Apa Itu Sistem Operasi? Yuk, Mengenal Lebih Jauh Tentangnya Disini

Banyak orang bertanya-tanya tentang sistem operasi? Sistem operasi itu seperti Windows, Linux, Mac Os. Namun, tahukah kamu kenapa bisa ada banyak sistem operasi? Dan apasih sebenarnya sistem operasi itu? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelas lebih dalam tentang sistem operasi. Langsung saja simak semua penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

1

Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu.

Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer, dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.

Dengan kata lain sistem operasi adalah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer dapat berjalan dengan semestinya. Sistem operasi memungkinkan suatu aplikasi dapat berfungsi sehingga sistem operasi juga disebut sebagai essential component. Komputer dan sistemnya hanya dapat berfungsi dengan adanya sistem operasi kecuali jika komputer sedang dalam keadaan booting.

Bisa dipahami dengan jelas bahwa sistem operasi sebenarnya adalah penghubung antara perangkat keras atau hardware dengan perangkat lunak atau software. Saat komputer pertama kali dinyalakan, maka kita tahu bahwa yang sedang berjalan adalah sistem operasi dan kemudian setelah komputer menyala, barulah program dan aplikasi bisa berjalan.

Intinya, sistem operasi atau OS adalah sistem yang berada dilapisan pertama dimana memori harddisk diletakkan. Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Sejarah Sistem Operasi

2

Sejarah perkembangan sistem komputer adalah sejarah yang terkait dengan perkembangan sistem operasi, dimana dapat dikelompokan menjadi 5 kurun waktu atau 5 generasi.

Generasi Pertama (1945-1955)

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

Generasi Kedua (1955-1965)

Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

Generasi Ketiga (1965-1980)

Pada generasi ini, perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).

Generasi Keempat (1980-2000AN)

Pada generasi keempat ini, sistem operasi tidak lagi hanya diperutukan untuk satu mode pengolahan, tetapi telah ditujukan untuk banyak mode pengolahan, misalnya mendukung batch processing, timesharing, networking dan (soft) realtime applications sekaligus. Hanya hard real-time applications sulit disatukan dengan mode-mode pengolahan yang lainnya karena beresiko tinggi.

Pada generasi ini, kenyamanan mengoperasikan sistem komputer juga dinilai penting. Komputer yang makin ampuh telah sanggup memberi antar muka grafis yang nyaman. Komputer desktop dinyamankan dengan GUI (Graphical User Interface). GUI ini dimulai X Windows System hasil penelitian di MIT, kemudian Macintosh, Sun View, disusul Microsoft Windows.

Generasi keempat ini ditandai berkembang dan meningkatnya kemampuan komputer desktop (komputer pribadi) dan teknologi jaringan. Jaringan TCP atau IP telah mulai digunakan secara luas oleh kalangan militer, peneliti, peguruan tinggi dan masyarakat secara umum.

Generasi Kelima (2000AN-??)

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih dalam perjalanan. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.

Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud.

Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing sekarang menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Fungsi Sistem Operasi

3

Sebagai suatu perangkat lunak dalam komputer, sistem operasi memiliki beberapa fungsi penting. Berikut fungsinya.

1. Menjalankan Operasi Dasar

Fungsi utama dari sistem operasi adalah menjalankan operasi dasar pada komputer. Sistem ini dinilai sebagai komponen vital yang mendasari kerja perangkat lunak atau software lainnya. Sebelum aplikasi berjalan dan dapat berfungsi pada suatu komputer, maka sistem operasilah yang memungkinkan program atau aplikasi tersebut dapat berjalan dan ditampilkan kepada user atau pengguna yang menggunakan perangkat komputer tersebut.

2. Mengatur Kerja Hardware dan Software

Bisa dikatakan bahwa sistem operasi adalah Resource Manager dalam perangkat komputer. Maksudnya, sistem operasi berfungsi mengontrol fungsi perangkat keras seperti memori, CPU, harddisk, dan perangkat keras lainnya dan juga mengatur fungsi program software agar terhubung dengan perangkat keras tersebut.

3. Wadah Program Atau Aplikasi

Aplikasi-aplikasi yang ada dikomputer memang tersimpan dalam perangkat penyimpanan akan tetapi sebenarnya aplikasi atau program tersebut berada dalam wadah yang merupakan sistem operasi itu sendiri. Aplikasi tersebut melekat pada sistem operasi dan tidak bisa berfungsi tanpa adanya sistem operasi tersebut.

