Pernah Menggunkan Smartphone Blackberry? Yuk, Ketahui Tentangnya Lebih Dalam Lagi

Kamu pasti pernah tahu tentang Blackberry. Yap, Blackberry kini sudah tidak banyak diproduksi karena kalah bersaing dengan Android. Namun, tahukah kamu sejarah Blackberry? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Blackbbery dengan lengkap. Penasaran? Langsung saja lihat dibawah ini.

Pengertian

BlackBerry adalah jajaran smartphone, tablet, dan layanan yang awalnya dirancang dan dipasarkan oleh perusahaan Kanada BlackBerry Limited (sebelumnya dikenal sebagai Research In Motion Limited). Blackberry saat ini dirancang, diproduksi, dan dipasarkan oleh TCL Communication (BlackBerry Mobile), BB Merah Putih, dan Optiemus untuk pasar global, Indonesia, dan India, terus-menerus menggunakan merek BlackBerry.

1

BlackBerry dianggap sebagai salah satu vendor smartphone paling terkemuka di dunia, yang mengkhususkan diri dalam komunikasi dan produktivitas mobile yang aman. Pada puncaknya pada bulan September 2013, ada 85 juta pelanggan BlackBerry di seluruh dunia. Namun, BlackBerry telah kehilangan posisi dominannya di pasaran karena kesuksesan platform Android dan iOS, jumlah yang sama telah turun menjadi 23 juta di bulan Maret 2016.

Baris BlackBerry secara tradisional menggunakan sistem operasi proprietary yang dikembangkan oleh BlackBerry Limited yang dikenal sebagai BlackBerry OS. Pada tahun 2013, BlackBerry memperkenalkan BlackBerry 10, perombakan utama platform berdasarkan sistem operasi QNX.

BlackBerry 10 memang dimaksudkan untuk menggantikan platform BlackBerry OS lawas dengan sistem baru yang semakin sesuai dengan pengalaman pengguna sistem operasi smartphone modern. Perangkat bertenaga BB10 pertama adalah BlackBerry Z10, yang diikuti oleh model all-touch dan keyboard lainnya, termasuk BlackBerry Q10, BlackBerry Classic, BlackBerry Passport, dan BlackBerry Leap.

Pada tahun 2015, BlackBerry kembali memfokuskan strategi bisnisnya dan mulai merilis smartphone berbasis Android, dimulai dengan slider BlackBerry Privat dan kemudian BlackBerry DTEK50. Pada tanggal 28 September 2016, Blackberry mengumumkan akan berhenti merancang ponselnya sendiri untuk memberi lisensi kepada mitra.

Sejarah

Blackberry di kembangkan oleh sebuah perusahaan canada yang hingga saat inipun, tidak banyak orang yang mengetahui namanya. Sangat berbeda dengan Nokia dan Motorola ataupun microsoft yang namanya dikenal luas, pembuat blackberry adalah perusahaan yang bernama Research in Motion.

2

Didirikan oleh seorang imigran yunani di kota waterloo, kanada. Pendiri Research in Motion, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki, membangun sebuah pemutar rekaman dsi Lego pada umur 4 (empat) tahun, sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di Universitas Waterloo.

Dia memilih drop out setelah memenangkan kontrak senilai 560 ribu US Dollar. Para pesimis mengasumsukan bahwa pesaing besar akan menenggelamkan produk blckberry dengan membanjiri pasar dengan produk yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti Nokia, motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing blackberry.

Keunggulan blackbery adalah mempunyai penampilan yang sangat bersabahat dan bisa selalu terhubung, jadi dimanapun anda, anda bisa selalu mengakses email (saat ini Facebook, Blogging, dll). Sejak peluncurannya pada tahun 1999, blackberry telah meraup lebih dari 8 juta pelanggan di seluruh dunia.

Sejalan dengan peningkatan kemampuan layanan komunikasi seluler, blackberry pun ikut terangkat. Dan dengan makin turunnya biaya komunikasi, pada akhirnya BlackBery menjad sebuah fenomena (saat ini kayaknya di Indonesia juga lagi demam Blackberry, anak–anak muda mulai pakai alat ini buat sosial media, Streaming dan browsing.

