Sering Menggunakan Emoji? Yuk, Ketahui Lebih Dalam Tentangnya Disini

Kamu pasti serang menggunakan emoji saat sedang chatting atau ngobrol di medai sosial. Namun, tahukah kamu siapa penciptanya dan sejarahnya terbentuk emoji? Nah, disini saya akan memberitahukannya. Langsung saja liat dibawah ini.

Pengertian

Emoji yang dibaca eh-moh-ji adalah istilah bahasa Jepang untuk karakter gambar atau emoticon yang digunakan dalam pesan elektronik Jepang dan halaman Web. Awalnya berarti pictograph, kata harfiah yang berarti “gambar” (e) + “huruf” (Moji).

Karakter yang digunakan layaknya seperti emoticon di tempat lain, tetapi mempunyai jenis-jenis emoticon yang lebih luas, serta ikon yang digunakan telah di standardisasi dan ditanamkan ke dalam handset.

emoji1

Beberapa emoji sangat spesifik dengan kultur Jepang, seperti pengusaha sedang membungkuk (meminta maaf), wajah yang menggunakan masker, bunga putih yang mengatakan “PR brilian”, hingga sekelompok Emoji yang menggambarkan makanan-makanan populer Jepang seperti ramen, onigiri, sushi, dan kari Jepang. Tiga operator utama di Jepang, NTT DoCoMo, au, dan SoftBank Mobile (sebelumnya Vodafone), ketiganya telah menetapkan varian emoji masing-masing. SRP.

Meskipun awalnya hanya tersedia di Jepang, beberapa set karakter Emoji telah dimasukkan ke Unicode, yang memungkinkan Emoji untuk digunakan di luar Jepang. Hasilnya, beberapa ponsel seperti Windows Phone 7 line dan iPhone memungkinkan akses ke simbol tanpa memerlukan operator Jepang.

Emoji juga mulai muncul dalam layanan email seperti Gmail (diakses melalui Google Labs) pada bulan April 2009 dan website seperti Flipnote Hatena. Beberapa aplikasi SMS untuk ponsel yang didukung Android juga menyediakan plugin yang memungkinkan penggunaan Emoji. System operasi Apple Mac OS X juga mendukung Emoji dengan versi 10.7 Lion dengan Apple Color Emoji typeface.

Sejarah Emoji

Emoji pertama diciptakan pada tahun 1998 atau 1999 oleh Shigetaka Kurita, yang merupakan bagian dari tim yang sedang mengerjakan platform Internet seluler i-mode milik NTT DoCoMo. Set pertama 172 emoji 12×12 piksel diciptakan sebagai bagian dari fitur perpesanan i-mode untuk membantu memfasilitasi komunikasi elektronik dan berfungsi sebagai fitur yang membedakannya dari layanan lain.

emoji2

Namun, pada tahun 1997 Nicolas Loufrani menyadari perkembangan dalam penggunaan emoticon ASCII dalam teknologi seluler dan ia mulai bereksperimen dengan wajah smiley animasi, dengan maksud menciptakan ikon warna-warni yang terkait dengan emoticon ASCII yang sebelumnya sudah ada yang dibuat dari tanda baca polos, guna meningkatkannya untuk penggunaan yang lebih interaktif dalam bentuk digital.

emoji3

Dari ini Loufrani menciptakan emoticon grafis pertama dan mengompilasi Kamus emoticon online yang dipilah ke dalam beberapa kategori berbeda. Klasik, Ungkapan suasana hati, Bendera, Perayaan, Keceriaan, Olahraga, Cuaca, Binatang, Makanan, Negara, Pekerjaan, Planet, Zodiak, Bayi dan rancangan ini pertama kali didaftarkan pada tahun 1997 di United States Copyright Office kemudian ikon-ikon ini dipajang sebagai file .gif di Web pada tahun 1998, menjadi emoticon grafis yang pertama digunakan dalam teknologi.

Pada tahun 2000 Direktori Emoticon yang dibuat oleh Loufrani tersedia untuk diunduh pengguna untuk telepon seluler di internet melalui smileydictionary.com yang mengompilasi lebih dari 1.000 emoticon grafis smiley dan versi ASCII-nya. Direktori yang sama kemudian diterbitkan pada tahun 2002 dalam sebuah buku oleh Marabout yang berjudul Dico Smileys.

Pada tahun 2001 perusahaan Smiley Smiley Company mulai melisensikan hak atas emoticon grafis Loufrani untuk digunakan bagi unduhan emoticon telepon seluler oleh berbagai perusahaan telekomunikasi termasuk Nokia, Motorola, Samsung, SFR (vodaphone) dan Sky Telemedia.