Secara analogi, sistem operasi adalah suatu lantai dimana suatu barang diletakkan agar barang tersebut dapat digunakan misalnya sebuah meja yang diletakkan diatas lantai, meja tidak dapat berfungsi jika tidak ada lantai yang mendasarinya.

4. Menyajikan Tampilan

Tampilan yang kita lihat dilayar komputer adalah hasil dari pengoperasian OS atau sistem operasi. Dengan kata lain, sistem operasi memudahkan aplikasi berjalan sekaligus menampilkannya pada monitor layar komputer atau menterjemahkan bahasa pemrograman yang berasal dari CPU kemudian menampilkannya dalam bentuk teks, grafis dan tampilan lainnya yang mudah dimengerti. Sistem operasi juga berperan sebagai suatu interface atau tatap muka antara pengguna dengan perangkat keras yang digunakannya.

5. Mengkoordinasi Kerja Perangkat Komputer

Selain mengatur perangkat keras dan perangkat lunak agar terhubung satu sama lain, sistem operasi juga berfungsi mengkoordinasikan segala hal didalam komputer terutama menyusun program yang sifatnya kompleks menjadi lebih sederhana dan berurutan. Sistem operasi memudahkan suatu aplikasi agar dapat bekerja dengan lebih efisien.

6. Mengoptimalkan Fungsi Perangkat Komputer

Fungsi lain dari sistem operasi atau OS adalah mengoptimalkan penggunaan perangkat keras maupun perangkat lunak. Misalnya dalam hal mengatur waktu berfungsinya CPU, pemanggilan data yang tersimpan dalam memori harddisk, ataupun mengatur waktu yang digunakan untuk koneksi dalam terminal.

7. Mengawasi dan Melindungi Jalannya Suatu Fungsi Program

Sistem operasi memungkinkan user yang memiliki hak untuk mengakses komputer menjalankan suatu program dan mengendalikan siapa yang bisa mengakses program tersebut atau yang dikenal sebagai fungsi Gate Keeper.

Tidak hanya mengendalikan user dalam mengakses sistem atau program, sistem operasi juga mengawasi segala hal yang dilakukan user dalam mengakses sistem program dalam komputer. Semua file yang tersimpan dalam komputer juga dilindungi oleh sistem operasi dan hanya bisa diakses oleh orang yang berhak mengaksesnya atau memiliki kendali atau suatu perangkat komputer.

Macam-macam Sistem Operasi

4

Tugasnya sistem operasi pada komputer adalah untuk mengatur dan mengelola baik Software maupun Hardware pada komputer. Untuk pembagiannya, macam-macam sistem operasi komputer di bedakan menjadi 4 yaitu sebagai berikut.

1. Sistem Operasi Stand Alone

Maksudnya Stand Alone disini adalah sistem operasi tersebut sudah lengkap, bisa berdiri sendiri dan mampu digunakan untuk single user maupun multi user. Memiliki fitur tertentu. Sistem Operasi yang kita kenal sekarang seperti Windows, OS Mac, dan linux adalah contoh dari sistem operasi stand alone.

2. Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi jaringan merupakan jenis sistem operasi yang dikhususkan untuk menangani jaringan. Fungsi dari sistem operasi jaringan sangat banyak diantaranya yaitu, memungkinkan pengguna untuk berbagi berkas, penggunaan alat pencetak (printer) bersama-sama , DNS Service, HTTP Service, dan lainnya.

3. Sistem Operasi Embedded

Embedded kalau diartikan adalah ditanamkan, berarti sistem operasi embedded adalah sistem operasi yang tertanam dalam komputer dan hanya diprogram untuk melaksanakan fungsi tertentu yang spesifik. Bedanya dengan sistem operasi lainnya khususnya stand alone adalah sistem operasi embedded ini tidak bisa berdiri sendiri.

4. Sistem Operasi Live CD

Sistem operasi yang tersimpan di bootable CD atau VCD dan dapat langsung dijalankan tanpa harus menginstalnya secara permanen. Sistem operasi ini memiliki kapasitas yang ringan, kira-kira dibawah ukuran CDnya dan hanya memiliki fitur yang terbatas. Dalam perkembangannya, sistem operasi ini memungkinkan pengguna untuk tidak repot-repot menginstalnya di komputer.

