Sering Membuka YouTube? Yuk, Pahami Lebih Dalam Tentangnya Disini

Kamu pasti pernah memutar video atau mendengar musik dari YouTube. Namun, tahukah kamu sejarah dari YouTube? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu YouTube dan sejarahnya. Langsung saja liat ulasannya dibawah ini.

Pengertian YouTube

1

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

Kebanyakan konten di YouTube di unggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas.

Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.

YouTube adalah sebuah situs website yang dirancang untuk Men-Share atau berbagi Vidio. Pengguna YouTube bisa mencapai jutaan bahkan ribuan pengguna YouTube. Pengguna di seluruh dunia telah membuat akun di situs YouTube. Di perkirakan dalam satu menitnya pengguna YouTuber meng-upload sebanyak 35 jam video yang di ungah ke YouTube.

File video bisa sangat besar dari mb-mban sampai giga-giganan. Dengan YouTube anda bisa mengirim video itu dengan “Link Url” yaitu alamat dari halaman internet yang relavan. Link Url bisa anda kirim menggunakan situs media sosial (Facebook, Twwiter, Instragram, dll) atau anda juga dapat mengirim url dengan Email (yahoo, Gmail, dll).

YouTube dibuat pada tahun 2005. YouTube dibuat oleh 3 orang mantan pegawai Paypal pada Februaru 2005. Ketiga orang tersebut adalah Chad Hurley, Steven chen, dan jawed karim. Mereka mendaftarkan domain YouTube.com pada bulan februari tahun 2005.

2

YouTube dimaksudkan untuk orang-orang. Untuk mengirim dan berbagi konten video asli. Tapi sejak saat itu juga menjadi baik arsip untuk menyimpan video Favorite, lagu dan lelucon, serta situs penayangan iklan untuk produk-produk mereka.

Saat ini “video virus” istilah umum. Hal ini mengacu pada klip video yang orang menyukai begitu banyak bahwa mereka telah berbagi link-nya melalui email dengan jutaan orang lain di seluruh dunia – pada dasarnya, itu menyebar seperti virus.

Perusahaan telah menyadari bahwa mereka dapat memanfaatkan kemampuan ini untuk menjangkau pelanggan potensial dan telah menciptakan account YouTube mereka sendiri untuk posting iklan dan video pemasaran lainnya.

Film dan televisi perusahaan mempertahankan kontrol ketat atas konten mereka sendiri dan blok ilegal berbagi program mereka. Namun, beberapa sekarang menggunakan YouTube untuk memungkinkan penggemar untuk melihat trailer berkualitas tinggi atau mengulangi acara baru-baru ini ditayangkan.

Sejarah Berdirinya

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.

3

Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco.

Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan “tampaknya diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna konsumen”.

4

YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.

5

Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.

YouTube menawarkan uji beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari.

Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010. YouTube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya.

Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000. Alexa menempatkan YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.

Pemilihan nama www.youtube.com memunculkan masalah dengan situs bernama serupa, www.utube.com. Pemilik situs tersebut, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006 setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube.

Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com. Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham.

Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006. Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun 2007 ditulis “tidak material” dalam pengisian formulir wajib.

Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan YouTube tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya. Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan warga Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.

YouTube menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006. Bulan November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS, yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi nama “Shows”.

Tindakan ini bertujuan menciptakan persaingan dengan situs web seperti Hulu, yang menyimpan material tayangan dari NBC, Fox, dan Disney. Bulan November 2009, YouTube meluncurkan “Shows” untuk penonton Britania Raya dan menawarkan sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60 mitranya.

Pada Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring, yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.

Pada bulan Maret 2010, YouTube mulai menyiarkan konten tertentu secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket Indian Premier League. Menurut YouTube, ini merupakan siaran acara olahraga besar via Internet pertama di dunia yang bersifat gratis.

Pada tanggal 31 Maret 2010, YouTube meluncurkan desain situs baru dengan tujuan menyederhanakan antarmuka dan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs ini. Manajer Produk Google Shiva Rajaraman berkomentar: “Kami merasa perlu mundur sedikit dan membereskan segalanya.”

Pada bulan Mei 2010, YouTube dilaporkan melayani lebih dari dua miliar video per hari, jumlah yang dianggap “nyaris dua kali lipat penonton primetime di ketiga jaringan televisi terbesar Amerika Serikat”. Pada Mei 2011, YouTube melaporkan di blog perusahaannya bahwa situs ini menerima lebih dari tiga miliar kunjungan per hari. Bulan Januari 2012, YouTube menyatakan bahwa jumlah tersebut naik menjadi empat miliar per hari.

Bulan Oktober 2010, Hurley menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan CEO YouTube dan menjadi penasihat perusahaan. Salar Kamangar akan mengambil alih kendali perusahaan ini.