Awalnya, BlackBerry ingin dinamakan POCKET LINK sebuah nama yang fungsional tapi membosankan, kemudian juga HAMPIR dinamakan STRAWBERRY, karena mirip dengan buah strawberry, tapi terkesan terlalu jinak. Sehingga dinamakan BLACKBERRY, nama yang akrab tapi cerdas. BlackBerry masuk ke pasar pertama kali dengan memfokuskan diri pada layanan e-mail gegas. Pada awalnya, perangkat BlackBerry hanya memiliki layar monokrom, tetapi sekarang semua modelnya sudah memiliki tampilan layar berwarna.

Saat ini, RIM juga menawarkan layanan email BlackBerry untuk perangkat-perangkat non BlackBerry seperti Palm Treo dan Nokia E61, melalui peranti lunak BlackBerry Connect. Mengapa banyak orang yang kepincut BlackBerry? Salah satunya adalah keunggulannya mengirim dan menerima surat elektronik, secepat mengirim dan menerima SMS.

BB pun menjadi gadget yang wajib dimilki oleh remaja-remaja yang ingin diakui kekiniannya. Setelah serial Gossip Girl secara fenomenal mempromosikan BB. Serial tentang kehiduppan anak-anak muda upper Class Manhattan, Ney York-USA itu melabeli Blackberry sebagai lambang status kelas atas.

Perkembangan Blackberry

Tahun 2004, RIM merayakan ulang tahunnya yang ke 20 serta pencapaian pelanggan layanan BlackBerry yang menembus angka 1 juta di seluruh dunia. Saat ini, angka tersebut telah berkembang pesat dengan jumlah pelanggan lebih dari 15 juta. Tahun 1997-2001 Ini adalah periode awal kemunculan perangkat BlackBerry yang masih berupa pager dua arah (two way pager).

Meski berbentuk pager, perangkat BlackBerry ini sudah tampil beda dengan pager kebanyakan. Selain fiturnya, kehadiran keyboard QWERTY menjadi ciri khas saat itu. Layanan yang di sediakan bagi pelanggan hanya dua, yaitu e-mail dan WAP. Untuk menyediakan layanan itu RIM menggandeng dua penyedia layanan internet nirkabel, mereka adalah Data TAC dan Mobitex. Dua produk menggunakan layanan Data TAC dan tiga produk menggunakan akses Mobitex.

3

Seri 850 adalah perangkat yang menandai lahirnya BlackBerry di dunia. perangkat ini memililki fitur yang sederhana, layarnya masih menggunakan teknologi monochrome dengan ukuran kecil. Namun seri ini adalah awal dari semuanya, Tahun 2005 perangakat ini mendapat pengakuan dari PC Magazine sebagai 14th greatest gadget of the past 50 years.

Tahun 2001-2003

Di periode ini perangkat BlackBerry mulai diberi fasilitas telepon seluler menggunakan teknologi GSM (2G), begitu juga dengan akses datanya. Selain teknologi, desain BlackBerry pun telah terwujud engkap dengan keyboard QWERTY. Makanya RIM mulai mengenalkan BlackBerry sebagai perangkat hp pintar bukan lagi pager dua arah. Sejarah lain yang tercipta di tahun ini adalah mulai ditanamkannya BlackBerry OS.

4

Memiliki user interface dengan susunan menu khas BlackBerry yang sampai sekarang masih jadi patokan. Seri “Quark” merupakan jajaran BlackBerry yang sangat populer pada masa itu. Produk dalam seri “Quark” seperti 6230 telah dilengkapi dengan teknologi java sebagai pendukung platform web browsernya. Selain itu di periode ini pula RIM mengeluarkan untuk pertama kalinya BlackBerry berteknologi CDMA (6750) dengan menggandeng Verizon sebagai operatornya. Namun layarnya masih berteknologi monochrome.

Tahun 2003-2004

Salah satu produk yang legendaris dari periode ini adalah 7270. Dilengkapi dengan teknologi WiFi dan menawarkan akses data melalui jaringan WLAN terbatas yang bisa digunakan untuk menjalankan vitur VoIP. RIM mencoba menawarkan pilihan kepada konsumen dengan menggandeng penyedia layanan seluler. Di Amerika, mereka menggandeng iDen untuk menghadirkan fasilitas sensasional BlackBerry yaitu 7510 dan 7520 seperti GPS, komunikasi dua rah (walki talki) dan Bluetooth.