Nah, setelah mengetahui tentang macam-macam sistem operasi pada umumnya, saatnya kita membahas satu persatu macam-macam sistem operasi yang pernah dibuat di dunia, berikut penjelasannya.

Sistem Operasi DOS

5

MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya.

Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.

MS-DOS dirilis pertama kali pada tahun 1981 dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga delapan kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000.

MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemrograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.

Versi-versi Microsoft DOS:

  • MS-DOS versi 1.xx
  • MS-DOS versi 2.xx
  • MS-DOS versi 3.xx
  • MS-DOS versi 4.xx
  • MS-DOS versi 5.xx
  • MS-DOS versi 6.xx
  • MS-DOS versi 7.xx

Kelebihan:

  • Ukurannya kecil
  • Ringan dalam penggunaan memori
  • Kompatibel dengan berbagai perangkat

Kekurangan:

  • Karena masih generasi awal, maka perintah hanya berupa tulisan dan tidak ada grafik

Sistem Operasi Windows

6

Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. Yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line.

Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.

Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama.

Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Versi-versi Windows:

  • Windows 1.0 (1983)
  • Windows 2.0 (1987)
  • Windows 3.0 (1990)
  • Windows 3.1 (1992)
  • Windows 95
  • Windows 98
  • Windows Milenium Edition (2000)
  • Windows NT 3.1 (1993)
  • Windows NT 3.5 (1994)
  • Windows 2000 /Windows NT 5.0
  • Windows XP (2001)
  • Windows Vista (2006)
  • Windows 7 (2009)
  • Windows 8 (2012)
  • Windows 8.1 (2013)
  • Windows 10 (2015)

Kelebihan:

  • User Friendly karena sudah tampilan antar muka
  • Proses Instalasi lebih mudah
  • Support Driver
  • Karena hampir semua orang menggunakan Windows, banyak perusahaan membuat software atau aplikasi yang kompatibel dengan Windows.
  • Perkembangan sangat cepat, kita lihat hampit setiap tahun selalu ada pembaruan dari Windows

Kekurangan:

  • Tidak Open Source
  • Harus membeli karena memang Close Source
  • Mudah diretas karena sistem keamanannya masih lemah
  • Jika tidak memiliki software bawaan, harus membeli terlebih dahulu untuk mendapatkannya
  • Rentan terkena Virus

Sistem Operasi Mac OS

7

Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2002 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Hebatnya dibandingkan dengan OS yang lainnya, Mac OS adalah sistem operasi pertama kali yang menggunakan GUI/ tampilan antar muka dan beberapa tahun kemudian ditiru oleh Microsoft. Dalam perkembangannya Mac OS akhirnya diganti dengan versi terbarunya yaitu Mac OS X, yang mana X adalah angka romawi yang berarti 10. Mac OS X adalah versi terbaru dari Mac OS 9 dan diperkenalkan pada tahun 2001.

Karena ekslusif dan kekhasan yang dimilikinya dibanding dengan sistem operasi lainnya, menjadikan sistem operasi ini memliki tempat tersendiri bagi penggunanya.

Tahapan-tahapan OS X:

  • Mac OS X Server 1.0 kode: “Rhapsody”, dirilis: Maret 1999.
  • Mac OS X Public Beta kode: “Kodiak”, dirilis: September 2000.
  • Mac OS X 10.0 (pemutakhiran 10.0.1-10.0.2-10.0.3-10.0.4) kode: “Cheetah”, dirilis: Maret 2001.
  • Mac OS X 10.1 (pemutakhiran 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: “Puma”, dirilis: Oktober 2001.
  • Mac OS X Server 10.1 (pemutakhiran 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: “Puma”, dirilis: November 2001.
  • Mac OS X 10.2 (pemutakhiran 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8) kode: “Jaguar”, dirilis: Agustus 2002.
  • Mac OS X Server 10.2 (pemutakhiran 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8), dirilis Agustus 2002.
  • Mac OS X 10.3 (pemutakhiran 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9) kode: “Panther”, dirilis Oktober 2003.
  • Mac OS X Server 10.3 (pemutakhiran 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9), dirilis Oktober 2003.
  • Mac OS X 10.4 (pemutakhiran 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) kode: “Tiger”, dirilis: April 2005.
  • Mac OS X Server 10.4 (pemutakhiran 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) dirilis: April 2005.
  • Mac OS X 10.5 (pemutakhiran 10.5.1-10.5.2-10.5.3-10.5.4) kode: “Leopard”, dirilis: Oktober 2007
  • Mac OS X 10.6 (kode: “Snow Leopard”; Juni 2009)
  • Mac OS X 10.7 (kode: “Lion”; Juli 2011)
  • OS X 10.8 (kode: “Mountain Lion”; Juli 2012)
  • OS X 10.9 (kode: “Mavericks”; Oktober 2013)
  • OS X 10.10 (kode: “Yosemite”; Oktober 2014)
  • OS X 10.11 (kode: “El Capitan”; September 2015)
  • macOS 10.12 (kode: “Sierra”; September 2016)

