“Pasar Malam”, Tempat Yang Banyak Disukai Masyarakat

Pasti diantara kalian sudah ada yang pernah pergi ke Pasar Malam bukan? Pasar malam merupakan tempatnya para penjaga serta para pendatang yang ingin mencoba berbagai macam permainan, tetapi harus melakukan beberapa transaksi agar bisa menikmati pasar malam tersebut. Hayo siapa sih yang sudah pernah kesana? Apa saja wahana yang ada disana? Untuk menjawab beberapa pertanyaan yang terlintas di pikiran Anda, yuk mari simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Pasar Malam?

Pasar malam yang berasal dari kata “Bazar” merupakan sebuah tempat rekreasi yang berlokasi di tanah kosong yang berlangsung selama beberapa hari dan terdapat banyak permainan di dalamnya dan beberapa penjual yang sedang melakukan transaksi jual beli.

Pasar malam mungkin bisa menyerupai dengan festival malam atau arena pameran, dimana permainan yang adil dan liburan santai, seperti korsel mini atau naik kereta api mini juga bisa hadir. Disana terdapat pula beberapa cemilan seperti permen kapas, es krim, hot dog dan sosis panggang yang juga populer di samping persembahan makanan tradisional setempat. Pasar malam sering terjadi hanya satu sampai beberapa hari dalam seminggu, karena para pedagang berputar di sekitar lingkungan yang berbeda pada hari-hari yang berbeda dalam seminggu.

pasar-malam

Setelah di kembangkan lebih lanjut, pasar yang di dirikan lebih permanen seperti sekarang ini di anggap sebagai kelanjutan dari budaya pasar non permanen ini. Pasar malam biasanya di adakan pada acara khusus atau festival, seperti festival Sekaten di kota Jawa untuk merayakan Maulid, atau di adakan di malam Ramadhan, kira-kira seminggu sebelum Lebaran.

Setelah di temukannya listrik dan bola lampu, Pasar malam juga lebih sering di adakan di negara Hindia pada awal abad ke 20. Pasar malam yang paling ramai di kunjungi oleh masyarakat ialah Pasar Gambir, yang merupakan sebuah pameran pasar malam yang di adakan pada tahun 1906 dan tahunan dari tahun 1921 sampai pecahnya Perang Dunia II pada tahun 1942, di Koningsplein, Batavia, Hindia Belanda (sekarang Merdeka Square, Jakarta, Indonesia) untuk merayakan ulang tahun Ratu Wilhelmina dari Belanda.

Dinegara Malaysia, Pasar Malam juga biasanya terletak di jalan tertutup sementara untuk yang membawa kendaraan dan untuk pejalan kaki pasar tersebut bukanya pada malam hari sampai larut malam. Karena kalau di buka pada siang hari pastinya masyarakat akan terasa kepanasan.

Pasar Malam juga telah menjadi aktivitas kehidupan malam yang menarik perhatian masyarakat setempat setelah jam kerja dan keramaian turis untuk berbelanja dengan suhu malam yang moderat yang mencari makanan panas murah, pakaian, bahan makanan dan lain-lain. Vendor lisensi adalah diperoleh dari pemerintah daerah di bawah dewan daerah setempat.

Di Belanda, festival Indo Eurasian tahunan di adakan di Den Haag dengan nama Tong Tong Fair, sebelumnya di kenal sebagai Pasar Malam Besar. Baru-baru ini kedutaan Indonesia telah mulai mensponsori “Pasar malam Indonesia” terutama untuk mempromosikan bisnis Indonesia dan meningkatkan hubungan Belanda-Indonesia.

Apa Saja Wahana Di Pasar Malam?

PASAR-MALAM

Berikut ada beberapa macam wahana yang terdapat di Pasar Malam:

1. Rumah Hantu

Rumah hantu atau rumah setan adalah salah satu rumah yang di huni olehmakhluk-makhluk halus dan sering menjadi tempat penampakan fenomena supranatural atau paranormal. Kali ini rumah hantu menjadi tempat wahana yang di banyak di sukai sama masyarakat saat mengunjungi pasar malam.

Apabila Anda masuk ke dalamnya, Anda akan melihat sosok-sosok yang menyerupai hantu seperti pocong, kuntilanak, genderuwo, dan lain sebagainya. Tapi, Anda perlu tau bahwasannya semua itu hanyalah manusia yang menggunakan olesan makeup yang menyerupai hantu. Walau kamu sudah mengetahuinya, tetap saja banyak orang yang takut jika bertemu mereka. Bahkan, beberapa orang menjerit histeris hingga menangis gara-gara dikagetkan dengan sosok hantu bohongan itu.

