Bingung Memilih Buah Mangga Yang Manis? Berikut Tipsnya

Buah mangga adalah salah satu buah yang berasal dari Bahasa Malayalam yaitu Mangga, nama ilmiahnya yaitu mengandung arti “pohon” yang berbuah mangga, yang berasal dari India. Buah ini berasal sekitar perbatasan India dengan burma, buah mangga ini memang telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar pada tahun 1500 tahun yang lalu. Dan buah ini memang di kenal dalam berbagai bahasa daerah seperti pelem atau poh.

Buah mangga memang paling enak untuk di konsumsi setelah sudah matang dan rasanya pun sangat manis, buah ini yang belum matang biasanya berasa masam, tidak ada rasanya bahkan pahit jika memang anda salah memilih buah mangga yang masih muda.

Di negeri asalnya pohon buah mangga di anggap sebagai penjelmaan dari Prajapati, buah tersebut di jadikan sebagai makanan pokok apalagi jika terjadi musim paceklik. Berikut ini klasifikasi ilmiah mangga, yaitu :

  • Kerajaan : Plantae
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Anacardiaceae
  • Genus : Mangifera
  • Spesies : M. indica
  • Nama binomial : Mangifera indica

Kandungan Gizi Dalam Buah Mangga

Buah mangga mengandung banyak nutrisi yang di butuhkan tubuh. Misalnya kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin A, asam folat, vitamin B-6, vitamin K, potasium, tembaga, kalsium, zat besi, dan antioksidan zeaxanthin dan beta karoten. Seperti yang telah di lansir, nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz) adalah sebagai berikut:

  1. Energi 272 kJ (65 kcal)
  2. Karbohidrat 17,00 g
  3. Gula 14,8 g
  4. Diet serat 1,8 g
  5. Lemak 0,27 g
  6. Protein 0,51 g
  7. Vitamin A equiv. 38 mg (4%)
  8. Beta-karoten 445 mg (4%)
  9. Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%)
  10. Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%)
  11. Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%)
  12. Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
  13. Vitamin B6 0,134 mg (10%)
  14. Folat (Vit. B9) 14 mg (4%)
  15. Vitamin C 27,7 mg (46%)
  16. Kalsium 10 mg (1%)
  17. Besi 0,13 mg (1%)
  18. Magnesium 9 mg (2%)
  19. Fosfor 11 mg (2%)
  20. Kalium 156 mg (3%)
  21. Seng 0,04 mg (0%)

Selain kandungan gizi yang telah di jelaskan diatas, nutrisi yang tidak kalah penting yang terdapat di dalam buah mangga yaitu senyawa fitokmia yang memiliki perbedaan sesuai dengan varietasnya. Ada 25 karotenoid yang tercatat dan berbeda yang ada di berbagai kultivar mangga. Akan tetapi yang paling banyak yaitu kandungan beta karoten sehingga mangga berwarna oranye.

Selain itu mangga juga memiliki kandungan alfa karoten, beta cryptoxanthin, luteiz zeaxanthin, likopen, vitamin B6, vitamin K, vitamin E, B3, seng dan karbohidrat. Mangga juga memiliki kandungan polifenol, mangiferin, xanthonoid, dan asam galat yang terdapat pada bagian daun mangga.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam buah mangga tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh kita dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu buah mangga memiliki berbagai jenis manfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes, menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin E yang terdapat di dalam buah mangga dapat dijadikan sebagai asupan nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit anda.

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Penyakit Jantung

Manfaat mangga yang berikutnya adalah mencegah dan mengatasi penyakit jantung. Kandungan serat, vitamin dan kalium adalah perpaduan senyawa yang baik untuk menyehatkan organ jantung Anda. Jantung yang sehat akan membuat tubuh Anda juga sehat.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa senyawa dalam buah ini seperti asam galat dan fisetin berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Manfaat mangga yang satu ini akan melindungi organ tubuh Anda yang berpotensi mengidap penyakit kanker, seperti payudara dan usus besar.

3. Membuat Tulang Lebih Sehat

Khasiat mangga untuk tulang adalah menguatkannya dan membantu pertumbuhannya. Kandungan vitamin K dalam buah ini berguna untuk kesehatan tulang. Jadi Anda tidak hanya membutuhkan kalsium saja, namun juga vitamin K.

4. Melancarkan Pencernaan

Salah satu kandungan senyawa yang ada pada buah mangga untuk melancarkan pencernaan adalah serat. Buah ini akan membantu Anda memiliki pencernaan yang lebih baik dan juga sehat tentunya agar senantiasa terhindar dari penyakit pencernaan.

5. Obat Anemia

Obat anemia yang paling cocok adalah zat besi. Zat besi banyak terdapat pada buah mangga. Jadi jika Anda mengonsumsi buah ini setiap hari, Anda bisa mengobati penyakit anemia dengan cara yang lebih alami.

6. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kandungan vitamin C dan juga serat yang tinggi pada mangga mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol jahat adalah penyebab utama dari timbulnya beberapa penyakit kronis. Untuk menghindari hal tersebut, konsumsilah mangga dengan lebih teratur.

7. Mencegah Asma

Banyak orang yang masih tidak tahu jika buah mangga dapat mencegah asma. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan beta karoten yang tak kalah tinggi dari sayuran. Beta karoten adalah senyawa yang berkhasiat untuk mencegah penyakit asma.

Bagaimana Cara Memilih Buah Mangga Yang Memiliki Rasa Manis?

Anda Perlu Memperhatikan Warna Buah Mangga

Lihat jenis warnanya seperti hijau, orange dan kuning untuk menentukan bahwa buah mangga tersebut matang dan manis.

Tekan atau Bisa Pijat Buah Mangga 

Pilihlah buah mangga yang memang memiliki tekstur yang lembut ketika anda tekan. Dan janganlah memilih buah mangga yang keras karena sudah pasti masih sangat muda dan belum matang.

Jangan Memilih Buah yang Memang Memiliki Memar

Sistem pengepakan dan pengiriman buah mangga terkadang di lakukan secara tidak teliti, banyak buah mangga yang memar gara-gara sering di lempar pada saat proses pengepakan dan pengirimannya. Buah mangga saat di petik belum terlalu empuk tetapi sudah keras dan sudah tua saatnya memang buah itu telah di panen.

Anda Dapat Mencium Buah Mangga 

Dengan cara menghirup atau mencium di sekitar buah mangga Anda juga dapat menentukan bahwa buah mangga tersebut sudah matang atau belum.

Dan Jangan Memilih Buah Mangga yang Kulitnya Telah Mengkerut

Buah mangga yang memiliki kulit yang mengkerut biasanya pada saat ia di petik masih sangat muda. Buah mangga yang belum layak petik kemudian di simpan (pengkarbitan) biasanya akan memiliki kulit yang mengkerut.

Ciri Buah Mangga yang Memang Matang Dipohonnya

Ciri yang terakhir Anda perlu tahu jika buah mangga metang di pohonnya biasanya terdapat lapisan lilin buah pada kulitnya. Bentuk buah tersebut seperti sudah padat penuh teruta anda lihat pada bagian ujungnya. Buah akan tenggelam jika memang anda masukan dalam air, tangkainya pun kering, akan tercium aroma yang harum dan manisnya buah tersebut.

Itulah sedikit informasi mengenai mangga yang mungkin selama ini anda belum ketahui.