Kelebihan:

  • Karena menggunakan UNIX maka sistem lebih stabil
  • Bisa untuk Multitasking
  • Dokumen di Mac bisa dibaca di sistem operasi lainnya
  • Tampilan antar muka cocok untuk graphic design/multimedia
  • Tingkat keamanannya tinggi, sehingga sulit terkena virus atau diretas

Kekurangan:

  • Harganya bisa dibilang mahal
  • Mac OS tidak bisa dirakit karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
  • Software di Mac OS tidak terlalu lengkap
  • Kurang cocok buat main game

Sistem Operasi Linux

8

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems.

Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router.

Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME, KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumericdan LibreOffice.

Beberapa distro linux dari waktu ke waktu:

  • Red Hat
  • Debian
  • Slackware
  • SuSE
  • Mandrake
  • WinLinx
  • Ubuntu dan turunannya: Sabily, Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, GoBuntu, Gnewsense dan ubuntuCE
  • OpenSUSE
  • Fedora
  • BackTrack
  • Mandriva
  • Slackware
  • PCLinuxOS
  • Knoppix
  • Xandros
  • Sabayon
  • CentOS
  • ClearOS
  • Chrome OS
  • Gentoo Linux

Kelebihan:

  • Karena Open Source, tidak ada biaya lisensi untuk membeli dan menggunakannya
  • Dulunya penggunaan Linux sangat susah, namun setelah dikembangkan sekarang menjadi lebih mudah
  • Sebagian aplikasi di Windows ada di Linux
  • Perkembangannya sangat cepat, karena dikembangkan oleh banyak orang

Kekurangan:

  • Perlu diadakannya pelatihan kepada pengguna awal supaya terbiasa dengan Linux
  • Support Hardware tidak semuanya cocok di Linux
  • Proses instalasinya terbilang susah termasuk juga dengan softwarenya

Sistem Operasi Unix

10

Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE) dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atauARPA). UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portabel, multi-tasking dan multi-user.

Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan daripada proses tunggal di komputer. Linux merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas dan mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows

Sekarang sudah jarang orang menggunakan sistem operasi Unix, karena kalah pamor dengan 3 sistem operasi terkenal seperti Windows, Mac OS dan Linux.

Jenis-jenis Unix:

  • A/UX
  • Domain/X
  • Darwin
  • CTIX
  • Distrix
  • UniCOs
  • DG/UX
  • Ultrix
  • CLIX
  • Digital UNIX
  • DVIX
  • SINIX
  • Dyix
  • SCO XENIX
  • SCO OpenServer
  • SCO UNIX
  • Coherent
  • Tru64
  • XENIX
  • AIX
  • UinxWare
  • Uniplus+
  • IRIX
  • FreeBSD
  • Mach
  • Minix
  • SunOS
  • NetBSD
  • Nexstep
  • QnX
  • OSF/1
  • BSD/1
  • Solaris
  • Unix System V
  • Eunice
  • OpenBSD
  • GNU/Hurd
  • GNU/Linux
  • BSD UNIX

Kelebihan:

  • Adanya portabilitas
  • Multiuser, karena merupakan sistem operasi jaringan
  • Multitasking. Kita bisa mengerjakan dan menjalankan tugas sekaligus.
  • Tidak mudah terkena Virus
  • UNIX ini termasuk sistem operasi yang gratis

Kekurangan:

  • Dari segi tampilan kurang menarik
  • Memerlukan penyimpanan memori yang lumayan besar
  • Tidak banyak Driver yang tersedia untuk Unix
  • Untuk beberapa hardware jua sulit untuk menyediakan driver untuk Unix
  • Lumayan susah dan membingungkan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya

Sistem Operasi Amiga

11

Amiga OS adalah sistem operasi asli default dari komputer pribadi Amiga. Sistem ini pertama dikembangkan oleh Commodore International, dan awal diperkenalkan pada 1985, yaitu Amiga 1000. Sistem ini berjalan pada seri Motorola 68k dari mikroprosesor 16-bit dan 32-bit, kecuali untuk AmigaOS 4 berjalan pada mikroprosesor PowerPC.