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Emoji

emoji4

Berikut ini adalah beberapa hal menarik tentang emoji yang mungkin belum Anda ketahui.

Menggunakan emoji lebih banyak, mendapat ajakan kencan lebih sering

Di era digital, menggunakan emoji membuat kita menjadi komunikator yang lebih efektif. Kita lebih mampu mengekspresikan diri secara emosional dan lebih mampu mengisyaratkan kepribadian kita. Ini sepertinya berkaitan dengan kenyataan bahwa yang menggunakan lebih banyak emoji, mendapat ajakan berkencan lebih banyak.

Mayoritas emoji yang dikirim adalah emosi positif atau bahagia

Ada sekitar enam miliar emoji yang dikirim setiap hari dan ada sekitar dua miliar ponsel pintar yang digunakan di seluruh dunia. Di Inggris, sebanyak 76% penduduknya memiliki ponsel pintar dan dari jumlah itu, lebih dari 80% menggunakan emoji secara berkala.

Dari enam miliar emoji yang dikirim secara global setiap hari, sekitar 70% merupakan emoji berdasar emosi, misalnya, wajah tersenyum, hati yang penuh cinta. Sebagian kecil dari emoji yang dikirim berupa ungkapan kesedihan.

Setiap negara memiliki ciri khas emoji tersendiri

Terdapat berbagai perbedaan berdasarkan kelompok budaya dan negara ihwal menggunakan emoji:

  • Orang-orang Kanada adalah yang paling banyak menggunakan emoji yang menunjukan kotoran.
  • Orang-orang Australia paling sering memakai alkohol sebagai emoji dan lambang-lambang yang menunjukan suasana liburan.
  • Orang-orang Perancis banyak menggunakan emoji hati penuh cinta, mereka memakainya empat kali lebih banyak dari orang-orang lainnya.
  • Orang-orang Rusia cenderung menggunakan emoji dengan tema romantis dibandingkan negara-negara lain.
  • Negara-negara berbahasa Arab cenderung lebih banyak menggunakan emoji bunga.
  • Orang-orang Inggris lebih banyak menggunakan gambar botol bir sebagai emoji.

Salah satu emoji paling populer dalam beberapa tahun terakhir: Wajah yang dipenuhi tangis kebahagian

Pada tahun 2015, kamus bahasa Inggris Oxford English Dictionary mengumumkan bahwa emoji terfavoritnya adalah ‘Face with Tears of Joy’ atau wajah yang diliputi tangis kebahagiaan. Kamus berbahasa Inggris ini memilih emoji tersebut karena dari sudut bahasa, lambang itu mencerminkan hal-hal terbaik dari yang dialami di tahun yang dilewati.

Abraham Lincoln mungkin orang pertama yang menggunakan emoji

Saat menjelaskan perbedaan antara emoticon dan emoji, Profesor Vyv Evans berkomentar soal siapa yang pertama kali menggunakan emoticon ini. Presiden ke-16 Amerika Serikat itu adalah seorang penutur yang berbakat.

Pada tahun 1862 ia menulis naskah pidato yang mengandung berbagai hal yang jenaka dan hadirin spontan bertepuk tangan dan tergelak. Untuk menggambarkan sambutan hadirin, para tipografer menuliskan simbol kedipan 😉 dan belakangan muncul perdebatan apakah simbol 😉 itu disengaja atau cuma sebuah kesalahan mengetik.

Anda tidak perlu mengajar emoji

Ini adalah bahasa yang sangat intuitif. Karena emoji adalah representasi visual ekspresi emosi yang mudah untuk digunakan. Rata-rata anak usia enam tahun di Inggris lebih melek teknologi ketimbang orang-orang yang berusia sekitar 45 tahunan.

Bagaimana masa depan emoji ini?

Apakah itu emoji itu adalah sebuah tren yang sudah lampau? Profesor Vyv Evans mengatakan tidak. Emoji berkontribusi dalam komunikasi digital yang tanpa emoji tidak akan muncul. Peran emoji sangatlah penting untuk mendorong komunikasi efektif dan memancing respon empatik.

Mungkin masa depan emoji lebih dinamis? Saat ini, sebuah perusahaan start-up di Silicon Valley tengah mengembangkan sebuah aplikasi untuk emoji dinamis dengan penampilan seperti avatar. Jadi, nanti di masa yang akan datang, pada saat Anda mengirim pesan mungkin akan ada yang mewakili diri Anda, seperti kartun bergerak, dengan avatar yang akan menampilkan keadaan emosi Anda.