Tahun 2004-2006

Dan yang terbaru lagi adalah SureType yang mereka kenalkan ke pasar. Adalah dengan konsep satu tombol memuat dua huruf dan didukung dengan fitur text predictive input seperti teknologi T9 yang sekarang kita kenal. Alasan penerapan SureType ini adalah memberikan kemudahan bagi pengguna yang kurang suka dengan keyboard QWERTY konvensional. Karena penerapan keyboard ini pula BlackBerry seperti 7100v dan 7130e, memiliki desain yang ramping.

5

Fitur-fitur baru terus ditanamkan pada perangkat BlackBerry, seperti layar warna yang lebih baik, kamera, slot kartu memori dan aplikasi chating. Dan juga mengenalkan TrackBall sebagai pengganti TrackWheel. Dan ini merupakan perangkat pengakses menu di BlackBerry. Bedanya, TrackWheek menggunakan konsep yang sama dengan TrackWhel di mouse komputer.

TrackBall berbentuk bola yang diletakan di bawah layar. Konsep TrackBall di puji banyak kalangan karena aksesnya yang lebih nyaman dan cepat. Seri 8100 merupakan produk pertama yang menerapkan tombol navigassi TrackBall. RIM mengklasifikasikan produknya ke dalam seri tertentu untuk memudahkan pengguna membedakan keunggulan masing-masing. Nama seri terebut adalah Electron (87xx), pearl (81xx), GammaRay (88xx), Curve (83xx), Bold (9000), Javelin (8900) dan Storm (9500) dengan layar sentuhnya.

30 Januari 2013

BlackBerry mengumumkan perilisan seri Z10 dan Q10. Kedua model ini mengunggulkan fitur layar sentuh.

12 Agustus 2013

BlackBerry mengumumkan niat untuk menjual perusahaan karena posisi keuangan yang semakin tidak menguntungkan mereka dan persaingan dalam mobile industry.

BlackBerry sempat mengalami keterpurukan setelah tren ponsel berbasis Android mulai merajalela. Dari sini tampak perangkat BlackBerry mulai mengalami penurunan.

Akan tetapi, BlackBerry tampaknya masih memiliki senjata dengan merilis perangkat terbaru dan mengandalkan pengembangan software, termasuk keamanan dan aplikasi.

Tahun 2015

BlackBerry resmi meluncurkan BlackBerry Priv, sebuah phablet slider yang memanfaatkan sistem operasi Android dengan keamanan tambahan.

Tahun 2016

BlackBerry meluncurkan Android mid-range bernama DTEK50. Kini, BlackBerry telah mengumumkan perangkat KEYone di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2017 Barcelona. Tidak hanya itu, mereka juga menghadirkan Aurora pada bulan ini di Indonesia.

Sejarah BlackBerry di Indonesia

BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel. Akibat tuntutan pemerintah Indonesia, BlackBerry akhirnya membuka kantor perwakilan di Indonesia pada November 2010.

Perangkat Keras

Ponsel berbasis LTE modern seperti BlackBerry Z10 memiliki Qualcomm Snapdragon S4 Plus, Qualcomm SOC berpemilik yang berbasis pada arsitektur ARMv7-A, yang menampilkan dua core CPU Qualcomm Krait 1.5 Ghz, dan GPU Adreno 225 MHz 400 MHz. Ponsel BlackBerry berbasis GSM menggabungkan prosesor ARM 7, 9 atau 11.

Beberapa model BlackBerry (Torch 9850/9860, Torch 9810, dan Bold 9900/9930) memiliki MSC8655 Snapdragon S2 SOC 1,2 GHz, memori sistem 768 MB, dan penyimpanan 8 GB on-board. Model tingkat pemula, seperti Curve 9360, menampilkan Marvell PXA940 yang diberi clock 800 MHz.

6

Beberapa perangkat BlackBerry sebelumnya, seperti Bold 9000, dilengkapi dengan prosesor Intel XScale 624 MHz. Bold 9700 menampilkan versi terbaru dari prosesor Bold 9000 namun diberi clock pada kecepatan yang sama. Curve 8520 menampilkan prosesor 512 MHz, sementara smartphone BlackBerry 8000 series, seperti 8700 dan Pearl, didasarkan pada ARMv5TE PXA900 312 MHz ARMv5TE.