Di puncak kernel preemptive multitasking yakni Exec, ia melibatkan suatu abstraksi perangkat keras unik Amiga, suatu sistem operasi disket yang disebut AmigaDOS, sebuah sistem berjendela API disebut Intuition dan dengan antarmuka pengguna grafis disebut Workbench. Sebuah command line interface disebut AmigaShell juga tersedia dan terintegrasi pada sistem. GUI dan CLI saling melengkapi dan berbagi keistimewaan.

Pemegang hak intelektual Amiga terkini adalah Amiga Inc. Mereka mengambil alih AmigaOS 4, tetapi tidak mengembangkannya sendirian, sebagai gantinya diserahkan kepada Hyperion Entertainment. Pada 26 Desember 2006, Amiga Inc menghentikan lisensi Hyperion untuk meneruskan pengembangan AmigaOS 4. Kepemilikan AmigaOS (khususnya 4.0) masih menyisakan kontroversi dan kini berada di dalam subjek pendakwaan.

Sistem Operasi Google Chrome

12

Chrome OS adalah sistem operasi sumber terbuka yang dirancang oleh Google Inc. untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web. Chrome OS diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009, dan versi stabilnya akan diluncurkan umum pada paruh kedua tahun 2010.

Sistem operasi ini berbasis Linux dan hanya akan berjalan pada pada perangkat keras yang dirancang khusus. Antarmuka penggunanya dirancang mengambil pendekatan minimalis, seperti penjelajah web Google Chrome. Sistem operasi ini ditujukan bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Internet. Aplikasi yang “asli” di Chrome OS hanya browser, pemutar media, dan manajer file.

Chrome OS dibangun di atas proyek open source yang disebut Chromium OS. Tidak seperti Chrome OS, dapat disusun dari kode sumber download. Chrome OS adalah versi komersial diinstal pada hardware tertentu dari Mitra Manufaktur Google. Tanggal peluncuran untuk ritel hardwaremenampilkan Chrome OS ditunda dari akhir 2010 untuk 15 Juni 2011, ketika “Chromebook” dari Samsung, dan Acer Dikirim pada bulan Juli.

Kelebihan:

  • PENCARIAN: Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome daat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
  • ANTI PENIPUAN: Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA.

Kekurangan:

  • PRIVASI: Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
  • LISENSI: Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi indicate ini telah dicabut oleh pihak Google.
  • CELAH KEAMANAN: Beberapa pakar confidence menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki underline Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker.
  • EXTENSIONS: Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.
  • BAHASA: Pada chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.

Sistem Operasi Garuda OS

13

Garuda OS adalah Distro Linux berbasis PCLinuxOS Fullmonty Edition buatan pengembang Indonesia yang mendukung penggunaan dokumen format SNI (Standar Nasional Indonesia), aman dari gangguan virus komputer, stabilitasnya tinggi, disertai dukungan bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan program-program dari berbagai macam kategori. Bisa diperoleh secara bebas tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pembelian lisensi.

Sayangnya OS ini belum terlalu terkenal di kalangan masyarakat Indonesia karena kurangnya pengoptimalkan penggalangan dana bagi OS opensource dan freeware ini.

Fitur-fitur Garuda OS:

  • Inti (kernel Linux) sistem operasi : 2.6.38.9
  • Desktop : KDE 4.6.3
  • Dukungan driver VGA (Nvidia, ATI, Intel, dll)
  • Dukungan Wireless untuk berbagai perangkat jaringan
  • Dukungan perangkat printer lokal ataupun jaringan
  • Dukungan format populer multimedia
  • Dukungan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta 60 bahasa dunia lainnya
  • Dukungan untuk instalasi berbagai macam program aplikasi dan game (online) berbasis Windows
  • Dukungan untuk berbagai macam dokumen dari program populer berbasis Windows (seperti Photoshop, CorelDraw, MS Office, AutoCAD, dll)
  • Dukungan Font Aksara Indonesia
  • Dukungan Font Google Web

Sistem Operasi BlankOn

14

Sistem operasi lainnya karya anak bangsa Indonesia selain Garuda OS adalah BlankOn. Sama seperti OS Garuda, sistem operasi Blank On ini juga termasuk dari kernel Linux. Para pembuat OS ini adalah YPLI dengan tujuan supaya bisa memenuhi kebutuhan sistem operasi dari para pengguna komputer masyarakat Indonesia pada umumnya, khususnya bidang pendidikan, perkantoran dan juga pemerintahan.