Pada bulan April 2011, James Zern, seorang teknisi perangkat lunak YouTube, mengungkapkan bahwa 30 persen video di YouTube mewakili 99 persen kunjungan ke situs ini.

Pada November 2011, jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube dan penjelajah web Chrome, sehingga video-video YouTube bisa ditonton di Google+. Bulan Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru.

Kanal video ditampilkan di kolom tengah halaman utama, sama seperti umpan berita situs-situs jejaring sosial. Pada saat yang sama, versi baru logo YouTube dipasang dengan bayangan merah yang lebih gelap. Inilah perubahan desain pertama mereka sejak Oktober 2006.

Dengan pencapaian yang diraih YouTube pada tahun 2006 tidak membuat YouTube merasa puas, terbukti pada awal tahun 2007 YouTube mulai memberikan YouTube awards yang merupakan penghargaan kepada video YouTube terbaik tahunan yang dinilai lewat vote pengguna.

Selanjutnya YouTube juga bekerjasama dengan CNN untuk bisa menayangkan debat presidensial di Amerika antara Republik dan Demokrat tepatnya pada tanggal 23 juli dan 28 november 2007.

Masih di tahun 2007 YouTube juga bekerja sama dengan MGM (Lions Gate Entertaiment) dan CBS yang telah diberikan kebebasan untuk mengupload full legth film ekslusif bioskop ataupun efisode dari sebuah serial tv. Yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh Hulu yang sudah terlebih dahulu menayangkan bahan-bahan tontonan dari FOX, NBC serta Disney.

6

YouTube tidak pernah berhenti untuk mengembangkan dan melebarkan sayapnya. Tepatnya pada bulan maret 2010 melakukan atau memulai streaming untuk beberapa konten eksklusif yang waktu itu hanya bisa di nikmati oleh masyarakat Amerika.

Selanjutnya pada tanggal 31 maret 2012 YouTube telah di rilis ulang menggunakan desain baru yang dibuat untuk simplifikasi antarmuka serta meningkatkan jumlah waktu digunakan oleh pengguna di YouTube itu sendiri.

Kabar yang menakjubkan bahwa YouTube telah mampu menyajikan 4 triliun video perharinya bahkan bisa lebih data ini diambil pada tahun 2012, yang sebelumnya telah dilaporkan mencapai 2 sampai 3 triliun per harinya, sungguh pergerakan yang sangat cepat.

Mungkin sampai disini dulu penjelasan tentang sejarah berdirinya situs web YouTube yang sekarang perkembangannya semakin meningkat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua dan menjadi insfirasi baru buat kalian.

Karena kalau kita yakin dan tekun pada satu hal, kesuksesan sudah menunggu didepan asal kita tetap konsisten sama yang kita kerjakan. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam pembuatan artikel ini, ini dibuat hanya semata-mata untuk menambah pengetahuan kalian tentang YouTube.

Manfaat Untuk User/Pengguna

1. Memberikan Layanan Gratis

Secara umum, YouTube menawarkan layanan gratis khususnya untuk menikmati dan mengakses video-video yang masuk dalam sistemnya. Ini berarti bahwa untuk mengakses video apapun, seorang pengguna tidak perlu memiliki akun premium atau membayar sejumlah uang dalam skala waktu tertentu.

Paling banter, seorang pengguna harus membeli pulsa dan menggunakan kuotanya untuk mengakses video-video yang menarik perhatiannya. Selain itu, pengguna dapat mengakses video-video tersebut secara gratis.

Ketentuan yang sama juga berlaku pada layanan mengunggah atau menampilkan video dan membuatnya accesible oleh pengguna dan khalayak ramai. Kecuali dalam keadaan dan ketentuan tertentu, seperti video dengan kualitas tinggi, tingkat kecerahaan maksimal dan berbagai fitur ungguan lainnya, tarif premium bisa diberlakukan.

Ini biasanya dapat ditemukan pada akun-akun resmi perusahaan besar yang sudah memiliki nama dan menggunakan YouTube sebagai media promosi, branding atau sekadar melayangi kebutuhan pelanggan setianya.

2. Men-download (Unduh) Beberapa Video Tertentu

Selain memudahkan pengguna untuk mengakses dan atau menonton seluruh video yang masuk dalam database-nya, YouTube juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh beberapa video-video tertentu.

Video yang demikian biasanya berukuran HD atau High Definition sehingga jika seorang pengguna ingin menonton sebuah video berkali-kali, ia hanya perlu mengunduhnya. Setelah berhasil terunduh, sebuah video dapat disimpan di gadget masing-masing untuk dinikmati kapanpun tanpa menggunakan sambungan internet.