Emoji Tertua di Dunia

emoji5

Sekelompok ilmuwan yang melakukan penggalian di distrik Karkamis, perbatasan Suriah, menemukan sebuah pot. Pot yang mirip kendi ini diperkirakan telah ada sejak 1.700 SM. Hal ini berarti pot ini sudah berusia 3.700 tahun. Uniknya, di pot ini ada gambar wajah tersenyum. Gambar ini pun diperkirakan sebagai emoji tertua di dunia.

Menurut para peneliti, pot ini biasa digunakan untuk menyimpan minuman.

Emoji wajah tersenyum pertama kali ditemukan pada abad ke-17. Pada waktu itu, seorang notaris bernama Jan Ladislaides menggambar wajah tersenyum di samping tanda tangannya.

Sebenarnya, sebelum ini sudah pernah ditemukan emoji wajah tersenyum oleh peneliti Slovakia. Namun, emoji yang ditemukan pada Februari 2017 lalu itu, usianya hanya 382 tahun.

Saat ini, pot yang memiliki gambar emoji tersenyum itu dipajang di Museum Arkeologi Gazantep.

Pengkodean Emoji

Setiap encode yang berbeda, memiliki gambar ikon yang berbeda tetapi masih dalam ikon yang standar. Pada DoCoMo, Unicode (karakter atau huruf dalam bentuk Unicode) U+E63E merupakan representasi dari ikon matahari, tetapi pada SoftBank, ikon matahari memiliki unicode yang berbeda, yaitu U+E04A.

Ini yang menyebabkan beberapa perangkat atau halaman Web yang memiliki pengkodean berbeda menjadi tidak konsisten dalam menampilkan Emoji, sehingga yang ditampilkan adalah emoji yang berbeda atau tidak muncul sama sekali.

emoji6

Untuk NTT DoCoMo i-mode, setiap simbol Emoji diambil pada 12 x 12 kotak pixel. Ketika ditransmisikan, simbol Emoji ditetapkan sebagai urutan dua-byte, di penggunaan pribadi kisaran E63E melalui E575 di dalam ruang karakter Unicode, atau F89F melalui F9FC untuk Shift-JIS. Spesifikasi dasar memiliki 176 simbol, dengan 76 lainnya ditambahkan dalam ponsel yang mendukung C-HTML 4.0.

Piktogram Emoji oleh au ditentukan dengan menggunakan tag IMG. Emoji SoftBank Mobile berada di antara urutan SI/SO, serta mendukung warna dan animasi. Emokji DoCoMo adalah yang paling terpadu untuk ditransmisikan, sedangkan versi au lebih fleksibel dan berdasarkan standar terbuka.

Permohonan dalam pengkodean simbol Emoji sebagai karakter Unicode melampaui Emoji yang telah secara tersebar digunakan oleh DoCoMo, KDDI, dan SoftBank Mobile dalam jaringan ponselnya. Simbol-simbol ini telah dikodekan dan disesuaikan dengan versi operatornya.

B== Emoji dalam Standar Unicode == Beratus-ratus karakter Emoji telah melewati pengkodean dalam standar Unicode versi 6.0 yang rilis pada Oktober 2010. Beberapa tambahan, yang diminta oleh Google (Kat Momoi, Mark Davis, dan Markus Scherer menuliskan rangkaian draf permohonan pertama oleh Unicode Technical Committee pada Agustus 2007) dan Apple Inc.

(Yasuo Kida dan Peter Edberg bergabung pada proposal pertama pada UCT atas 607 karakter pada Januari 2009), mereka melewati tahapan panjang dan kritik dari anggota Unicode Consortium, serta penstandardisasi nasional dari berbagai Negara yang berpartisipasi dalam ISO/IEC JTC/SC2/WG2, khususnya Amerika Serikat, Jerman, Irlandia (dipimpin oleh Michael Everson), serta Jepang. Sehingga berbagai varian karakter baru (terutama simbol mengenai peta dan simbol-simbol Eropa) ditambahkan dalam proses pembangunan konsensus.

Set Emoji yang awal dari Unicode 6.0 terdiri atas 722 karakter, dimana 114 karakter mengarah pada urutan dari lebih dari satu karakter dalam pra-6.0 standar Unicode, dan 608 karakter sisanya berisi urutan karakter yang diperkenalkan pada Unicode 6.0. Tidak ada batasan secara spesifik mengenai Emoji, karena simbol-simbol baru telah dikodekan pada tujuh blok berbeda, dan telah ada di dalam berkas Unicode yang disebut EmojiSources.txt yang mencakup pemetaan dari dan kepada berbagai vendor pemilik set karakter di Jepang.