Meskipun begitu ada kekurangan dari OS ini yaitu diantaranya adalah masih kurang stabil dan terbilang lambat, dan masih kalah kurang kalah terkenal dan pamor dengan sistem operasi terkenal lainnya contohnya Windows, Mac OS dan Google OS.

Beberapa Sistem Operasi BlankOn:

  • BlankOn 1.0 Nama kode : Bianglala – Dirilis 10 Februari 2005
  • BlankOn 2.0 Nama kode : Konde – Dirilis 15 November 2007
  • BlankOn 3.0 Nama kode : Lontara – Dirilis 27 April 2008
  • BlankOn 4.0 Nama kode : Meuligoe – Dirilis 15 November 2008
  • BlankOn 5.0 Nama kode : Nanggar – Dirilis 16 Juni 2009
  • BlankOn 6.0 Nama kode : Ombilin – Dirilis 4 Juli 2010
  • BlankOn 7.0 Nama kode : Pattimura – Dirilis 17 Agustus 2011
  • BlankOn 8.0 Nama kode : Rote – Dirilis 17 Agustus 2012
  • BlankOn 9.0 Nama kode : Suroboyo – Dirilis 15 Februari 2014
  • BlankOn X Nama kode : Tambora – Beta-1 dirilis 20 Mei 2015

Sistem Operasi Be OS

15

BeOS adalah suatu sistem operasi untuk komputer pribadi (PC) yang pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Be (Be Inc.) pada tahun 1991. BeOS pertama kali ditulis untuk berjalan pada mesin BeBox.

BeOS dioptimalkan untuk pekerjaan media digital dan ditulis untuk mengambil keuntungan dari fasilitas perangkat keras modern seperti “symmetric multiprocessing” atas penggunaan lebar pita modul I/O (modular I/O bandwidth), pervasive multithreading, preemptive multitasking, dan suatu jurnal 64-bit yang disesuaikan dengan file sistem yang dikenal dengan nama BFS (Be File System).

Kelebihan dari perangkat keras Be Box adalah adanya multiprocessing, bandwith modulae dan kemampuannya dalam melakukan preemptive multitasking.

Sun Solaris OS

16

Sun Solaris merupakan sebuah sistem operasi keluarga Unix yang sebelumnya dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. Sun Microsystem menggantikan Sun OS sebelumnya yang telah ada pada tahun 1993. Setelah proses akuisisi Sun oleh Oracle pada bulan januari 2010, Solaris menjadi lebih dikenal sebagai Oracle Solaris.

Sistem operasi Solaris dikenal secara luas karena skalabilitas yang dimilikinya, utamanya pada sistem komputer berbasis SPARC, dan sejumlah fitur-fitur inovatif yang dibawanya seperti DTrace, ZFS (Zettabyte File System), dan Time Slider.

Sistem operasi ini dapat dijalankan di atas prosesor x86 baik 32bit atau 64bit (berbasis instruksi Amd64), serta prosesor SPARC baik yang diproduksi oleh Sun ataupun Fujitsu. Solaris terdaftar sebagai sistem operasi yang kompatibel dan memenuhi spesifikasi Single Unix Specification. Basisnya adalah UNIX, sistem operasi yang pada tahun 1992 mulai pengembangannya ini memiliki keunggulan dari sistem operasi lainnya, seperti terkenal Kestabilannya, Bisa mendapatkan lisensi atau pilihan kepemilikan, Bersifat opensource.

Nah, jika itu tadi sistem operasi yang ada pada komputer. Sekarang saya akan memberitahu juga bahwa ada juga macam-macam atau jenis OS yang digunakan untuk smartphone. Apa aja? Yuk, langsung liat dibawah ini.

17

1. Sistem operasi Google Android

Inilah sistem operasi terkenal di dunia milik perusahaan Alphabet. Semua perusahaan vendor smartphone pasti akan menggunakan Android sebagai OSnya. Sistem operasi ini berbasis Linux dan open source.