3. Mengakses dan Berbagi Informasi seputar Hal-Hal Teknis

Banyak pengguna yang mengakses YouTube untuk mengetahui cara-cara melakukan beberapa hal tertentu, seperti demo memasak, cara menggunakan aplikasi dalam komputer atau telepon pintar, meracik jamu dan obat herbal, mendaur ulang sampah, cara praktis melakukan berbagai hal yang awalnya rumit atau tidak efektif, mengasah berbagai skill dan lain sebagainya.

Karena itu, selain Google, YouTube sering menjadi referensi utama dan pertama untuk mendapatkan informasi tentang apapun. Bedanya, jika Google menyajikan banyak pilihan sumber informasi, mulai dari buku, artikel ilmiah, artikel populer, berita dan lain sebagainya, maka YouTube secara khusus menyediakan video.

Inilah yang membuat YouTube istimewa karena ia menggabungkan beberapa hal mulai dari informasi, layanan audio serta layanan visual. Kombinasi tiga hal tersebut tentu lebih dapat membantu pengguna yang ingin memelajari sesuatu karena ia mendapatkan gambaran utuh mengenai cara melakukan hal tertentu yang efektif serta tepat guna.

Tak hanya menikmati informasi yang dibagikan pengguna lain, YouTube juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi seputar hal yang mereka kuasai, semisal teknik berenang dengan berbagai gaya, trik melipat baju dengan cepat dan hasil yang rapi, cara bermain bola, simulasi mengatasi kebakaran, simulasi gosok gigi yang baik dan benar, simulasi stand up comedy dan lain sebagainya.

YouTube di sini kemudian menjadi semacam rumah bersama di mana para pengguanya secara aktif take and give pengetahuan tentang hal-hal teknis yang mereka kuasai.

4. Mengakses Video Streaming

Mengakses video streaming, baik live maupun tidak, merupakan manfaat lain yang ditawarkan YouTube. Siaran yang ditayangkan di televisi lokal, nasional bahkan internasional bisa diakses melalui YouTube, baik siaran tersebut tengah atau telah disiarkan.

Karena itu, pengguna tidak perlu khawatir dan cemas akan ketinggalan siaran yang mereka suka, semisal pertandingan bola, cricket, siaran berseri atau siaran-siaran tertentu yang diminati. Jika mereka tengah di perjalanan dan tidak dapat mengakses TV, siaran di YouTube dapat sangat membantu.

Hal yang sama juga terjadi ketika si pengguna ketinggalan menonton acara dan siaran kesayangannya karena satu atau lain hal. Ia hanya tinggal mengunjungi laman YouTube, memasukkan kata kunci yang sesuai di kotak pencarian dan beberapa hasil pencarian yang relevan akan muncul.

Kotak pencarian YouTube ini, terletak di bar atas bagian kiri, tak ubahnya kotak ajaib pada search engine Google yang dapat memungkinkan penggunanya mendapatkan informasi apapun yang mereka butuhkan.

5. Mengenalkan dan Memasarkan Produk

Sebagian besar pengguna YouTube juga menggunakan media sosial ini untuk menguatkan dan memajukan bisnis yang tengah dikelola. Memasarkan sebuah produk di dunia daring tak ubahnya membuka gerai baru yang dapat melayangi pelanggan dan konsumen dalam jumlah yang lebih besar.

Ini utamanya cocok untuk para pebisnis online yang memasarkan dan mengenalkan produknya bermodal gadget dan sambungan internet. Hal ini juga semakin membuktikan bahwa manfaat jaringan komputer sangatlah dibutuhkan untuk mengkoneksikan banyak orang dalam satu lingkup, yaitu internet.

YouTube dalam posisinya sebagai gudang video dapat menjadi alat marketing efektif dalam mengenalkan dan memasarkan produk. Jika produk yang dipasarkan merupakan produk industri rumahan, misalnya, maka pemiliknya dapat mengunggah video tentang teknik dan proses pembuatan produk sehingga pengguna tidak berpikir dua kali tentang kebersihan dan proses produksi yang aman dan proporsional. Video yang diunggah ke YouTube juga bisa menjadi media ampuh untuk sekadar menampilkan katalog produk yang ditawarkan.

Berbeda halnya dengan industri rumahan yang cenderung masih berskala kecil, para produsen produk yang sudah memiliki nama besar menggunakan cara lain dalam memasarkan produknya melalui YouTube. Mereka biasanya menggunakan iklan seperti halnya iklan yang ditayangkan di televisi.

