptakan hambatan saat mobil melewati belokan saat poros mengunci kedua roda pada kecepatan yang sama, karena roda luar harus menempuh jarak lebih jauh dari pada roda bagian dalam (relatif ke putaran jalur).

Roda satu arah memungkinkan kedua sisi bergulir lebih cepat dari yang lain saat berputar, dan meminimalkan putaran kecepatan secara bergantian. Roda alumunium sangat ringan, kokoh, dan terbaik untuk kecepatan. Beberapa roda aluminium memiliki tindakan pencegahan untuk melonggarkan dengan as roda. Namun, roda kunci-kacang adalah yang terbaik dalam mencegah mobil kehilangan roda saat berlari.

Ada empat jenis ban: karet, spons, reston, dan semi pneumatik. Ban karet hadir sebagai standar dengan Mini 4WD dan meski memiliki pegangan yang baik, berat dan rentan tergelincir pada permukaan yang basah. Solusi alternatif untuk ban karet adalah ban reston atau ban sponge, yang sangat ringan, memiliki pegangan yang baik, dan lebih cocok untuk hari hujan. Namun, ini menjadi mudah kotor, dan mereka cenderung menguras motor.

Bumpers

18

Bumper biasanya ditemukan di ujung yang berlawanan dari mini 4WD. Upgrade bumper menjadi kebutuhan karena mini 4WD dimodifikasi agar berjalan lebih cepat dari pada stock kit yang biasanya berjalan.

Semakin cepat mobil, semakin banyak kebutuhan mobil yang turun untuk melawan penurunan stabilitas. Kombinasi chassis + bumper saham memang memiliki kecenderungan untuk membungkuk, menyebabkan rolnya berlari pada sudut dan mungkin membuat pesawat mini 4WD lepas landas.

Serat aluminium, fiberglass, atau serat karbon biasanya dipasang sebagai upgrade setelah pasar untuk mencegah hal ini terjadi. Upgrade lain yang mungkin adalah sekrup yang menjaga rol ke bumper. Tamiya menawarkan yang stainless steel.

Kebanyakan pelat upgrade after-market biasanya lebih lebar dari bumper saham, dan mereka memfasilitasi pemasangan pelat “side extension” yang membuat profil depan mini 4WD lebih lebar lagi.

Rollers

19

Roller adalah roda yang terletak di kedua ujung bumper mobil mini dan meluncur di dinding jalan. Hal ini memungkinkan mobil untuk mengubah arah dan menjaga stabilitas.

Rol konvensional akan bekerja dengan baik di mobil dengan kecepatan rata-rata, namun pada mobil yang jauh lebih cepat, rol aluminium atau bola harus dibeli untuk mendapatkan downforce dan stabilitas tambahan.

Rol ini tidak miring pada sudut seperti rol plastik konvensional, dan oleh karena itu, memiliki kesempatan lebih baik untuk mencegah mobil terlepas dari jalurnya.

Rol bantalan bola memiliki bola logam kecil di sekitar cincin internal, di mana rol berputar, untuk meminimalkan gesekan. Beberapa rol terdiri dari dua rol pada tiang  satu di dasar dan lainnya di bagian atas, sehingga bisa menawarkan stabilitas terbaik. Ada tiga jenis pengaturan roller.

Yang pertama adalah di mana semua rol berukuran sama, dan ini untuk kursus lurus. Pengaturan kedua, di mana rol yang lebih besar ditempatkan di depan, kurang stabil saat berlari melewati tikungan namun meminimalkan kerugian kecepatan; Pengaturan ketiga, di mana rol yang lebih kecil diletakkan di depan, lebih stabil saat melintas di tikungan tapi mobil lebih rentan terhadap kecepatan kerugian saat masuk ke dinding.

Kategori Ras

Ada banyak jenis kategori balap untuk mini 4WD, misalnya Technical, Speed-Technical dan Drag Racing.

Street Mini 4WD

Street Mini 4WD adalah kategori lomba tidak resmi dimana mobil mini 4WD berjalan di tempat terbuka tanpa sirkuit dengan pembalap mengikuti mereka dan membimbing mobil dengan tongkat pemandu.

Salah satu konsep dasar yang dikeluarkan oleh peraturan Street Mini 4WD adalah bisa mengembangkan mobil mini 4WD semaksimal mungkin mirip dengan mobil balap sesungguhnya.

The Street Mini 4WD ras didasarkan pada ras yang diwakili dalam manga dan anime Dash! Yonkuro, Hyper Dash yang sedang berlangsung! Yonkuro dan Let’s & Go.

Nah, itulah pembahasan tentang tamiya yang ketika dulu sering kita mainkan. Gimana? Terkejut bukan? Nah, sekarang kamu jadi lebih tahukan tentang tamiya. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan ya. Selamat membaca. Jadi ingin bernostalgia ini hehe…

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>