Pengecualian untuk ini adalah BlackBerry 8707 yang berbasis chipset Qualcomm 3250 80 MHz; Hal ini disebabkan chipset PXA900 yang tidak mendukung jaringan 3G. Prosesor 80 MHz di BlackBerry 8707 berarti perangkat ini sering kali lebih lambat untuk mendownload dan membuat halaman web lebih dari 3G daripada 8700 jaringan EDGE. Perangkat BlackBerry awal, seperti BlackBerry 950, menggunakan prosesor berbasis Intel 80386.

Ponsel andalan BlackBerry terbaru BlackBerry Z30 berbasis pada 5 “Super AMOLED, resolusi 1280×720, dengan kedalaman warna 295 ppi 24-bit dan didukung oleh Quad-Graphics dan Qualcomm Dual Core 1.7 GHz MSM8960T Pro.

BlackBerry pertama dengan sistem operasi Android dirilis pada akhir November 2015, BlackBerry Privat 192 gram/6.77 ons. BB diluncurkan dengan versi 5.1.1 namun kemudian diupgrade ke versi 6.0 Android Marshmallow. Ini pertama kali tersedia di empat negara namun meningkat ke 31 negara pada tanggal 28 Februari 2016.

Dengan menggunakan prosesor Qualcomm 8992 Snapdragon 808 Hexa-Core, 64 bit, Adreno 418, 600 MHz GPU dengan prosesor RAM 3GB, unit ini dilengkapi dengan layar OLED 5,4 inci (2560 x 1440) OLED dan keyboard QWERTY geser yang tersembunyi saat tidak digunakan. Pengenalan suara Google yang memungkinkan untuk mendikte e-mail juga tersedia.

Priv mempertahankan fitur BlackBerry 10 terbaik. Baterai 3,410mAh dikatakan menyediakan 22,5 jam penggunaan campuran. Kamera 18 megapiksel, dengan lensa Schneider-Kreuznach, juga bisa merekam video 4K, kamera selfie sekunder juga disediakan. Beberapa aplikasi penting yang unik untuk Priv tersedia di Google Play pada pertengahan Desember.

Perangkat Lunak

Sebuah sistem operasi baru, BlackBerry 10, diluncurkan untuk dua model BlackBerry baru (Z10 dan Q10) pada tanggal 30 Januari 2013. Di BlackBerry World 2012, CEO RIM Thorsten Heins menunjukkan beberapa fitur baru OS, termasuk kamera yang mampu memutar ulang bingkai demi bingkai secara terpisah dari wajah individu dalam sebuah gambar, untuk memungkinkan pemilihan gambar terbaik yang berbeda, yang kemudian dijahit secara mulus ke komposit yang optimal, keyboard cerdas, prediktif, dan adaptasi, dan sebuah antarmuka pengguna berbasis isyarat yang dirancang seputar gagasan “mengintip” dan “mengalir”. Aplikasi tersedia untuk perangkat BlackBerry 10 melalui etalase BlackBerry World.

7

Sistem operasi sebelumnya yang dikembangkan untuk perangkat BlackBerry yang lebih tua adalah BlackBerry OS, lingkungan multitasking eksklusif yang dikembangkan oleh RIM. Sistem operasi ini dirancang untuk penggunaan perangkat input seperti track wheel, track ball, dan track pad. OS menyediakan dukungan untuk Java MIDP 1.0 dan WAP 1.2. Versi sebelumnya mengizinkan sinkronisasi nirkabel dengan email dan kalender Microsoft Exchange Server, serta dengan email Lotus Domino.

OS 5.0 menyediakan subset MIDP 2.0, dan memungkinkan aktivasi dan sinkronisasi nirkabel lengkap dengan email Exchange, kalender, tugas, catatan dan kontak, dan menambahkan dukungan untuk Novell GroupWise dan Lotus Notes. BlackBerry Curve 9360, BlackBerry Torch 9810, Bold 9900/9930, Curve 9310/9320 dan Torch 9850/9860 menampilkan BlackBerry OS 2011. 7. Aplikasi tersedia untuk perangkat ini melalui BlackBerry World (yang sebelum 2013 disebut BlackBerry App World).