6. Mengakses Video Informatif

Jika Anda memerhatikan acara dan siaran TV belakangan, Anda akan banyak bertemu dengan keterangan bertuliskan Courtesy: YouTube di bagian bawah layar televisi. Hal tersebut menandakan bahwa tim kreatif acara tersebut banyak menggunakan YouTube sebagai referensi dalam menyusun konten acaranya.

Ini sekaligus juga menandakan bahwa ada banyak sekali informasi yang bisa didapatkan hanya dengan mengakses YouTube, mulai dari video tentang berita terkini, berita lawas atau sejarah, video dokumenter mulai dari yang profesional hingga amatir, video tematik hingga video ensiklopedik dan lain sebagainya.

Dengan begitu, jika Anda merupakan orang yang suka berburu informasi, apapun jenis informasinya, YouTube bisa menjadi medium yang sangat membantu. Berbagai rekaman CCTV juga banyak diunggah ke YouTube sehingga Anda akan banyak mendapatkan video-video tanpa skenario maupun rekayasa seperti pencopetan di sebuah swalayan, kecelakaan lalu lintas, fenomena alam, kejadian lucu dan lain sebagainya.

Keunggulan ini juga berguna bagi pengguna dari berbagai segmen dan latar belakang. Seorang murid dapat memperoleh pelajaran tambahan dari YouTube, montir dapat mengetahui teknik otomotif tertentu, musisi amatir dapat mendapatkan simulasi bermainn gitar yang benar dan lain sebagainya. Tak heran jika kemudian YouTube menjadi referensi yang sangat diminati untuk menggali informasi apapun yang dibutuhkan penggunanya.

Namun,meskipun banyak video informatif, user perlu waspada terutama anak-anak yang akan mengakses video yang tidak sesuai dengan umurnya, karena dikhawatirkan nantinya akan menimbulkan hal buruk atau bahkan merusak moral anak tersebur. Dalam hal ini tentu saja orangtua perlu menaru perhatian pada buah hatinya.

7. Mendukung Industri Hiburan

Seperti yang mungkin Anda lihat dalam kehidupan sehari-hari, utamanya jika Anda rajin menonton televisi, YouTube banyak berjasa menelorkan artis-artis papan atas di dunia hiburan. Meski tidak semua karier mereka bertahan lama, beberapa di antaranya tetap bersinar dan membuktikan kemampuannya.

Sebut saja Norman Kamaru, Duo ‘Keong Racun’ hingga Justin Bieber. Nama-nama tersebut mendulang popularitasnya berkat ‘jasa’ YouTube setelah video yang menampilkan kelebihan mereka beredar di dunia maya.

YouTube di sini dapat mengorbitkan mereka yang berbakat ke kancah dunia hiburan tanpa mengelurkan banyak modal dan mengandalkan seleksi alam atau respon positif dari para YouTuber atau pengguna setia YouTube.

Di sisi lain, YouTube juga membantu pengguna untuk mengakses video yang mereka inginkan semisal video clip dari penyanyi atau band kesayangan, film dari aktor, aktris atau sutradara favorit, tayangan yang sedang in dan lain sebagainya.

Sebagian dari video tersebut merupakan video bergenre hiburan, termasuk streaming siaran hiburan yang mereka lewatkan, sehingga kehadiran YouTube di sini sangat berperan penting dalam menyukseskan dan memajukan industri dunia hiburan. Itulah mengapa, para insan industri hiburan juga memanfaatkan keadaan yang demikian dengan mengiklanlan siarannya di YouTube.

8. Menguatkan Branding Lembaga/Insititusi

Selain rutin dikunjungi oleh para pebisnis yang ingin memasarkan produk, siswa yang ingin mengetahui video ilmiah terkait pelajaran yang mereka terima di sekolah, pengguna yang ingin mengetahui banyak informasi tentang hobi atau gaya hidup yang mereka miliki, YouTube juga digunakan sebagai media branding lembaga atau organisasi.

Ini utamanya terkait dengan penguatan profil lembaga serta ekspansi untuk mendapatkan peluang kerjasama atau suntikan dana dari lembaga penyandang dana. Dengan merekam aktivitas rutin yang terjadi di dalam suatu lembaga atau lembaga-lambaga binaannya, khalayak dapat memiliki gambaran lebih utuh mengenai suatu organisasi tertentu.

9. Mengetahui Respon dan Komentar Khalayak

Fitur ‘suka’ dan ‘komentar’ dalam YouTube sangat memudahkan pengguna yang mengunggah dan membagi sebuah video tertentu untuk mengetahui respon dan komentar konsumen terhadap kualitas maupun konten videonya. Ini tentu sangat berharga sebagai bahan evaluasi dan referensi dalam membuat video berikutnya.