Perbedaan Antara Emoji, Emoticon dan Stiker

Emoji

emoji7

Emoji adalah istilah yang berasal dari bahasa Jepang yang artinya gambar berkarakter. Emoji biasanya digunakan dalam halaman elektronik atau pun bertukar pesan teks. Seiring dengan bertambah terkenalnya emoji, kepopulerannya pun meledak ke luar Jepang. Pencipta emoji sendiri adalah Shigetaka Kurita, yakni pada tahun 1998 – 1999.

Saat pertama kali muncul, emoji hanya berukuran 12 x 12 pixel saja lho! Emoji biasanya berbentuk sebuah gambar yang hanya menampilkan emosi wajah saja maupun mood. Namun saat ini, emoji sudah banyak perkembangan, sekarang tersedia gambar hati, gagang telepon, lonceng, awan dan lain sebagainya.

Emoticon

emoji8

Emoticon adalah kata yang berasal dari kombiniasi antara ‘emotion’ yang artinya emosi dan ‘icon’ yang artinya gambar orang suci secara harfiah. Tujuan emoticon sendiri memang mempunyai tujuan yang sama seperti emoji.

Namun bedanya, emoticon lebih merujuk ke sebuah symbol maupun kombinasi melalui simbol-simbol tersebut yang mengekpresikan wajah manusia. Pencipta emoticon sendiri masih balum diketahui, karena banyak yang mengaku sebagai pencipta emoticon ini. Tapi yang pasti, Scott Fahlman adalah orang pertama yang menggunakan emoticon dengan bentuk ‘:-)’ dan ‘:-)’.

Stiker

emoji9

Stiker adalah ilustrais yang digambarkan secara rinci dari karakter yang mewakili perasaan emosi atau pun tindakan yang akan Anda lakukan dalam aktivitas perpesanan. Stiker juga merupakan perpaduan antara kartun dan emoji Jepang seperti tanda senyum. Namun, stiker lebih banyak ragamnya dibandingkan dengan emoticon atau pun emoji.

Hal ini karena, stiker tidak hanya menampilkan ekspresi wajah, tapi juga reaksi tubuh sehingga karakter stiker lebih kuat. Stiker sendiri berasal dari Jepang yang pertama kali dibuat pada tahun 2011 ketika perusahaan bernama Naver mengambangkan LINE.

Berikut beberapa arti emoji yang sering kita gunakan

1. Bahagia

1

Emoji ini berarti kamu sedang mengekspresikan rasa kebahagiaan. Jadi, kalau kamu sedang merasa bahagia, kamu bisa menggunakan emoji bahagia ini.

2. Gugup

2

Pernah nggak merasa gugup saat sedang menghadapi lawan chatting? Mungkin hal gugup ini bisa mengekspresikan rasa gugup kamu terhadap lawan chatting. Kalau lagi PDKT sama si doi, sering-sering saja kasih emoji gugup ini ya.

3. Tertarik

3

Kalau kamu sedang chatting-an dan PDKT-an, terus kamu diajak nonton atau ngedate, berikan saja jawabannya dengan emoji tertarik ini. Emoji ini berarti menunjukkan rasa tertarik.

4. Tertawa Sambil Menangis

4

Emoji ini merupakan emoji terbaik yang dapat kamu gunakan untuk momen-momen yang sangat menggembirakan. Emoji tertawa sambil menangis ini berarti ada satu hal yang sangat kocak.

5. Bahagia Dengan Mata Tersenyum

5

Tidak berbeda jauh dengan emoji bahagia. Namun, emoji bahagia dengan mata tersenyum ini lebih menunjukkan rasa bahagia yang lebih banyak.

6. Tertawa Kecil

6

Saat sedang berada dalam situasi percakapan lucu namun tidak lucu-lucu amat, kamu bisa menggunakan emoji tertawa kecil ini untuk menunjukkan rasa tertawa kecil.

7. Tertawa Sampai Berkeringat

7

Pernah nggak dalam kehidupan nyata kamu tertawa sampai berkeringat? Nah, emoji tertawa sampai berkeringat ini memberikan arti yang seperti itu.

8. Tertawa

8

Mengekspresikan tertawa yang tidak berlebihan dan juga tidak terlalu memaksa, kamu gunakan emoji tertawa ini saja jika sedang tertawa seperti itu.

9. Malaikat

9

Emoji malaikat ini mengartikan kalau kamu mau berbuat baik, atau senang dengan lawan chatting kamu jika dia ingin berbuat baik.

10. Berkedip

10

Emoji berkedip atau genit dimaksudkan untuk lawan chatting yang sudah lama kamu taksir. Gunakan emoji ini untuk mengekspresikan rasa genit ke si doi ya.