18

Sistem operasi ini juga awalnya di pasang di HTC dan seiring waktu diupdate terus dengan masing-masing update diberi nama Makanan.

Kelebihan:

  • Bersifat open source
  • Support dari Google
  • Adanya memori eksternal, sehingga mudah bagi kita untuk menambah disk space
  • Kita bisa mendapatkan harga yang murah untuk mendapatkannya

Kekurangan:

  • Sayangnya sistem memakan banyak ruang memori
  • Sering hang pada smartphone tertentu karena memang pembuatan software dan hardwarenya berbeda atau terpisah, sedangkan Apple memiliki IOS yang langsung terintegrasi dengan perangkatnya
  • Karena sifatnya yang open source maka virus sangat mudah untuk masuk

2. Sistem Operasi Apple IOS

19

Jika di Desktop ada Mac OS X maka di smartphone atau versi mobile ada IOS. OS yang diperkenalkan pada tahun 2008 ini membuat dunia tercengang karena menghadirkan smartphone pertama di dunia yang berhasil. Selain di Smartphone Apple iPhone, Os ini juga dipasang produk Apple lainnya seperti iPod, iPad .

Kelebihan:

  • Sangat mudah untuk integrasi dengan produk Apple lainnya
  • Widget ada di mana mana, sehingga akan sangat mudah dalam melakukan aktifitas dan meningkatkan produktifitas
  • Sangat responsif layar sentuhnya karena multi touch
  • Lancar, sehingga jarang ada lag
  • Penggunaan memori tidak terlalu besar

Kekurangan:

  • Karena ekslusif, maka hanya terbatas pada produk Apple saja
  • Harganya tergolong mahal
  • Tidak adanya media eksternal

3. Sistem Operasi Windows Phone

20

OS ini dibuat oleh perusahaan Microsoft yang mana diperuntukkan untuk sistem operasi Smartphone supaya bisa bersaing dengan Android. Sebelumnya OS ini dipasang pada merk smartphone Nokia Lumia dan sampai sekarang.

OS ini diluncurkan pada tahun 2010 dan tidak seperti Windows Khusus Komputer yang ditujukan untuk perusahaan, Smartphone ini ditujukan untuk mendapatkan pasar komputer.

Kelebihan:

  • Lebih mudah dalam penggunaannya bagi mereka yang terbiasa dengan sistem operasi Windows PC
  • Di smartphonenya hampir tersedia semua software yang ada di Desktop

Kekurangan:

  • Tidak terlalu menarik dibandingkan dengan Android dan IOS
  • Baterai Smartphone yang menggunakan OS ini cepat boros
  • Aplikasi tidak selengkap di Android dan IOS
  • Kemunculannya tergolong terlambat dibandingkan dengan OS lainnya

4. Sistem Operasi BlackBerry

21

BlackBerry OS adalah milik Sistem Operasi Mobile, yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone perangkat genggam. Sistem operasi menyediakan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan dalam handheld, khususnya trackwheel, trackball, dan yang paling baru, yang trackpad dan touchscreen.

Platform BlackBerry mungkin paling dikenal karena dukungan asli untuk email perusahaan, melalui MIDP 1.0 dan, baru-baru ini, sebuah subset dari MIDP 2.0, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, atau Novell GroupWise email, kalender, tugas, catatan, dan kontak, bila digunakan dengan BlackBerry Enterprise Server. Sistem operasi juga mendukung WAP 1.2.

Pembaruan sistem operasi dapat secara otomatis tersedia dari operator nirkabel yang mendukung BlackBerry atas memuat perangkat lunak udara (OTASL) layanan.

Pengembang pihak ketiga dapat menulis perangkat lunak menggunakan BlackBerry yang tersedia API kelas, meskipun aplikasi yang menggunakan fungsi tertentu harus digital ditandatangani.

Kelebihan:

  • Baterai
  • Sistem Operasi
  • Daya Tahan
  • Hardware

Kekurangan:

  • Aplikasi
  • Web Browsing
  • Bisnis
  • Perangkat Lunak Server

Nah, itulah sejarah tentang sistem operasi yang sering kita gunakan. Gimana? Apakah kamu sekarang sudah mengerti tentang sistem operasi? Tentu sudahkan, jika sudah mengerti tidak ada salahnya juga untuk mengetahui sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa.  Selamat membaca.