10. Memfasilitasi Pengguna Menguasai Skill Dasar Membuat Video

Tidak hanya memungkinkan penggunanya mengakses dan membagi video, YouTube juga memungkinkan mereka—secara otodidak—belajar mengutak-atik video dan menambah kualitasnya. Ini misalnya dapat dilihat dalam fitur YouTube Editor.

Meskipun fitur yang ditawarkan jauh lebih sederhana dan sedikit dibanding aplikasi edit video lainnya, layanan ini sangat cocok untuk pengguna. Minimal, mereka dapat mengetahui cara menggabungkan, memutar, memotong, slow motion hingga menemukan hak cipta musik gratis untuk ditambahkan kepada video yang dibuat pengguna.

Fitur-fitur lain juga sangat membantu dan memanjakan pengguna untuk lebih nyaman dan mudah menikmati video-video yang masuk dalam sistem YouTube. Beberapa di antaranya adalah Feather Beta YouTube, YouTube Charts, YouTube Disco, YouTube Leanback, YouTubeMySpeed,YouTube Live dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan YouTube

Nah, disini saja juga akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan YouTube, langsung saja.

Kelebihan:

  • Bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
  • Sebagai ajang promosi diri
  • Bisa mendownload setiap video
  • Bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
  • Ukurannya ada yang HD, bisa di download
  • Videonya banyak

kekurangan:

  • Bisa disalahgunakan penggunanya
  • Banyak informasi yang menyesatkan
  • Banyak negara yang memblok YouTube
  • Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
  • Gambarnya tersendat sendat
  • Banyak video dengan kualitas buruk
  • Tidak cocok untuk slow conection
  • Tidak bias download secara langsung

YouTubers

Jadi, apa itu YouTuber itu? YouTuber adalah seseorang atau sekelompok orang yang memproduksi video untuk diupload di YouTube. Biasanya dia memperlihatkan diri didepan kamera dengan menunjukkan kreatifitas yang dimiliki. Seorang YouTuber tidak harus seseorang yang ahli dalam melakukan sesuatu.

Jika kamu gemar memasak dan sama sekali bukan koki tapi ingin berbagi resep dengan orang lain, buatlah video masak dan bagilah informasi itu dengan dunia. YouTube memberikan kamu kesempatan untuk menyalurkan ide. Menariknya lagi, kamu sendirilah yang menjadi bos.

Berhak menentukkan apa, bagaimana dan seperti apa video yang ingin diproduksi. Tentu saja bukan hanya video memasak, tapi juga banyak sekali ide-ide lainnya. Intinya, untuk menamakan diri sebagai YouTuber, adalah jika karya tersebut asli, yang kemudian disalurkan di YouTube. Bukan tayangan ulang apalagi curian dari Televisi atau games.

Berikut ini 10 YouTuber Dengan Penghasilan Tertinggi Di Dunia.

1. Rosanna Pansino

Rosanna Pansino mempunyai channel yang bernama Nerdy Nummies yang isi videonya tentang resep makanan dan mendapatkan 8,071,287 Subscribe. Dengan channel miliknya ini sekarang Rosana Pansino mendapatkan penghasilan 3,5 Juta Dollar AS.

2. Colleen Ballinger

Colleen Ballinger yang sekarang mendapatkan penghasilan 4.5 Juta Dollar AS. 7,359,094 Subscribe dan dia miliknya. Materi videonya berisi tentang Make-Up, video challenge, reaction dan Vlog.

3. KSI

KSI dan telah mendapatkan penghasilan sebesar 4,8 Juta Dollar AS. Isi video dari channel miliknya tidak lain adalah mengenai game dan sekarang channelnya sudah mendapatkan 16,047,179 Subscribe.

4. Markiplier

Markiplier adalah seorang youtuber gaming seperti halnya pewdiepie, bermain game dan menghabiskan waktu didepan komputer merupakan hobynya sejak dulu, sampai akhirnya terkenal dan channelnya sudah mencapai 16,947,948 subscriber, dengan penghasilan tertaksir 5.5 Juta Dollar AS.

5. Lindsey Stirling

Lindsey Stirling yang telah popular di ajang bakat America’s Got Talent. Dengan keahliannya memainkan biola yang videonya diupload ke YouTube. Channelnya sekarang sudah mendapatkan 9,181,078 Subscribe. Sehingga berpenghasilan mencapai 6 Juta Dollar AS.

6. The Fine Brother

The Fine Brother yang sekarang berpenghasilan 7 Juta Dollar AS. Video yang dibuatnya berupa tanggapan-tanggapan/video reaction mengenai fenomena yang terjadi di muka bumi ini. 15,092,270 Subscribe yang didapatkannya sekarang.