2. Tong Setan

Permainan Tong Setan paling terfavorit di pasar malam, yang merupakan sebuah atraksi pengendara sepeda motor yang berputar-putar kencang di sebuah tempat yang menyerupai tong dan kemiringannya kurang lebih 90 derajat. Rahasia permainan ini terletak di rumus gaya garavitasi Sentrifugal, ketika sebuah objek melakukan gerakan melingkar memutari sebuah sumbu, objek akan menjauhi dari sumbu dan memiliki daya keluar menjauhi sumbu atau poros. Atraksi ini bisa di bilang edan dan beresiko, dan berbahaya juga bagi pengunjung jika saja joki salah perhitungan dalam memainkan atraksi ini.

3. Roller Coaster

Roller Coaster adalah wahana permainan berupa kereta yang di pacu dengan kecepatan tinggi pada jalur rel khusus, biasanya terletak di atas tanah yang memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Rel ini di topang oleh rangka baja yang di susun sedemikian rupa. Wahana ini pertama kali ada di Disney Land Amerika Serikat.

Walaupun tidak segede dan seunik roller coaster yang ada di dufan, wahana bis Anda coba bersama orang tersayang. Keunikan yang akan Anda rasakan ketika menaiki roller coaster di pasar malam yaitu roller coaster di jalankan pada malam hari yang tentu memberikan sensasi yang berbeda, lintasan yang pendek namun dengan tikungan yang hampir patah di sertai dengan kecepatan kereta roller coasternya yang lumayan kenceng.

4. Ombak Banyu

Ombak banyu merupakan sebuah permainan semacam Carousel namun di gerakkan dengan tenaga manusia dan tentunya tanpa pengaman yang memadai. Gerak ombak banyu yang di lakukan dengan irama rangkap yaitu dua kali lebih lambat dari ombak banyu biasa.

Bisa di bilang, ketika kamu menaikinya kamu akan di bikin mual ketika seusai memainkannya. Bagaimana tidak, saat duduk di ombak banyu, kamu akan di putar-putar. Untuk menaiki wahana ini di wajibkan untuk berhati-hati dalam berpegangan. Jika kamu tidak pegangan dengan erat, bisa-bisa kamu nanti jatuh.  Kalau kamu juga punya penyakit jantung, jangan sekali-kali mencoba wahana ini. Harga karcis sih variasi, dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

5. Perahu Colombus

Perahu Colombus ialah salah satu permainan yang ada di pasar malam di buat dengan seadanya dengan beberapa baut dan las untuk membentuk wahana tersebut. Wahana ini di buat sedemikian mungkin agar dapat di bongkar pasang oleh penjaga saat ingin pindah lokasi. Anda juga bisa melihat baut-baut yang telah di pasang oleh si penjaga yang bisa terlepas secara tiba-tiba jika tidak terkontrol sih petugas.

6. Bianglala

Bianglala adalah salah satu permainan yang ada di pasar malam, sepertinya wahana ini sangat di gemari oleh banyak orang terutama anak remaja yang sedang malam mingguan bersama sang kekasih. Bianglala sendiri bisa diartikan sebuah kincir besar yang siap membawa kamu menuju ketinggian hingga 30 meter dpl. Dari jauh kamu  juga udah bisa melihat wahana yang mencolok ini .

7. Komedi Putar 

Wahana ini merupakan salah satu wahana yang aman dan menarik bagi anak-anak. Pada komedi putar biasanya terdapat banyak pilihan menarik yang berupa karakter hewan dan karakter kendaraan. Dengan naik wahana ini anak seakan-akan telah naik binatang atau kendaraan yang di pilihnya.

Wahana juga selalu hadir di arena pasar malam karena wahana tersebut yang paling di minati. Sesuai namanya, komedi putar adalah wahana yang di putar menggunakan mesin. Kamu bisa duduk manis di kursi yang berbentuk kuda atau apapun itu dengan pegangan tangan agar tidak jatuh selama komedi putar berjalan. Biasanya komedi di putar sambil di iringi musik. Setiap satu sesi permainan berlangsung antara 10 sampai 15 menit. Harga tiket pun bervariasi antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

8. Lempar Gelang

Lempar gelang ialah sebuah permainan yang ketika gelang kamu memasuki gelas yang sudah di beri angka yang menandakan hadiah apa yang akan kamu dapatkan ketika kamu memenangkannya. Hadiahnya sesuai dengan nomor yang tertera di gelas tersebut misalnya boneka, piring, payung, dan sebagainya.

