Mengenal Tanaman Kumis Kucing Beserta Manfaatnya

Nah, Hai guys?? Apa kabarnya nih? Hayo, coba tebak tanaman apa yang memiliki bentuk seperti kumis kucing? Ada yang tau? Iyapss benar, Tanaman Kumis Kucing. Nah ada yang tau tanaman kumis kucing itu apa? Yuk mari kita simak ulasan berikut ini.

Mengenal Tanaman Kumis Kucing

wpid-kumis-kucing-768x576

Kumis kucing yang punya nama latin berikut “Orthosiphon aristatus” yang termasuk tanaman dari famili “Lamiaceae atau Labiatae”, yang banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini di kenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants atau java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.

Karena bentuknya yang mirip helai kumis kucing, tanaman ini juga di kenal sebagai cat whiskers atau java plant. Selain sebagai tanaman hias, tanaman kumis kucing juga biasa di jadikan obat herbal untuk banyak kondisi kesehatan tertentu. Salah satu manfaat kumis kucing yang paling tersohor adalah mengobati infeksi saluran kencing dan penyakit ginjal.

Ciri-ciri Tanaman Kumis Kucing

Ternyata kumis kucing memiliki ciri-ciri juga lo, antara lain sebagai berikut:

      1. Mempunyai batang yang basah dan tegak
      2. Pada bagian bawah berakar tunggang atau mempunyai akar tunggang
      3. Mempunyai daun bundar atau lonjong, dengan panjang daun sekitar  1 sampai dengan 10 cm
      4. Posisi daun pada batang berselang seling
      5. Tangkainya berbentuk bulat berwarna ungu kehijauan
      6. Tulang pada daun bercabang- cabang
      7. Pada mahkota bunga mempunyai warna putih
      8. Benang sari mencuat keluar terlihat mirip dengan kumis pada kucing
      9. Biji yang masih muda berwarna putih kehitaman, sedangkan biji yang sudah tua mempunyai warna coklat kehitaman.
      10. Tanaman kumis kucing tumbuh ditanah yang subur, gembur.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

kumis-kucing-batu-ginjal

Nah, sekarang kalian sudah mengenalkan apa itu tanaman kumis kucing? Kalau sudah mengenalnya, yuk mari kita ketahui juga manfaat dari tanaman tersebut di bawah ini

  • Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Kumis kucing pada umumnya di jadikan obat herbal untuk melawan infeksi bakteri, seperti pada luka di kulit atau gusi yang bengkak. Berkat sifat anti jamur dan anti radang juga, masih ada banyak lagi manfaat kumis kucing lainnya, mulai dari mengobati rematik dan asam urat, penyakit ginjal (terutama batu ginjal), sebagai obat alergi, hingga menghentikan kejang.

Namun, manfaat kumis kucing yang utama dan sudah di buktikan oleh sejumlah penelitian medis adalah sebagai obat infeksi saluran kencing berkat efek diuretiknya.

Manfaat kumis kucing ini pernah di laporkan oleh sebuah penelitian yang di terbitkan di jurnal Ethnoparmhacology yang melakukan pengujian pada beberapa tikus lab. Tikus-tikus ini di berikan minum air yang telah di tambahkan ekstrak kumis kucing.

Dan hasilnya di ketahui bahwa di dalam tubuh, ekstrak kumis kucing bekerja memicu peningkatan produksi urin yang membuat Anda jadi lebih sering buang air kecil. Secara tidak langsung, bolak-balik buang air kecil dapat membantu membilas bakteri yang masuk ke dalam kandung kemih. Hal ini pun membantu mengurangi kemungkinan bakteri untuk bisa menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih, yang dapat menimbulkan infeksi.

Caranya megobatinya, rebus kumis kucing sebanyak 25 gram dalam 2 gelas air. Masak selama 15 menit, kemudian minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari sebanyak ½ gelas sekali minum.

  • Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Kebiasaan kurang minum dan banyak mengkonsumsi makanan tinggi purin dapat menyebabkan terbentuknya endapan pada batu di organ ginjal. Batu tersebut dapat menghambat fungsi ginjal dan menimbulkan rasa sakit yang laur biasa.