7. Smosh

Smosh yang mempunyai penghasilan sama dengan The fine Brother yaitu 7 Juta Dollar AS. Serta sekarang sudah mendapatkan 22,474,510 Subscribe. Dengan mengusung jenis video tentang komedi yang memparodikan video game.

8. Lilly Sigh

Lilly Sigh untuk yang satu ini dalam videonya ada beberapa materi seperti Sketsa, Komedi bahkan Video Musik dan sekarang telah mencapai 10,296,350 Subscribe. Dari channel miliknya ini sekarang Lilly Sigh berpendapatan 7,5 Juta Dollar AS.

9. Roman Atwood

Roman Atwood yang isi videonya tentang kejailan (Prank) sekarang channel miliknya sudah memiliki 10,374,019 Subscribe dan sekarang sudah bisa mendapatkan 8 Juta Dollar AS. Pendapatan Atwood mungkin tidak sebanyak Pewdiepie, namun di kalangan YouTube prank, nama Atwood sangat terkenal, mungkin saja ia pantas di juluki bapak Prank 😀

Selain channel prank yang ia buat, dia jua membuat channel vlog yang berisi kegiatan sehari-hari bersama keluarganya. Channelnya dibernama Roman Atwood Vlog.

10. PewDiePie

Rajanya YouTubers menurut riset Forbes dengan penghasilan Fantastis sebesar 15 Juta Dollar AS. Siapa dia? Tidak lain dia adalah PewDiePie (nama asli : Felix Arvid Ulf Kjellberg) dengan videonya tentang Game yang dia mainkan dan dikasih komentar-komentar saat dia bermain game tersebut. Channelnya sekarang sudah mencapai 54,422,133 Subscribe.

Bukan hanya dari luar negeri, para pengguna YouTube yang aktif juga banyak dari Indonesia. Bahkan, ada loh channel YouTube asal Indonesia yang penghasilannya sangat besar. Berikut 10 YouTuber terkaya di Indonesia.

1. Cumicumi

7

Berada di bawah naungan Indigo Production, channel YouTube Cumicumi konsisten menguplaod berita-berita artis terkini. Banyaknya jumlah video yang diupload dan tingginya minat akan gosip di Indonesia membuat channel ini sukses mendulang 1,213,443,579 viewers walau hanya memiliki 930,866 subscribers.

Estimasi penghasilan tiap bulan: Rp180.000.000,- hingga Rp2.930.000.000,-

2. Calon Sarjana

8

Calon sarjana secara konsisten menyajikan video-video yang mengejutkan, kontroversial, misterius, lucu, aneh, dan keren. Channel YouTube yang dibuat sejak Januari 2016 ini telah mendulang 909,622 subscribers. Tapi tahukah kamu berapa penghasilan yang diperoleh salah satu channel YouTube terkaya di Indonesia ini?

Estimasi penghasilan tiap bulan: Rp150.000.000,- hingga Rp2.413.000.000,-

3. GEN HALILINTAR

9

Channel YouTube yang digawangi oleh keluarga muslim ini memang tidak pernah berhenti membuat prestasi. Beranggotakan 6 orang anak laki-laki, 5 anak perempuan, dan 2 orang tua cetar, channel YouTube ini telah mendulang 1,062,183 subscribers sejak Maret 2015 silam.

Estimasi penghasilan tiap bulan: Rp158.000.000,- hingga Rp2.530.000.000,-

4. Ricis Official

10

Sejak pertama kali dibuat pada Januari 2016 silam, channel YouTube Ria Ricis atau Ricis Official langsung melambung pesat. Berawal dari menjadi selebgram, Ria yang konsistem mengupload video kocak ini merambah YouTube. Hasilnya? Sekarang dia sudah mendulang 1,318,848 subscribers dan 140,676,372 vieers!

Estimasi penghasilan tiap bulan: Rp88.000.000,- hingga Rp1.413.000.000,-

5. Raditya Dika

11

Memiliki jumlah subscriber 2,590,076, Raditya Dika jauh meninggalkan YouTubers lainnya. Meraup jumlah viewers sebanyak 299,907,067, channel Raditya Dika secara konsisten menyajikan konten komedi yang segar dan menghibur.

Estimasi penghasilan tiap bulan: Rp65.000.000,- hingga Rp1.060.000.000,-

6. Lifia Niala

12

Channel Lifia Niala secara konsisten menyajikan bermacam-macam kegiatan Lifia dan Niala yang bermain sambil belajar. Dengan apik, sang ayah sukses mengemas kegiatan bermain kedua anaknya ini menjadi media edukasi bagi anak seumurnya.

Karena anak-anaknya imut dan channel-nya kreatif, tak heran jika channel Lifia Niala banyak disukai anak-anak dan orang tua pengguna YouTube. Hingga saat ini channel Lifia Niala telah mencapai 729,061,889 viewers!