11. Tersenyum Puas

11

Emoji tersenyum puas merupakan emoji yang mengekspresikan sesuatu yang sudah menyentuh hati. Senyum yang sempurna untuk menjawab rasa kesenangan secara rendah hati.

12. Tersenyum

12

Di saat kamu berada dalam situasi sedang berbicara serius, kamu dapat menggunakan emoji tersenyum. Ini lebih menunjukkan ekspresi senyum yang ramah.

13. Senyum Terbalik

13

Emoji senyum terbalik dapat digunakan pada momen yang terjadi secara tiba-tiba atau kamu mendapatkan lelucon yang aneh.

14. Muka Memerah

14

Emoji muka memerah dapat kamu gunakan untuk berbicara seseorang yang spesial di hidup kamu. Siapa yang akan kamu kirimkan ini ya?

15. Wajah Bodoh

15

Sudah tahu kan arti dari emoji wajah bodoh ini? Emoji ini berarti menunjukkan ekspresi kamu untuk percakapan yang membicarakan makanan enak.

16. Tersenyum Malu

16

Sama seperti emoji muka memerah, emoji tersenyum malu ini memiliki arti yang serupa. Namun, tentunya tanpa wajah yang memerah.

17. Muka Bebek

17

Sebenarnya sama seperti ekspresi memberikan ciuman, namun emoji muka bebek ini lebih sering digunakan untuk para pemuda khususnya wanita yang suka ber-selfie ria.

18. Bersiul

18

Secara teknis, emoji bersiul ini sama seperti emoji mencium. Namun, dapat juga diartikan sebagai bersiul.

19. Cium

19

Emoji cium ini biasanya diberikan ketika sedang merasa gemas terhadap lawan chatting kamu. Biasanya, saat sedang membicarakan sesuatu, tanpa ditanya kamu bisa secara langsung memberikam emoji ini.

20. Memberikan Ciuman

20

Emoji memberikan ciuman ini menunjukkan ekspresi rasa suka tanpa menimbulkan efek yang berlebihan. Emoji ini pun tidak terlalu membawa satu persoalan menjadi terlalu serius.

21. Jatuh Cinta

21

Dari nama emoji ini saja kamu pasti sedang merasa jatuh cinta. Gunakan emoji jatuh cinta untuk menunjukkan sesuatu yang sangat kamu sukai.

22. Bermuka Tebal

22

Emoji bermuka tebal dimaksudkan untuk situasi yang sedang membicarakan persoalan yang santai, tanpa menimbulkan efek yang berlebihan.

23. Muka Uang

23

Emoji muka uang dimaksudkan untuk pembicaraan mengenai uang dengan kondisi sedang lucu-lucuan. Atau, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengekspresikan betapa senangnya kamu dengan uang.

24. Kutu Buku

24

Emoji kutu buku ini dimaksudkan untuk menyampaikan ekspresi untuk pemikiranmu yang dirasa tidak mungkin diterima oleh orang lain.

25. Muka Tenang

25

Jika berada dalam percakapan yang mana menimbulkan banyak orang, seperti di grup, maka kamu dapat menggunakan emoji muka tenang atau bahasa kerennya adalah Cool, untuk menyampaikan ekspresi yang menarik.

26. Memeluk

26

Mungkin sebagian dari kamu ada yang kurang mengerti arti dari emoji ini. Sebenarnya, emoji ini berarti menunjukkan bahwa kamu sedang mencari seseorang yang bisa memeluk kamu. Sudah paham kan arti emoji memeluk tersebut?

27. Senyum Licik

27

Emoji senyum licik ini berguna saat kamu sedang mengekspresikan sesuatu yang tidak kamu suka. Hal ini berupa sindiran untuk menunjukkan satu hal yang benar-benar tidak kamu hargai.

28. Hampa

28

Pernah berada dalam posisi kamu bingung untuk bicara apa? Gunakan emoji hampa ini. Sebab, emoji ini mengisyaratkan bahwa kamu tidak bisa menjawab apa pun saat dalam percakapan.

29. Netral

29

Emoji netral mengartikan bahwa kamu berada dalam posisi yang tidak tahu harus bahagia atau sedih dalam sebuah topik pembicaraan.

30. Tanpa Ekspresi

30

Emoji tanpa ekspresi ini menunjukkan seseorang kalau mereka merasa tidak peduli sama sekali.

31. Muka Datar

31

Ekspresi dari emoji muka datar menunjukkan bahwa ada sesuatu yang menurut kamu itu ‘garing’ seperti bercandaan yang tidak lucu atau pembicaraan yang tidak seru.