Untuk membantu menghancurkan batu dan meluruhkannya bersama urin, manfaatkan tanaman kumis kucing. Caranya sediakan 20 lembar daun kumis kucing dan 5 lembar daun keji beling, lalu rebus dalam 2 gelas air. Biarkan dalam keadaan mendidih beberapa saat, lalu biarkan hingga agak dingin. Minum ramuan tersebut dua kali sehari sampai rasa nyeri atau batu tersebut luruh.

  • Mengatasi Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes di tandai dengan meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh. Hal tersebut bisa di sebabkan terlalu banyak makan makanan manis sehingga hormone insulin tidak sanggup untuk menetralisir kelebihan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu resistensi insulin dalam tubuh juga dapat menyebabkan seseorang menderita diabetes. Untuk mengatasi dan mencegah penyakit tersebut, rebuslah daun kumis kucing kurang lebih 15 lembar dalam 2 gelas air. Didihkan hingga menjadi satu gelas, dan minum ramuan tersebut sekali sehari.

  • Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Gatal Alergi

Jika Anda merasa gatal karena alergi terhadap sesuatu seperit bulu kucing, ayam, jamus, dan lain sebagainya, Anda bisa mencoba atasi dengan menggunakan tanaman kumis kucing. Sebenarnya alergi adalah akibat kegagalan kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi hipersensitif terhadap substansi tertentu. Berikut cara mengobatinya:

  1. Siapkan masing-masing ½ genggam daun kumis kucing, daun sambiloto dan daun meniran.
  2. 2 jari temulawak
  3. 4 gelas air

Cara pengolahannya: Semua bahan di rebus hingga tersisa 2 gelas saja, kemudian minum ramuan tersebut 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

  • Mengobati Kencing Batu

Kencing batu di tandai dengan adanya endapan yang mengeras di saluran kemih sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa saat kencing. Kurang minum menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit ini. Untuk mengatasinya, rebuslah daun kumis kucing sebanyak 90 gram dengan segelas air. Biarkan hingga menjadi setengah gelas. Minumlah air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari. Perbanyak minum air putih untuk mencegah penyakit ini muncul kembali.

  • Menyembuhkan Sakit Pinggang

Manfaat daun kumis kucing berikutnya adalah untuk mengatasi sakit pinggang yang kita derita. Sakit pinggang banyak sekali di derita oleh pria maupun wanita, apa lagi mereka yang sudah berusia di atas 45 tahun. Ada banyak faktor penyebab sakit pinggang yang kita alami seperti terlalu lelah, memikul beban berat atau saat terjadi salah posisi saat kita mengangkat beban.

Penyeban gangguan ini diantaranya:

  1. Kondisi salah saat membungkuk atau pada saat mengangkat beban
  2. Gangguan mekanik yang terjadi pada struktur fungsi tulang
  3. Posisi salah saat tidur
  4. Kurang olah raga
  5. Sering mengenakan high hill

Cara pencegahannya:

  1. Teratur berolahraga
  2. Mengatur posisi yang nyaman saat duduk ataupun saat tidur
  3. Menjaga asupan nutrisi yang tepat
  4. Kurangi atau hindari merokok
  5. Jangan mengangkat beban dengan posisi membungkuk.
  6. Minumlah ramuan yang terbuat dari rebusan daun kumis kucing dan akarnya minimal sehari sekali.

Anda pernah sakit pinggang? Saat kambuh, Anda akan merasakan sakit yang sangat-sangat sakit. Saya pun pernah merasakan hal itu saat tiba ingin berdiri seusai duduk atau tidur.

  • Menyembuhkan Penyakit Asam Urat

Jika Anda punya penyakit asam urat, Anda bisa mengonsumsi rebusan daun kumis kucing. Nyeri atau radang sendi, khususnya di jari kaki, atau di kenal sebagai penyakit asam urat, bisa di hentikan dengan minum ramuan daun kumis kucing.

Tentu saja, Anda juga harus mengurangi atau menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak zat purin. Sebab, kelebihan zat purin pada tubuh Anda akan berakibat terjadinya sakit asam urat yang sangat menjengkelkan.