Pengembang pihak ketiga dapat menulis perangkat lunak menggunakan API ini, dan API BlackBerry miliknya juga. Aplikasi apa pun yang menggunakan fungsi terbatas tertentu harus ditandatangani secara digital sehingga dapat dikaitkan ke akun pengembang di RIM.

Prosedur penandatanganan ini menjamin kepengarangan suatu aplikasi namun tidak menjamin kualitas atau keamanan kode. RIM menyediakan alat untuk mengembangkan aplikasi dan tema untuk BlackBerry. Aplikasi dan tema dapat dimuat ke perangkat BlackBerry melalui BlackBerry World, Over The Air (OTA) melalui browser mobile BlackBerry, atau melalui BlackBerry Desktop Manager.

Perangkat BlackBerry, serta platform Android, iOS, dan Windows Phone, memiliki kemampuan untuk menggunakan BlackBerry Messenger proprietary, yang juga dikenal sebagai BBM, perangkat lunak untuk mengirim dan menerima pesan instan terenkripsi, catatan suara, gambar dan video melalui PIN BlackBerry.

Selama ponsel Anda memiliki rencana data, semua pesan ini gratis. Beberapa fitur BBM mencakup grup, pemindaian kode batang, daftar, kalender bersama, Musik BBM dan integrasi dengan aplikasi dan game menggunakan platform sosial BBM.

Pada bulan April 2013, BlackBerry mengumumkan bahwa mereka telah mematikan layanan streaming musiknya, BBM Music, yang aktif selama hampir dua tahun sejak diluncurkan. BlackBerry Messenger Music ditutup pada tanggal 2 Juni 2013.

Pada bulan Juli 2014, BlackBerry mengungkapkan BlackBerry Assistant, fitur baru untuk BlackBerry OS 10.3, dan perangkat keras BlackBerry Passport. Fitur ini adalah asisten pribadi digital untuk membantu Anda tetap “terorganisir, berpengetahuan dan produktif.”

Pada bulan Desember 2014, BlackBerry dan NantHealth, penyedia data yang berfokus pada kesehatan, meluncurkan browser genom kanker yang aman, memberi dokter kemampuan untuk mengakses data genetik pasien pada smartphone BlackBerry Passport.

Konektivitas

Smartphone BlackBerry dapat diintegrasikan ke dalam sistem email organisasi melalui paket perangkat lunak yang disebut BlackBerry Enterprise Server (BES) melalui versi 5, dan BlackBerry Enterprise Service (BES) pada versi 10. (Tidak ada versi 6 sampai 9.). Versi BES tersedia untuk Microsoft Exchange, Lotus Domino, Novell GroupWise dan Google Apps.

Sementara pengguna individual mungkin dapat menggunakan layanan email penyedia layanan nirkabel tanpa harus menginstal BES sendiri, organisasi dengan beberapa pengguna biasanya menjalankan BES di jaringan mereka sendiri. Perangkat BlackBerry yang menjalankan BlackBerry OS 10 atau yang lebih baru juga dapat dikelola secara langsung oleh Microsoft Exchange Server, dengan menggunakan kebijakan Exchange ActiveSync (EAS), dengan cara yang sama dengan perangkat iOS atau Android. (EAS mendukung kontrol manajemen yang lebih sedikit daripada yang dilakukan BES). Beberapa perusahaan pihak ketiga menyediakan solusi BES yang di-host.

Setiap BlackBerry memiliki ID unik yang disebut PIN BlackBerry, yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat ke BES. BlackBerry sekaligus menyediakan perangkat lunak BES gratis yang disebut BES Express (BESX).

Fitur BES utama adalah me-relay email dari corporate mailbox ke ponsel BlackBerry. BES memonitor kotak pesan pengguna, menyampaikan pesan baru ke telepon melalui Pusat Operasi Jaringan (NOC) BlackBerry dan penyedia nirkabel pengguna. Fitur ini dikenal sebagai push email, karena semua email baru, kontak, entri tugas, entri memopad, dan entri kalender segera didorong ke perangkat BlackBerry (berlawanan dengan pengguna yang menyinkronkan data secara manual atau meminta polling perangkat di server. interval).