32. Memutar Mata

32

Emoji memutar mata dapat kamu andalkan untuk mengekspresikan sesuatu yang tidak menarik secara lebih sopan.

33. Berpikir

33

Emoji berpikir ini menunjukkan kalau kamu sedang berpikir, apakah hal yang dibicarakan itu baik atau buruk. Selain itu, emoji tersebut juga mengekspresikan suatu hal berupa ajakan.

34. Terpukau

34

Di saat kamu sedang berantem sama pacar, terus pacar kamu menyebutkan sesuatu yang tidak lazim, kamu bisa menggunakan emoji terpukau. Emoji ini dapat diartikan seperti “aku tidak percaya kamu berkata seperti itu”.

35. Muka Sedih

35

Ketika sedang merasa gundah gulana, sedih, dan lain sebagainya, kamu bisa menggunakan emoji muka sedih ini untuk mengekspresikan hal tersebut.

36. Muka Khawatir

36

Masih banyak juga yang belum mengerti apa arti dari emoji ini. Emoji muka khawatir sebenarnya menunjukkan ekspresi yang mengkhawatirkan saat kamu mendengar kabar buruk.

37. Marah

37

Saat kamu sedang merasa marah, kamu bisa menggunakan emoji marah satu ini agar lawan bicara kamu tahu, kamu tidak suka dengan hal yang lagi dibicarakan.

38. Sangat Marah

38

Emoji sangat marah ini dapat diartikan kamu sedang dalam kondisi yang benar-benar marah, kesal, dan merasa ingin melakukan sesuatu untuk melampiaskan amarahmu.

39. Mengerutkan Dahi

39

Emoji mengerutkan dahi ini menyampaikan kamu kalau kamu dalam keadaan yang tidak enak terhadap sesuatu yang sedang dibicarakan, atau merasa terpaksa.

40. Bingung

40

Di saat kamu sedang berada pada situasi percakapan yang membingungkan, kamu dapat menggunakan ekspresi dari emoji bingung ini agar lawan bicara tahu kamu sedang merasa bingung.

41. Sedih Kecil

41

Emoji sedih kecil ini bermaksud untuk memberitahu bahwa kamu tetap dalam keadaan sedih dalam satu topik pembicaraan. Namun, jauh lebih dalam sebenarnya kamu tidak peduli akan itu.

42. Tidak Bahagia

42

Kamu dapat menggunakan emoji tidak bahagia ini ketika mendengar sesuatu yang menyedihkan dan benar-benar mencengangkan.

43. Muka Penat

43

Emoji muka penat berarti itu menunjukkan bahwa seseorang membutuhkan jeda istirahat untuk menjalani hiruk-pikuk perjalanan hidup.

44. Memalukan

44

Arti dari emoji memalukan adalah di saat kamu sedang merasa telah melakukan satu hal yang benar-benar memalukan dan merasa menyerah untuk membalikkan keadaan.

45. Muak

45

Jika kamu benar-benar dalam keadaan yang sangat membosankan, kamu bisa mengekspresikan dengan emoji muak ini.

46. Putus Asa

46

Ketika situasi membawa kamu hingga tidak bisa berbuat apa-apa, gunakan emoji putus asa ini untuk mengekspresikannya.

47. Menggerutu

47

Selain ekspresi marah dan juga sangat marah, ketika kamu sedang merasa kesal, kamu bisa menggunakan emoji menggerutu untuk menyampaikan rasa tidak senang kamu tersebut.

48. Terkejut

48

Emoji terkejut ini merupakan emoji yang imut untuk menunjukkan rasa kaget kamu terhadap suatu hal yang tengah dibicarakan oleh lawan chatting.

49. Berteriak Dalam Ketakutan

49

Emoji berteriak dalam ketakutan ini menunjukkan bahwa kamu merasa terkejut, namun dalam arti kondisi kamu takut saat mengetahuinya. Tetapi, kamu juga bisa kok menggunakannya untuk lucu-lucuan.

50. Takut

50

Emoji takut sudah jelas digunakan untuk apa, benar bukan? Namun, kamu bisa menggunakannya saat mengetahui kabar di mana kamu terkejut tetapi tidak ingin berteriak, atau kaget yang bikin kamu malah terdiam.

51. Prihatin

51

Emoji prihatin merupakan emoji yang bisa kamu gunakan saat mendengar kabar buruk seperti ada yang meninggal atau sesuatu yang benar-benar menakutkan kamu.

52. Muka Kagum

52

Di saat kamu sedang membicarakan sesuatu hal yang membuat kamu berdecak kagum, kamu bisa menggunakan emoji muka kagum untuk mengekspresikannya.

