Aliran Sungai Terpanjang Didunia

Ada terdapat banyak sungai di seluruh dunia, Sungai merupakan salah satu sumber kehidupan bagi banyak mahkluk hidup. Ada banyak jenis sungai yang berbeda-beda dengan berbagai ukuran.

Sungai terpanjang didunia

1. Sungai Nil, Afrika Timur– Sungai merupakan sungai yang terpanjang dengan ukuran sekitar 6,650 km. Sungai nil ini mengalir kebeberapa negara seperti Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan dan Egypt. Sungai Nil ini adalah sumber air utama untuk Mesir dan Sudan.

13115595452095635124

2. Sungai Amazon, Amerika Selatan– Sungai Amazon adalah salah satu sungai yang terpanjang didunia dengan panjang sekitar 6.400 km. Sungai ini merupakan sungai terpanjang Ke2 didunia. Sungai Amazon mengalir ke beberapa negara seperti Brazil, Peru, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Venezuela, Dan Guyana.

2. Sungai Amazon berada di Amerika Selatan memiliki panjang 6400 kilometer

 

3. Sungai Mississippi, Amerika Utara. Sungai Mississippi adalah sungai terbesar di benua Amerika Utara. Sungai ini memiliki panjang sekitar 6,275 km dan Sungai ini mengalir sepenuhnya di Amerika Serikat. Sungai  Mississippi merupakan sungai terbesar K4 didunia. Sungai Mississippi mengaliri beberapa negara seperti Wisconsin, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Arkansas, Mississippi, dan Louisiana.

Mississippi+River

 

4. Yenisei – Angara – Selenge, Asia – Sungai Yenisei adalah sungai terbesar Ke 3 diseberia yang mengalir ke Samudera Arktik. Sungai Yenisei memiliki panjang sekitar 5,539 Km, sungai terpanjang yang mengikuti sistem Sungai Yenisei-Angara-Selenga-Ider.

Yenisei_River_i4flb9

 

5. Sungai Kuning, Cina. Sungai Kuning atau Huang dia adalah sungai ke3 terpanjang di Asia, Sungai kuning ini memiliki panjang sekitar 5,464 Km. Sungai kuning ini mengalir melalui 9 Provinsi dan berasal dari  pegunungan Har Bayan di Qinghai Barat Cina. 

 sungai kuning-huang ho