Estimasi penghasilan tiap bulan: Rp60.000.000,- hingga Rp 1.020.000.000,-

7. Atta Halilintar

13

Channel YouTube pribadi milik Muhammad Attamimi Halilintar, salah satu anak dari keluarga Halilintar, ini memang tak kalah menarik dari GEN HALILINTAR. Krativitas Atta mengemas vlog-nya memang wajib diacungi jempol.

Estimasi penghasilan tiap bulan: Rp56.000.000,- hingga Rp 890.000.000,-

8. Edho Pratama

14

Di YouTube, Edho Pratama lebih dikenal sebagai Edho Zell. Channel-nya memiliki jumlah subscriber 1,502,242. Secara konsisten Edho Pratama menghadirkan konten entertainment yang selalu menggelitik hasrat untuk menonton video-video terbarunya.

Estimasi penghasilan tiap bulan: Rp55.000.000,- hingga Rp850.000.000,-

9. MiawAug

15

Digawangi oleh Reggy Prabowo, channel YouTube MiawAug yang diambil dari kombinasi suara kucing dan anjing ini konsisten menghadirkan vlog berupa informasi teknologi terkini. Terkenal karena konsistensinya main game Clash of Clans, di MiawAug kamu akan menemukan banyak video seputar game.

Estimasi penghasilan tiap bulan: Rp52.000.000,- hingga Rp828.000.000,-

10. Reza ‘Arap’ Oktovian

16

Kerap dipanggil ‘Arap’, Reza Oktovian mengembangkan channel Youtube yang berisi video dokumentasi dirinya sebagai gamer. Ya, sebagai gamer, Reza Oktovian sukses menggabungkan passion-nya di platform baru secara apik. Dengan jumlah subscriber 1,454,117, channel ‘Arap’ sukses mengumpulkan 244,719,808 viewers.

Estimasi penghasilan tiap bulan: Rp42.000.000,- hingga Rp650.000.000,-

Tips: Beberapa Cara Sukses Jadi YouTuber di 2017

1. Kamera

17

Mari kita bahas peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai karir menjadi YouTuber dan yang pertama adalah kamera. Motivasi juga penting, tapi kita membahasnya di bawah ya.

Benda yang satu ini wajib punya, bebas mau pilih action cam, DSLR, mau pun mirrorless. Harga kamera tersebut bervariatif, mulai dari sejutaan hingga puluhan juta rupiah. Nah, buat kamu yang masih pelajar/mahasiswa dan sekedar ingin coba-coba, cukup saja dengan mengandalkan kamera smartphone.

Kalau kamu ingin pakai kamera pro tanpa mikirin budget, pilihlah Blackmagic Cinema Camera. Kamera vlog yang satu ini cocok buat kamu yang butuh video sinematik berkualitas super, dengan range harga antara Rp14-18 juta.

Kamu juga bisa pilih DSLR Canon 70D, dengan layar yang bisa dilipat dan fokus otomatis yang cepat. Tapi kamu harus merogoh kocek sekitar Rp12 jutaan ke atas sih untuk satu unit barunya.

Mau yang lebih murah? Ada Canon Powershot G7X, dengan kualitas audio yang sudah sangat memuaskan. Berada di harga Rp6-7 jutaan, selain spesifikasi yang mumpuni, G7X ini sudah dilengkapi dengan WiFi. Jadi, kamu dapat mudah berbagi file.

Lalu ada Sony NEX-5 yang mudah diboyong ke mana-mana. Dilengkapi dengan mode intelligent auto yang cukup pintar memilihkan scene yang tepat. Produk second-nya dijual dikisaran harga Rp4-5 jutaan.

Berikutnya ada Canon LEGRIA mini X, dengan model yang cukup berbeda dari kamera biasa, nggak akan ada yang menyangka kalau ini adalah sebuah kamera.

2. Microphone

18

Selain visual, kualitas audio juga sama pentingnya. Terutama video yang mengutamakan kejelasan narasi, pilihlah microphone yang baik dan berkualitas.

Kamu bisa pilih model condenser microphone, yang biasa digunakan para YouTuber game atau pun studio rekaman musik. Ada juga lavalier alias clip on mic atau pun shotgun yang biasa dipakai untuk shooting film, harganya beragam mulai dari Rp50 ribu hingga jutaan rupiah.

3. Tripod atau Monopod

19

Kamera stabilizer juga tak kalah penting, demi memperoleh video yang minim guncangan. Sehingga nyaman untuk disaksikan oleh penonton, makanya jangan lupa juga menggunakan tripod atau monopod dan lighting kit.