9. Kora-kora

Permainan yang satu ini merupakan permainan tidak di senangi oleh anak-anak karena wahana ini berbentuk perahu raksasa yang benar-benar memberikan tantangan tersendiri bagi yang ingin mencobanya. Suaranya yang keras dengan ayunan yang cukup kuat sering membuat pengunjung yang menaikinya merasakan pusing dan mual-mual yang luar biasa.

10. Bom-bom Car

Permainan mobil yang secara cukup bebas berjalan dan saling bisa saling tabrak ini menggunakan tenaga listrik yang besar dari permainan yang lainnya. Permainan ini juga sering di mainkan oleh anak remaja untuk menghilangkan rasa bosan yang ada. Harga mobil ini juga tidak murah, sekitar 25 juta.

11. Mandi Bola

Bagi kamu yang memiliki anak berusia balita, coba deh kamu bawa ke pasar malam sesekali untuk mengenal lingkungan sekitar dan bisa juga untuk menghibur diri merela lo. Salah satu permainan balita ialah “Mandi Bola”. Mandi bola merupakan suatu kolam yang tidak berisi air melainkan bola warna-warni yang di letakkan di kolam tersebut. Tenang, bola tersebut tidak membahayakan anak kok, melainkan dia bisa belajar beberapa warna yang di miliki bola tersebut.

12. Memancing Ikan

Tidak jauh beda dari mandi bola, permainan ini juga banyak di gemari anak berusia sekitar 4 sampai 10 tahun. Banyak orang tua yang takut terhadap anaknya ketika sang ayah sedang melakukan hobinya yaitu memancing ikan. Tapi jangan salah, kali ini memancing ikan bukan dikolam yang sesungguhnya lo, melainkan di kolam karet yang berisi udara supaya bisa menampung air dan beberapa jenis ikan yang ada.

13. Naik Kereta Api

Siapasih yang tidak pernah naik kereta api? Nah, kamu juga bisa membawa adik, kakak, abang, bahkan pacar untuk mencoba salah satu alat transformasi ini. Alat ini menggunakan aliran lisrik sehingga banyak anak-anak yang menyukainya.

14. Naik Odong-odong

Odong-odong ini pasti ada di pasar malam untuk memanjakan anak kecil. Bentuknya macam-macam, ada kuda, bebek, zebra, dan sebagainya. Anak kecil biasa bermain odong-odong untuk merasakan sensasi naik kuda atau zebra beneran. Di goyang naik turun perlahan-lahan.

Selain wahana yang telah kita bahas bersama diatas, berikut ada beberapa tempat Pasar Malam yang sangat ramai ketika di kunjungi oleh masyarakat antara lain sebagai berikut:

  • San Francisco Underground Market (Amerika Serikat)

Satu pasar yang tidak boleh terlewat saat Anda sedang liburan di California, Amerika Serikat adalah Pasar Bawah Tanah. Alih-alih berada di aula terbuka atau lapangan, pasar malam ini malah berada di bawah tanah. Penggagas pasar ini adalah Iso Rabins.

Pasar yang di mulai pada tahun 2009 ini berawal karena ingin menggelar acara bagi para koki yang ingin memperkenalkan hasil karyanya tanpa harus repot mendaftarkan acara ke sana-sini. Jadi di buat lah “Underground Market”. Untuk datang ke sini, Anda harus daftar via internet karena tempatnya berubah-ubah. Setiap wisatawan yang sudah masuk ke pasar ini akan menemukan surga kuliner lezat yang membuat lupa diri.

  • Ratchada Night Bazaar (Thailand)

Asia terkenal sebagai salah satu pemilik pasar malam terbaik di dunia. Bangkok juga memiliki banyak pasar malam dan salah satu yang paling meriah ada di Ratchada. Pasar yang di gelar setiap Sabtu ini berada di lapangan parkir Stasiun MTR Ratchadapisek, Bangkok, Thailand. Jangan heran jika menemukan ratusan turis berburu barang-barang di sini saat malam akhir pekan.

Di sini terdapat jeans secondhand, tas kulit, kamera kuno, furnitur dan beragam aksesoris lainnya. Jangan lupa untuk menawar karena salah satu ciri khas belanja di pasar adalah tawar-menawar. Di sela stand jualan, terdapat juga motor atau mobil kuno yang sengaja di parkir di area tersebut untuk menghidupkan suasana. Terakhir, pasar ini bisa jadi salah satu cara untuk mengenal kebudayaan Thailand dengan cara yang menarik.