Ya, penyakit asam urat tidak mematikan, tetapi sangat menjengkelkan. Nyeri yang sangat berat terkadang membuat Anda harus beristirahat dan tidak masuk kerja.

Cara mengobati asam urat dengan daun kumis kucing adalah: ambil 4 sampai dengan 5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran yang masih segar. Rebus hingga airnya mendidih. Silakan minum air rebusan daun kumis kucing setidaknya 3 kali sehari, sampai sembuh. Anda juga bisa minum seduhan daun kumis kucing ini untuk mencegah terjadinya asam urat.

  • Mengobati Sakit Sipilis (Kelamin)

Khasiat daun kumis kucing lainnya adalah mampu menyembuhkan sakit sipilis atau sakit kelamin. Sakit ini terjadi akibat bakteri spirochaeta pallida atau treponema pallidum. Penyakit ini bisa menular melalui hubungan seksual, baik vagina, rektum, anal, maupun oral.

Untuk menyembuhkan penyakit kelamin ini, Anda bisa memanfaatkan rebusan daun kumis kucing. Minum rutin tiap hari akan membebaskan Anda dari penyakit ini.

Banyak gejala dari penyakit kelamin. Misalnya, bengkak pada getah bening, tonjolan seperti kutil di sekitar anus dan ketiak, ruam pada telapak tangan atau telapak kaki, dan gejala flu seperti demam, sakit tenggorokan, nyeri ototo, pusing, dan kelalahan.

  • Menyembuhkan Penyakit Albuminuria

Penyakit apaan nih? Anda yang masih asing dengan nama penyakit ini? Penyakit ini di tandai dengan penemuan albumin di dalam urine. Kerusakan saringan ginjal seperti nefritis, sindrom nefrotik, hipertensi (darah tinggi), dan gagal jantung bisa menyebabkan sakit albuminuria.

Olahraga berat, infeksi saluran kemih dan demam tinggi juga bisa menyebabkan timbulnya albuminuria. Untuk pengobatannya, Anda bisa memanfaatkan daun kumis kucing.

  • Untuk Menyembuhkan Masuk Angin

Anda sering mengalami kembung atau masuk angin?Atau gejala yang timbul biasanya seperti:

  1. Perut kembung
  2. Badan terasa dingin
  3. Mata ngantuk
  4. Selera makan menghilang
  5. Diare yang berkepanjangan

Jika di biarkan, penyakit ini bisa berakibat fatal seperti diare yang berkepanjangan, sesak nafas, sakit pada persendian, serta mengalami panas yang tinggi. Ini ada cara untuk mengobati masuk angin:

  1. Siapkan daun kumis kucing dan segelas air
  2. Cuci bersih daun tersebut lalu rebus dengan air tadi, biarkan hingga air rebusan hanya tersisa kira-kira ½ gelas saja.
  3. Minum setelah air rebusan tersebut dingin.

Hal Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Mengonsumsi Tanaman Kumis Kucing?

Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk menentukan dosis obat herbal kumis kucing yang aman, beserta kemungkinan risikonya.

Penelitian di atas menemukan bahwa ekstrak kumis kucing juga sedikit meningkatkan serum BUN dan kadar glukosa darah. Meski peningkatan kadar urea darah dan glukosa darah dalam tingkat wajar masih di bilang aman, ini bisa menjadi acuan bahwa Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat herbal tersebut.

Pasalnya, peningkatan kadar urea darah yang terlalu tinggi justru dapat menandakan gangguan pada saluran kemih atau bahkan kerusakan ginjal. Peningkatan kadar gula darah sendiri pun telah terkait dengan risiko berbagai macam gangguan kesehatan dalam jangka panjang.

Ingat: Sebelum menggunakan obat-obatan herbal atau suplemen sebagai obat infeksi saluran kencing, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mencari tahu dosis yang aman untuk Anda. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pemakaian yang yang tertera pada label produk sebelum menggunakannya.

Nah sekarang kamu udah taukan manfaat dan ciri-ciri dari tanaman kumis kucing? Semoga pembahasan kali ini bermanfaat yaa.. Terimakasih