BlackBerry juga mendukung polling email, melalui aplikasi pihak ketiga. Sistem pesan yang ada di dalam BlackBerry hanya mengerti bagaimana menerima pesan dari BES atau BIS, layanan ini menangani koneksi ke penyedia surat pengguna. Penyimpanan perangkat juga memungkinkan pengguna ponsel mengakses semua data secara off-line di daerah tanpa layanan nirkabel. Saat pengguna terhubung kembali ke layanan nirkabel, BES mengirimkan data terbaru.

Fitur dari model BlackBerry yang terbaru adalah kemampuan mereka untuk melacak lokasi pengguna dengan cepat melalui trilateration tanpa menggunakan GPS, sehingga menghemat masa pakai baterai. Trilaterasi dapat digunakan sebagai cara yang cepat dan tidak terlalu intensif untuk menyediakan aplikasi yang sadar lokasi dengan koordinat pengguna. Namun, keakuratan trilaterasi BlackBerry kurang dari GPS karena sejumlah faktor, termasuk penyumbatan menara sel oleh bangunan besar, pegunungan, atau jarak.

BES juga menyediakan konektivitas TCP/IP dengan akses melalui komponen yang disebut MDS (Mobile Data System) Connection Service. Hal ini memungkinkan pengembangan aplikasi kustom menggunakan aliran data pada perangkat BlackBerry berdasarkan platform Java ME Sun Microsystems.

Selain itu, BES menyediakan keamanan jaringan, dalam bentuk Triple DES atau, yang lebih baru lagi, enkripsi AES dari semua data (lalu lintas email dan MDS) yang berjalan di antara ponsel BlackBerry dan sebuah BlackBerry Enterprise Server.

Sebagian besar penyedia layanan menawarkan harga bulanan tetap dengan tarif Blackberry khusus untuk data tak terbatas antara unit BlackBerry dan BES. Selain menerima email, organisasi dapat membuat intranet atau aplikasi internal khusus dengan lalu lintas yang tidak terukur.

Dengan versi platform BlackBerry yang lebih baru, MDS bukan lagi persyaratan untuk akses data nirkabel. Dimulai dengan OS 3.8 atau 4.0, ponsel BlackBerry dapat mengakses Internet (yaitu akses TCP/IP) tanpa MDS – sebelumnya hanya akses email dan WAP yang dimungkinkan tanpa BES/MDS. BES/MDS masih diperlukan untuk mendapatkan email, akses data, dan aplikasi yang aman yang memerlukan WAP dari operator yang tidak mengizinkan akses WAP.

Alternatif utama menggunakan BlackBerry Enterprise Server adalah menggunakan BlackBerry Internet Service (BIS). BlackBerry Internet Service tersedia di 91 negara secara internasional. BlackBerry Internet Service dikembangkan terutama untuk konsumen rata-rata dan bukan untuk konsumen bisnis.

Layanan ini memungkinkan pengguna mengakses akun email POP3, IMAP, dan Outlook Web App (tidak melalui Exchange ActiveSync) tanpa menghubungkan melalui BlackBerry Enterprise Server (BES). BlackBerry Internet Service memungkinkan hingga 10 akun email diakses, termasuk akun email milik dan publik (seperti Gmail, Outlook, Yahoo dan AOL). BlackBerry Internet Service juga mendukung kemampuan push berbagai Aplikasi BlackBerry lainnya.

Berbagai aplikasi yang dikembangkan oleh RIM untuk BlackBerry memanfaatkan kemampuan push BIS, seperti klien Instant Messaging (seperti Google Talk, Windows Live Messenger dan Yahoo Messenger). Aplikasi MMS, PIN, game interaktif, pemetaan dan perdagangan yang memerlukan rencana data seperti BIS (bukan hanya Wi-Fi) untuk digunakan. Layanan ini biasanya disediakan melalui penyedia layanan telepon seluler, meski BlackBerry benar-benar menjalankan layanan ini.