53. Muka Menganga

53

Emoji ini sebenarnya merupakan emoji muka menganga atau sesuatu yang bikin takut dan mengejutkan kamu.

54. Muka Terluka

54

Emoji muka terluka sebenarnya juga tidak berbeda jauh dengan muka menganga. Namun, emoji ini lebih bisa mengekspresikan situasi yang menyakitkan.

55. Tersakiti

55

Emoji tersakiti ini cukup ampuh kamu gunakan saat berbicara dalam satu topik dan kamu benar-benar merasa tersinggung akan percakapan tersebut.

56. Muka Stres

56

Jika sedang stres, tidak tahu mau apa, kamu dapat menggunakan emoji muka stres untuk menyampaikan perasaan kamu saat seperti itu.

57. Kelelahan

57

Emoji kelelahan adalah emoji yang menyampaikan ekspresi lelah, letih, lesu, dan lunglai.

58. Muka Ngantuk

58

Ekspresi ini menunjukkan kalau kamu merasa amat mengantuk dalam satu kondisi. Gunakan emoji muka ngantuk di saat yang tepat ya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

59. Menangis

59

Emoji menangis ini mengungkapkan bahwa kamu sedih dan ingin mengeluarkan air mata saat mendengar satu kabar yang menyedihkan.

60. Pusing Tujuh Keliling

60

Emoji pusing tujuh keliling lebih mengartikan kalau kamu sedang mabuk atau memang pusing yang bikin kamu mual. Selain itu, emoji ini juga dapat berarti kamu tidak tahu ingin mengetik apa lagi.

61. Muka Heran

61

Emoji muka heran lebih mengartikan kamu tidak percaya dengan apa yang terjadi atau apa yang kamu lihat.

62. Tutup Mulut

62

Emoji tutup mulut berarti kamu mengekspresikan sesuatu yang kamu tahu tapi kamu tidak ingin memberitahu lawan chatting kamu, atau kamu menunjukkan kamu bisa menjaga rahasia.

63. Muka Masker

63

Emoji muka masker menandakan kamu itu sedang sakit atau menganjurkan lawan chatting kamu dengan menyuruhnya menggunakan masker agar tidak tertular penyakit.

64. Sakit

64

Nah, jika muka masker lebih menunjukkan kamu sakit, serupa dengan emoji sakit ini. Dengan mengirimkan emoji ini, kamu ingin menunjukkan bahwa kamu sedang tidak enak badan.

65. Terluka

65

Emoji terluka lebih menunjukkan kalau kamu sedang mengalami masalah pada kondisi fisik kamu atau kamu habis mengalami kecelakaan.

66. Tidur

66

Berbeda dengan emoji muka ngantuk, emoji tidur ini benar-benar menunjukkan kalau kamu memang sangat ingin tidur dan tidak kuat lagi untuk mengetik chat.

67. Selebrasi

67

Emoji selebrasi ini lebih menunjukkan kamu turut berselebrasi dan merayakan sesuatu yang menyenangkan yang telah dicapai oleh lawan chatting kamu.

68. Tepuk Tangan

68

Ingin menunjukkan sesuatu dengan baik? Kamu bisa memberikan emoji tepuk tangan untuk menyampaikan rasa bangga kamu terhadap sesuatu.

69. Sampai Jumpa

69

Emoji sampai jumpa lebih bisa diartikan ketika kamu ingin berpisah dan mengucapkan ‘dadah’ dalam sebuah simbol.

70. Memberi Jempol

70

Emoji memberi jempol mengartikan kamu suka dengan sesuatu yang disampaikan oleh lawan chatting atau berharap dia bisa melakukan yang terbaik.

71. Memberi Jempol ke Bawah

71

Ketika kamu tidak suka dengan pendapat lawan chatting kamu, arti emoji memberi jempol ke bawah lebih cocok untuk digunakan.

72. Kepalan Tangan

72

Emoji kepalan tangan ini dapat diartikan bahwa kamu ingin memukul seseorang atau kamu ingin melakukan ‘tos’ kepada sahabatmu.

73. Kepalan Tangan ke Atas

73

Pernah merasa ingin melakukan sesuatu yang semangat? Kamu bisa menggunakan emoji kepalan tangan ke atas untuk menunjukkan hal tersebut.

74. Perdamaian

74

Emoji perdamaian ini berarti kamu ingin menunjukkan rasa berdamai atau menenangkan sesuatu bahkan untuk meminta maaf secara menarik kepada lawan chatting kamu.

75. OK

75

Emoji OK ini menunjukkan kalau kamu setuju dengan pendapat seseorang dalam percakapan bersama lawan chatting kamu. Arti OK di sini dapat diartikan sebagai satu hal yang sempurna.