4. PC/Laptop

20

Hal penting selanjutnya yang harus kamu miliki sebagai YouTuber adalah PC atau laptop untuk mengolah video yang telah kamu ambil. Nah, untuk mengedit video dengan nyaman, setidaknya pilihlah laptop dengan RAM 4 GB dan prosesor quad core.

5. Edit Video

21

Video sudah ada dan laptop sudah punya. Selanjutnya kamu harus punya software edit video dan memiliki kemampuan edit video.

Mengedit video adalah bagian terpenting pasca produksi. Dimana prosesnya mampu membuat video terlihat lebih sempurna dan bisa dinikmati penonton. Untuk itu, kamu butuh software editing video yang tepat.

Nggak harus yang berbayar, karena ada banyak sekali aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan. Ada Hitfilm, Windows Movie Maker, I-Movie atau Lightworks.

Buat pemula, kamu bisa coba Corel Video Studio Pro, Adobe Premiere Elements, Camtasi, Pinnacle Studio, atau AVS Video Editor. Kalau kamu sudah profesional, saatnya pakai Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro X, atau Sony Vegas Pro yang memiliki beragam fitur.

6. Punya Channel YouTube Dengan Nama Unik

22

Video sudah di edit dan layak di tonton, selanjutnya upload ke YouTube. Pastinya kamu sudah punya akun Google dong? Ya, kamu bisa buat channel YouTube kamu dan yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan namanya.

Nama ini yang akan tampil sebagai identitas kamu sebagai YouTuber. Harus unik, mudah diingat, dan juga mudah diucap.

7. Konsisten Bikin Video yang Berkualitas

23

Uang itu cuma bonus, bukan target utama kamu. Sebagai YouTuber sekarang kamu harus fokus bikin video berkualitas secara konsisten dan kebanyakan orang-orang gagal di sini.

Bagaimana caranya kamu bisa berkembang? Kamu bisa ikut-ikutan buat konsep video dari YouTuber yang sudah terkenal, tapi satu hal yakni video kamu harus lebih bagus dari mereka. Jika tidak bisa bikin video yang lebih keren dari mereka, percuma kamu akan gagal.

Inilah kenapa kamu harus bikin konsep video yang baru, celah apa sih yang bisa berpotensi ‘meledak’ di masa depan.

Tapi yang paling penting adalah buatlah konten video yang bermanfaat atau yang menghibur dan menggugah emosi penonton. Dengan begini, pengunjung bakal like, share video dan subscribe channel YouTube kamu.

8. Jangan Lupa Promosi

24

Kita ini bukan siapa-siapa, kalau sudah susah payah membuat video yang berkualitas tapi lupa faktor yang satu ini juga pasti bakal gagal. Makanya jangan lelah promosi lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram.

Hanya itu? Belum cukup, kamu bisa membuat blog atau website untuk saling mendukung satu sama lain agar pengunjung ramai berdatangan. Banyak lagi deh, jangan sungkan untuk belajar bagaimana caranya melakukan promosi yang efektif.

9. Daftar Google Adsense

25

Kamu sudah teratur upload video, penonton juga berdatangan dengan promosi yang kamu lakukan. Langkah penting selanjutnya adalah mendaftar Google Adsense, dari sinilah kamu akan mendapatkan rupiah.

Pembayaran dari Adsense ini bakal kamu terima pada bulan setelah saldo Adsense melampaui US$100 atau sekitar Rp1,3 jutaan. Itu pun dengan syarat bahwa akun Adsense kamu punya reputasi yang baik.

Setelah permohonan yang hanya perlu diajukan satu kali disetujui, label akun host akan dihapus dari laman beranda. Kamu selanjutnya akan punya akses untuk menghasilkan kode iklan Adsense. Tujuannya untuk memonetisasi situs web mitra non-host.

10. Cara Monetasi YouTube

26

Kalau kamu sudah gabung dalam program partner YouTube dan menyiapkan akun Adsense, kamu sekarang bisa mengaktifkan iklan untuk video yang memenuhi syarat.

Caranya, pastikan video kamu memenuhi kriteria monetisasi video. Tinjau berbagai format iklan YouTube yang tersedia. Kemudia ikuti langkah-langkah mengaktifkan iklan. Kamu dapat memilih untuk mengaktifkan iklan di masing-masing video atau langsung dalam jumlah banyak.

Nah, itulah informasi mengenai YouTube. Gimana? Sekarang kamu sudah tahukan sejarah berdirinya YouTube? Nah, Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang YouTuber? Jika kamu tertarik, maka kamu tinggal melihat cara-caranya seperti diatas, atau melakukannya seperti diatas. Terima kasih, semoga artikel diatas bisa sangat membantu atau bermanfaat ya. Selamat membaca.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>