Mengetahui Fakta Mengenai Bumi

Bumi adalah planet terbesar ketiga dari matahari. Bumi terbentuk  sekitar 4.54 milyar tahun lalu dan bumi saat ini menjadi satusatunya planet yang diketahui untuk mendukung kehidupan.

Bumi dikenal sebagai dunia, dalam bahasa Yunani berarti Gaia,  atau dalam bahasa Latin yang berarti Terra. Bumi juga dikenal sebagai Planet Tata Surya terbesar ke 4. 

Menurut radiometrik dan sumber-sumber bukti lain, Gravitasi bumi berinteraksi dengan benda-benda lain dalam ruang, terutama matahari dan bulan. Selama Bumi di kelilingi oleh matahari,  bumi berputar sekitar 366.26 kali, menciptakan 365.26 tata surya. Bulan adalah satelit bumi; interaksi gravitasi menyebabkan arus laut, menstabilkan orientasi rotasi bumi, dan secara bertahap memperlambat tingkat rotasi bumi.

Fakta Mengenai Bumi

Bumi dipercaya menjadi pusat alam semesta. Selama 2000 tahun, para astronom kuno percaya bahwa bumi  dan Planet-Planet lainnya mengelilingi bumi.

Bumi adalah planet Tata surya yang paling padat. Kepadatan bumi berbeda dalam setiap bagian dari planet misalnya, lebih padat dari pada kerak bumi, tetapi kepadatan Planet rata-rata Sekitar 5.52 gram per sentimeter kubik.

Atmosfer bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan jumlah gas lainnya termasuk argon dan karbon dixoide.
Besarnya jumlah oksigen di bumi berasal dari kehidupan tanaman dan konsumsi karbon dioksida selama proses fotosintesis.
Bumi memiliki Medan magnet yang sangat kuat. Bidang ini melindungi planet dari efek angin solar dan diyakini sebagai hasil dari besi nikel.

Bumi memiliki lapisan ozon, yang melindungi dari radiasi matahari yang berbahaya. Shell ini adalah jenis khusus dari oksigen yang menyerap sebagian besar sinar UV Matahari yang kuat.

Sekitar 70% dari permukaan bumi Berisi air dan sisanya terdiri dari benua dan pulau-pulau yang  memiliki banyak danau dan sumber air.
Kehidupan pertama di bumi adalah laut melalui proses yang disebut abiogenesis atau biopoiesis. Ini adalah proses alamiah yang hidup dan tumbuh seperti senyawa organik yang sederhana.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>