76. Stop

76

Emoji stop mengekspresikan kalau kamu sudah merasa cukup dengan lawan chatting kamu yang mungkin sudah berbicara terlalu banyak. Atau, kamu juga ingin melakukan ‘tos’ secara casual.

77. Tangan Terbuka

77

Emoji tangan terbuka menandakan kalau kamu mengekspresikan rasa keterbukaan. Di sisi lain, emoji ini juga biasa digunakan untuk menunjukkan sebuah pelukan.

78. Melenturkan Otot

78

Jika kamu sedang ingin membuat pendapat yang kuat dan kamu tetap bertahan dalam pendapatmu, kamu bisa menggunakan emoji melenturkan otot. Emoji ini mengekspresikan sesuatu yang harus dipertahankan.

79. Memohon

79

Emoji memohon menandakan kalau kamu sedang memohon kepada lawan chatting kamu. Atau, emoji ini juga bisa berfungsi sebagai rasa terima kasih atau mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

80. Mengangkat Tangan

80

Emoji mengangkat tangan mengartikan kalau kamu sedang ingin menanyakan sesuatu. Atau, kamu ingin mengikutsertakan diri kamu dalam sebuah topik percakapan.

81. Menunjuk ke Atas

81

Emoji menunjuk ke atas berarti kamu menegaskan pesan sebelumnya yang masuk dalam sebuah chatting atau dalam media sosial.

82. Menunjuk ke Bawah

82

Emoji menunjuk ke bawah juga berarti sama seperti emoji menunjuk ke atas. Kamu lebih menegaskan sesuatu yang berada di bawah pesan yang kamu tulis.

83. Menunjuk ke Kiri

83

Emoji menunjuk ke kiri mengekspresikan sesuatu yang penting dari apa yang kamu tulis. Biasanya, emoji ini diletakkan di akhir kalimat dalam suatu percakapan.

84. Menunjuk ke Kanan

84

Emoji menunjuk ke kanan menegaskan sebuah pesan di sebelah kamu.

85. Jari Tengah

85

Sudah jelas, maksud dari emoji jari tengah ini sungguhlah kasar. Di sisi lain, emoji ini dapat digunakan untuk memberikan ekspresi yang benar-benar membuatmu marah.

86. Sapaan

86

Emoji sapaan lebih menunjukkan kamu ingin menyapa seseorang seakan-akan kamu mengucapkan ‘Hai’.

87. Metal

87

Biasanya, emoji metal ini berarti kamu menegaskan kalau kamu sangat tertarik dengan pendapat teman chatting kamu. Arti emoji ini juga menunjukkan sesuatu yang menarik dan pasti lawan chatting kamu suka.

88. Spock Star Trek

88

Kamu penggemar Star Trek? Jika iya, berarti kamu tahu kalau ini merupakan ucapan sapaan dan terima kasih dari para Vulcan.

Sebenarnya masih ada banyak lagi, ada sekitar 1000 emoji loh yang terdapat di android kamu ataupun iphone kamu. Namun, hanya 90 emoji diataslah yang paling sering digunakan.

Nah, masih membahas mengenai emoji. Seorang pria bikin keyboard ribuan tombol cuma buat ngetik emoji. Penasaran? Liat dibawah ini.

emoji10

Emoji pertama dibuat pada tahun 1998 oleh Shigetaka Kurita dari Jepang. Makanya nggak heran kan kalau banyak hal berbau Jepang dalam emoji seperti ramen, sushi, kimono, dan sebagainya.

Saking banyaknya, Emoji pada WhatsApp juga dibagi dalam beberapa bagian seperti wajah, hewan, tumbuhan, makanan, bendera, dan sebagainya. Nah, ternyata ada loh orang gokil bernama Tom Scott dari Inggris yang mencoba membuat keyboard dengan tombol semua emoji yang ada. Nih liat dulu videonya.

Tom Scott menggabungkan 14 keyboard komputer ke dalam satu laptop menggunakan software khusus. Jadi, tiap satu tombol mewakili satu emoji. Kalau dipikir-pikir, sih konsep keyboard kayak gini nggak bakalan diproduksi massal dan dijual untuk umum, ya? Mana ada juga orang yang butuh keyboard ribuan tombol cuma buat ngetik emoji? Tapi harus diakui, konsepnya bisa dibilang keren.

Gimana penjelas tentang emoji diatas? Sekarang kamu sudah tahukan apa itu emoji, sejarahnya dan arti dari emoji tersebut. Semoga artikel diatas bisa menambah wawasan dan dapat bermanfaat. Selamat membaca.