  • Pasar malam Chiang Mai (Thailand)

Satu lagi pasar malam dari Thailand yaitu Chiang Mai Night Bazaar yang berada di utara Thailand. Di sini, rasanya takkan ingin pulang. Berada di tiga blok dari jalan Chang Klan, wisatawan bisa puas mencari barang apa saja.

Yang terkenal di sini adalah barang-barang tiruan dari merk-merk mahal seperti jam Rolex atau tas Louis Vuitton. Tak hanya itu, di sini juga terdapat kuliner yang menggoyang lidah dan beragam hasil karya seni khas Thailand yang pas untuk jadi oleh-oleh.

  • Pasar Malam Musim Panas Richmond (Kanada)

Inilah pasar malam terbesar di Kanada, Richmond’s summer night market atau pasar malam musim panas di Richmond. Pasar ini untuk hadir untuk merayakan populasi imigran di sana. Dalam pasar, ada penampilan tarian dari grup salsa dan ada juga acara musik dari penyanyi Asia.

Tidak ketinggalan, pasar ini juga di ramaikan dengan stand-stand makanan. Ada lebih dari 200 stand yang buka di sini. Pasar yang di adakan pada malam Minggu ini berada di area seluas 40 hektar. Tidak hanya di isi imigran, pasar ini juga di penuhi dengan para wisatawan yang ingin berburu barang-barang dan makanan lezat yang beragam.

  • Pasar Malam Marrakech (Maroko)

Kota tua Marrakech di Maroko memiliki satu atraksi yang menghipnosis hampir semua wisatawan yang keluar pada malam hari. Di sinilah terdapat pasar malam yang di penuhi dengan beragam makanan yang lezat. Tidak cuma makanan, pasar malam ini di ramaikan dengan live music, pelukis dan peramal yang siap membuat liburan Anda tidak biasa.

  • Pasar Malam Luang Prabang (Laos)

Luang Prabang menjadi salah satu tempat terbaik untuk mengadakan pasar malam. Berada di dekat Sungai Mekong, pasar malam di Luang Prabang, Laos ini menyediakan beragam stand. Bagi pecinta seni, pasar ini tempat yang cocok untuk menghabiskan malam.

Setidaknya ada 300 stand penjaja seni di sini. Mulai dari lukisan hingga aksesoris ada di sini. Juga, ada macam-macam teh dan rempah khas Laos yang tidak bisa terlewatkan. Jika ingin mencicip kuliner, datang saja ke gang di antara Jalan Sisavangvong dan Sungai Mekong, di sana terdapat deretan stand makanan dan jajanan.

  • Pasar Malam Suzuki (Australia)

Pasar malam ini berlangsung pada setiap hari Rabu, dari bulan November hingga Februari. Berada di area terbuka, pasar malam ini diisi dengan beragam etnik yang menarik. Penjaja di sini juga merupakan imigran yang berasal dari India, Ethiopia, Belanda, Spanyol dan Vietnam. Sudah bisa di pastikan, barang-barang yang di jual di sini pasti menarik. Selain itu, ada juga macam-macam makanan dan jajanan yang memanjakan lidah. Jika lelah jalan kaki, ada booth untuk massage atau pijat kaki di bagian kesehatan, masih di kawasan pasar tersebut.

Selain macam wahana yanga ada di pasar malam dan pasar malam yang selalu ramai di kunjungin masyarakat yang telah di bahas di atas, berikut tujuan di adakannya pasar malam:

Tujuan dari pasar malam ini adalah promosi terhadap hal apapun yang di harapkan dapat meningkatnya ekonomi lokal Indonesia dengan terciptanya suatu peningkatan kerja sama dalam bidang perdagangan, sektor pariwisata dan investasi. Dengan bentuk sebuah acara Pasar Malam, yang mana dalam aktifitas acara tersebut menghadirkan aktifitas kesenian, pameran dan promosi negara Indonesia dalam bentuk pagelaran seni budaya, serta aktifitas ekonomi Indonesia yang baik untuk investasi akan memperkenalkan dan mendekatkan Indonesia kepada dunia internasional.

Demikian artikel mengenai Pasar Malam yang telah kita bahas bersama. Mungkin dengan adanya artikel ini, Anda bisa mengetahui apa saja permainan atau wahana yang terdapat di Pasar malam beserta tujuan di adakannya pasar malam. Selamat membaca dan tunggu artikel dari saya selanjutnya.. Good byee..