Pada 2011-10-10 10:00 UTC terjadi pemadaman di Eropa, Timur Tengah dan Afrika, yang mempengaruhi jutaan pengguna BlackBerry. Ada gangguan lain di hari berikutnya. Pada 12 Oktober 2011, Layanan Internet Blackberry turun di Amerika Utara. Research In Motion menghubungkan kelebihan data karena kegagalan pengalihan di dua pusat data mereka di Waterloo di Kanada dan Slough di Inggris sebagai penyebab gangguan layanan.

Ponsel dengan klien email BlackBerry

Beberapa ponsel non-BlackBerry telah dirilis yang menampilkan klien email BlackBerry yang terhubung ke server BlackBerry. Banyak dari ponsel ini memiliki keyboard QWERTY lengkap.

  • AT & T Tilt
  • HTC Advantage X7500
  • HTC TyTN
  • Motorola MPx220, beberapa model
  • Nokia 6810
  • Nokia 6820
  • Nokia 9300
  • Nokia 9300i
  • Nokia 9500
  • Ponsel Nokia Eseries, kecuali model Nokia E66, Nokia E71
  • Qtek 9100
  • Qtek 9000
  • Samsung t719
  • Siemens SK65
  • Sony Ericsson P910
  • Sony Ericsson P990
  • Sony Ericsson M600i
  • Sony Ericsson P1

Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Perangkat lunak pihak ketiga yang tersedia untuk digunakan pada perangkat BlackBerry mencakup sistem manajemen basis data berfitur lengkap, yang dapat digunakan untuk mendukung klien manajemen hubungan pelanggan dan aplikasi lain yang harus mengelola volume besar data yang berpotensi rumit.

Pada bulan Maret 2011, RIM mengumumkan sebuah pemutar Android opsional yang dapat memainkan aplikasi yang dikembangkan untuk sistem Android yang akan tersedia untuk BlackBerry PlayBook, entri pertama RIM di pasar tablet.

Pada 24 Agustus 2011 Bloomberg News melaporkan rumor tidak resmi bahwa perangkat BlackBerry akan dapat menjalankan aplikasi Android saat RIM menghadirkan QNX dan Android App Player ke BlackBerry. Pada tanggal 20 Oktober 2011 RIM secara resmi mengumumkan bahwa aplikasi Android dapat berjalan, tidak dimodifikasi, pada tablet BlackBerry dan ponsel BlackBerry terbaru, menggunakan versi terbaru dari sistem operasinya.

Produk

Perangkat Android:

8

  • BlackBerry Aurora (2017)
  • BlackBerry KEYone (2017)
  • BlackBerry DTEK60 (2016)
  • BlackBerry DTEK50 (2016)
  • BlackBerry Priv (2015)

Perangkat BlackBerry 10:

9

  • BlackBerry Leap (2015)
  • BlackBerry Classic (2014)
  • Paspor BlackBerry (2014)
  • Desain Porsche BlackBerry P’9983 (2014)
  • BlackBerry Z3 (2014)
  • BlackBerry Z30 (2013)
  • Desain Porsche BlackBerry P’9982 (2013)
  • BlackBerry Q10 (2013)
  • BlackBerry Z10 (2013)
  • BlackBerry Q5 (2013)

Perangkat BlackBerry 7:

10

  • Seri BlackBerry Bold (2011): BlackBerry Bold 9900/9930/9790
  • BlackBerry 9720 (2013)
  • Desain Porsche BlackBerry (2012): Desain Porsche BlackBerry P’9981
  • Seri BlackBerry Torch (2011): BlackBerry Torch 9810
  • Seri BlackBerry Torch (2011): BlackBerry Torch 9850/9860
  • Seri BlackBerry Curve (2011): BlackBerry 9350/9360/9370/9380
  • BlackBerry Curve 9320/9220 (2012)

Perangkat BlackBerry 6:

11

  • Seri BlackBerry Torch (2010): BlackBerry Torch 9800
  • Seri BlackBerry Curve (2010): BlackBerry Curve 9300/9330
  • BlackBerry Style 9670 (2010)
  • Seri BlackBerry Pearl (2010): BlackBerry Pearl 3G 9100/9105
  • Seri BlackBerry Bold (2010-2011): BlackBerry Bold 9780/9788

Perangkat BlackBerry 5:

12

  • Seri BlackBerry Bold (2008-2010): BlackBerry Bold 9000/9700/9650
  • Seri BlackBerry Tour (2009): BlackBerry Tour (9630)
  • Seri BlackBerry Storm (2009): BlackBerry Storm 2 (9520/9550)
  • Seri BlackBerry Storm (2008): BlackBerry Storm (9500/9530)
  • Seri BlackBerry Curve (2009-2010): BlackBerry Curve 8900 (8900/8910/8980)
  • Seri BlackBerry Curve (2009): BlackBerry Curve 8520/8530

Perangkat Blackberry 4:

13

  • Seri BlackBerry 8800 (2007): BlackBerry 8800/8820/8830
  • Seri BlackBerry Pearl (2006): BlackBerry Pearl 8100/8110/8120/8130
  • Seri BlackBerry Pearl Flip (2008): BlackBerry Pearl Flip 8220/8230
  • Seri BlackBerry Curve (2007): BlackBerry Curve 8300 (8300/8310/8320/8330 / 8350i)

Perangkat Blackberry 3:

14

  • Seri Blackberry berbasis Java: 5000, 6000

Perangkat Blackberry 2:

15

  • Seri ponsel Blackberry: 7100
  • Seri warna Blackberry: 7200, 7500, 7700

Perangkat Blackberry 1:

16

  • Model pager Blackberry: 850, 857, 950, 957

Akses Agen Keamanan

Research in Motion setuju untuk memberikan akses komunikasi pribadi kepada pemerintah Uni Emirat Arab dan Arab Saudi pada tahun 2010, dan India pada tahun 2012. Pemerintah Saudi dan UEA telah mengancam untuk melarang layanan tertentu karena agen penegak hukum mereka tidak dapat mendekripsi pesan antara orang-orang yang berkepentingan.

Hal itu terungkap sebagai bagian dari pengawasan surveilans massal tahun 2013 bahwa badan intelijen Amerika dan Inggris, Badan Keamanan Nasional (NSA) dan Markas Besar Komunikasi Pemerintah (GCHQ) masing-masing, memiliki akses ke data pengguna pada perangkat BlackBerry. Agensi dapat membaca hampir semua informasi tentang smartphone, termasuk SMS, lokasi, e-mail, dan catatan melalui BlackBerry Internet Service, yang beroperasi di luar jaringan perusahaan, dan yang berbeda dengan data yang melalui layanan BlackBerry internal (BES) hanya kompres tapi tidak mengenkripsi data.

Dokumen menyatakan bahwa NSA dapat mengakses sistem e-mail BlackBerry dan mereka bisa “melihat dan membaca lalu lintas SMS”. Ada periode singkat di tahun 2009 ketika NSA tidak dapat mengakses perangkat BlackBerry, setelah BlackBerry berubah cara mereka memampatkan data mereka. Akses ke perangkat didirikan kembali oleh GCHQ. GCHQ memiliki tool bernama SCRAPHEAP CHALLENGE, dengan kemampuan “spoofing email yang sempurna dari target Blackberry”.

Sebagai tanggapan atas wahyu pejabat BlackBerry menyatakan bahwa “Bukannya kami mengomentari laporan media terkait dugaan pengawasan pemerintah terhadap lalu lintas telekomunikasi” dan menambahkan bahwa “pipa pintu belakang” ke platform mereka belum dibangun dan tidak ada.

Perlu dicatat bahwa akses serupa oleh badan intelijen ke perangkat mobile lainnya ada, menggunakan teknik serupa untuk meretasnya.

Perangkat lunak BlackBerry mencakup dukungan untuk algoritma Dual EC DRBG CSPRNG yang, karena kemungkinan diblokir oleh NSA, Institut Nasional Standar dan Teknologi AS “sangat merekomendasikan” tidak lagi digunakan. Namun, BlackBerry Ltd belum memberikan saran kepada pelanggannya, karena mereka tidak menganggap kemungkinan kerentanan backdoor. BlackBerry Ltd juga memiliki paten AS 2007189527, yang mencakup desain teknis backdoor.

Basis pengguna

17

Jumlah pengguna BlackBerry aktif sejak tahun 2003 secara global:

Nah, itulah penjelasan secara lengkap mengenai Blackberry. Semoga artikel diatas bisa sangat bermanfaat dan menambah wawasan ya. Selamat membaca dan terima kasih.